Gue Udah SMP !!!


            “Gue sekarang udah SMP.”
            So?”
            “Dulu, elo janji kalo gue udah SMP, lo mau jadi pacar gue.”
            What?! Jadi dia masih inget gue bilang gitu?! Please, deh… Waktu itu gue cuma jawab ngasal! Lagian itu kan udah tiga tahun yang lalu! Kok dia masih inget sih? Dianggap serius pula!
            “Ehh.. ehm… Sorry ya, waktu ituu gue nggak serius ngomongnya. Sebenernya elo bukan tipe gue banget.”
            “Emang tipe lo kayak gimana? Gue bakal jadi kayak gitu demi lo!”
            “Tipe gue itu yang lebih tinggi n lebih tua dari gue.”
            “Hah?! Itu kan bukan gue banget! Gini deh, lo bilang apa syarat supaya gue bisa jadi cowok lo. Apapun, pasti gue penuhin.”
            Gilaaa… Serius amat ni bocah! Syarat yaa? Hmm….
            “Emm,.. anting gue kemaren jatoh di halaman sekolah.”
            “Oke! Bakal gue cari!”
Dia tersenyum penuh semangat dan langsung berlari ke arah sekolah gue. Gue langsung lemes, nggak nyangka dia bakal bener-bener ngelakuin syarat konyol itu. Secara, halaman sekolah gue tuh luaaas banget, sementara anting gue keciiiiil banget. Gue aja nggak inget tuh anting jatoh di sebelah mana. Ya ampuun, gue jahat ya?

            Cowok itu, Cakka Kawekas Nuraga. Tetangga gue yang dari kecil selalu bilang ‘suka’ sama gue. Cakka lebih muda dua tahun dari gue. Dia selalu ngekor kemanapun gue pergi, n karena jengkel, waktu dia nembak gue, gue bilang ‘Gue bakal terima kalo lo udah SMP.’ Soalnya waktu itu kan dia masih kecil banget! Gue sama sekali nggak mikir kalo suatu hari dia pasti bakal SMP juga.

            “Waaa… imut banget.”
            “Ihh.. lucunyaa..”
            “Nama kamu siapa?”
            Gue denger teriakan-teriakan heboh dari arah pintu. Suara cewek. Penasaran, gue menuju ke sana. Gue berusaha menerobos kerumunan. Dan ternyata pusat semua ini, Cakka!
            “Cakka?!”
            Alis gue bertaut. Ada yang beda sama Cakka. Oh! Dia pakai seragam SMA! Tunggu… Hah?!
            “Eh, Ify!” Cakka kelihatan seneng ngeliat gue. Sementara cewek-cewek yang lagi ngelilingin dia langsung mandang gue sinis.
            Gue langsung tarik tangan Cakka dan lari secepatnya pergi dari tempat itu, buat nyelamatin diri gue sendiri tentu aja.

Gue bawa Cakka ke UKS. UKS sekolah gue selalu sepi, jadi nggak akan ketahuan kalo ngumpet di sini.
“Elo ngapain di sini?! Kok pakai seragam SMA? Dapet darimana lo?”
“Hahaha… elo kayak emak gue deh, Fy. Gue pakai seragam Kak Rio, nyolong lah… gimana lagi? Biar gue dikira anak SMA sini, jadi nggak diusir Pak Satpam. Gue ke sini mau nunjukin ini…”
Cakka ngerogoh kantong celananya.
“Kemaren gue cari sampai sore di lapangan. Ada beberapa barang yang mirip-mirip anting lo. Mungkin aja kan, tuh anting udah rusak ato gimana? Nih… ada anting lo nggak?”
Cakka membuka kepalan tangannya.
Gue geleng kepala, karena barang-barang itu emang bukan anting gue. Gue bisa lihat wajah kecewa Cakka. Sorry ya Cak…
“Oke! Nggak papa, kok! Ntar gue cari lagi.” seru Cakka semangat.
“Heh! Siapa kalian?!” bentak seseorang dari arah pintu. Aaa! Guru gue!
“Lari, Fy!” Cakka narik tangan gue, langsung lari secepat kilat ngelewatin guru gue di depan pintu.

Cakka bawa gue lari ke atap sekolah. Huft~ gue capek banget…
“Haaa… untung kita cepet!!” seru Cakka di sebelah gue.
Gue ngelirik dia. Cakka masih menggenggam erat tangan gue. Rasanya nyaman dan aman banget. Gue baru sadar tangan Cakka sekarang lebih gede dari tangan gue.
“Eh…” Cakka ngelepasin tangannya, mungkin sadar gue lihatin.
“Sorry, gue terlalu semangat… Hehe…” Cakka nyengir.
Gue terpana.
Hah?! Tunggu… gue terpana? Nggak mungkin! Tapi,.. dia beda. Apa karena pengaruh seragam SMA kali ya? Dia jadi kelihatan lebih dewasa? Eh, ngaruh nggak sih? Aaa! Tau ah!
“Emm… gue pergi dulu ya.”
Gue ngangguk.


            Pulang sekolah, gue rencana pulang bareng sama Sivia. Waktu jalan mau keluar gerbang…
“Lho, itu kan Cakka, Fy? Ngapain dia? Nungguin elo? Tapi kok disitu?” tanya Sivia, jarinya nunjuk ke arah lapangan.
            Gue noleh, ada Cakka di sana, lagi blusak-blusuk di pinggir lapangan yang penuh semak, masih pakai seragam SMA. Gue menghela napas. Jadi dari tadi sejak bilang ‘pergi dulu’, dia masih nyari anting gue yang entah dimana asal-usulnya itu?
            Tik…
            Tik…
Ups, gerimis. Gue cepet-cepet ngeluarin payung.
            “Vi, elo pulang duluan aja. Gue mau ke Cakka!”  seru gue sambil berlari ke arah Cakka.
            “Oke!” jawab Sivia.
            Gue pandang Cakka. Hati gue ditekan rasa bersalah ngeliat Cakka yang dengan gigih dan seriusnya nyari anting gue.
            “Cak…” panggil gue. Cakka menoleh kaget.
            “Eh, elo. Bentar, anting lo belom ketemu. Tenang aja, bakal gue cari sampai dapet, kok!” katanya dengan semangat, kontras banget sama wajahnya yang kelihatan kecapekan.
            Gue nggak tahan ngeliatnya, gue deketin dia supaya payung gue bisa ngelindungin dia juga dari gerimis yang sekarang udah berubah jadi hujan.
            “Cak! Gue tu nggak serius! Gue ngasih syarat yang nggak masuk akal kayak gini biar lo nyerah! Karna gue nggak suka sama lo! Masa’ lo nggak ngerti sih?! Gue NOLAK lo!” bentak gue. Berharap Cakka ngerti dan berhenti ngelakuin syarat konyol gue.
            Cakka tersenyum tulus, bikin gue heran.
            “Gue tau kok, Fy. Gue ngelakuin syarat ini, buat ngeyakinin diri gue sendiri kalo masih ada harapan buat jadian sama lo. Walopun kecil banget, gue nggak akan nyerah. Karna gue bener-bener serius suka sama lo.”
            Gue ngerasain pipi gue basah karena air mata.
            “Maaf…” bisik gue.
            “Nggak papa, kok. Tunggu aja, pasti anting lo ketemu! Sekarang lo pulang dulu sana! Hujan-hujan gini…”
            “Elo tuh yang pulang! Udah nggak usah nyari! Ayo ikut pulang sama gue!”
            “Nggak mau!”
            “Terserah lo!”
            Gue ninggalin Cakka. Habis, gue jengkel sih.. Dan rasa bersalah gue udah nggak bisa dibendung lagi. Gue jadi malu berhadapan sama Cakka.

            Pagi ini gue berangkat sekolah kayak biasa. Tapi ada yang nggak biasa. Cakka nggak ada di depan gerbang sekolah gue. Biasanya tiap pagi dia nungguin gue di situ, sekedar bilang ‘pagi’ atau ‘halo!’. Biasanya gue jengkel dia di situ, nggak penting banget kan? Tapi gara-gara tiap hari kayak gitu, nggak ada dia rasanya jadi ada yang kurang.
            Apa dia marah?
            Apa dia marah sama gue?
            Apa dia marah sama gue gara-gara kejadian kemaren?
            Gue nggak mau! Gue nggak bakal tahan dia marah sama gue!
            Selama ini di depan gue cuma ada wajahnya yang selalu ketawa, nyengir, senyum…
            Gue lari ke rumah Cakka. Jam segini dia pasti belom berangkat sekolah, sekolah dia kan, masuk siang.
           
            Gue berhenti lari setelah sampai di depan rumah Cakka. Agak ragu, gue tekan bel di depan pintu. Keluar Mamanya Cakka.
            “Eh, Ify… Ada apa?”
            “Emm… Cakka-nya ada, Tante?”
            “Cakka ada di kamarnya, masuk aja.”
            Gue emang udah biasa main ke sini dari kecil, sebenernya gara-gara Cakka sering maksa gue main ke rumahnya dengan ancaman bakal nangis kalo gue nolak. Gue terpaksa nerima lah…, apa kata Mama gue kalo Cakka, anak temen baiknya, gue bikin nangis?
            Gue buka pelan-pelan pintu kamar Cakka. Dia lagi tiduran di kasurnya, sambil baca komik. Tapi, mukanya pucet banget.
            “Cak…”
            “Ify!” Cakka langsung bangkit dari kasurnya dan ngerapiin penampilan.
            “Sorry ya, Fy, pagi ini gue nggak bisa nunggu lo di gerbang. Emm… gue nggak enak badan.”
            “Jangan bilang kemaren lo masih nyari anting gue setelah gue tinggal pergi?!”
            “Yahh… gue nggak pingin bilang sih sebenernya.”
            “Cakka!”
            “Hehe…” dia nyengir.
            Deg…
            Hah?! Kok gue deg-degan sih?!
            “Tapi, anting lo belom ketemu, padahal gue cari sampe malem. Sorry ya, Fy.” Kata Cakka lembut dengan nada nyesel banget.
            OK!
            Fine!
            Gue nggak tahan lagi!
            Gue peluk Cakka. Ya! Gue peluk dia!
            “Fy?” Cakka kedengeran keget banget.
            “Kenapa sih lo nggak pernah nyerah?! Apa hebatnya sih gue, sampai lo segitunya pingin jadian sama gue? Sampe lo rela hujan-hujanan? Sampe lo sakit kayak gini?” seru gue sambil nangis. Gue bener-bener terharu sama semua yang Cakka lakuin buat gue.
            Cakka bales meluk gue.
            “Gue nggak tau kenapa gue bisa suka sama lo. Mungkin karna gue nyaman banget sama lo? Mungkin karna gue bisa jadi diri sendiri kalo sama lo? Mungkin karna gue sayang banget sama lo? Gue nggak tau, yang jelas gue selalu pingin di deket lo, rasanya gue bahagia banget kalo lihat lo seneng. Gue rela ngelakuin apapun buat lo.”
            Cakka ngelepasin pelukannya.
            “Jadi gue diterima?” tanya dia natap mata gue.
            “Haha… iya, lo kan udah SMP.” jawab gue sambil ngelap air mata gue pakai tangan.
            Cakka meluk gue lagi! Hahaha… udahlah, gue udah luluh sama dia. Kalo dipikir-pikir gue nggak akan pernah bisa dapet cowok yang lebih setia lagi daripada dia. Love you, Cakka!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Penyihir di Menara Utara

            “K…kak Alvin… ini buat kakak…”
            Cewek itu mengulurkan sekotak kue ke hadapan Alvin. Alvin menerima kotak itu.
            “Makasih ya,” kata Alvin berusaha selembut mungkin “bakal aku makan sambil nginget wajahmu.”
            Alvin mencium kening cewek itu.
            BRUK!
            Cewek itu ambruk seketika.
            Alvin tersenyum manis ke temen-temennya yang sekarang nolongin dia bangun. Alvin berbalik dan berjalan pergi.
Alvin masih bisa mendengar temen-temen cewek itu berseru, “Waaa… Oik kamu beruntung banget dicium Kak Alvin!”
“Woy Vin…” Rio tiba-tiba udah jalan di sebelah Alvin.
“Jadi kamu enak banget ya! Senyum ke cewek dikiiit aja, tuh cewek langsung tergila-gila. Fans aja udah tiga ratus cewek.”
“Haha…”
“Ngomong-ngomong cheese cake tuh…” Rio melirik kotak yang dibawa Alvin. “bagi boleh dong?”
“Ambil aja nih semuanya.”
Pas banget Alvin sampai di depan kelas. Begitu masuk, Alvin langsung disambut dengan tatapan penuh harap temen-temennya. Hah?!
“Ngapain kalian mandangin aku kayak gitu?”
“Vin… Kamu kan penakluk cewek tuh…” kata Gabriel.
“Kami pikir ada tempat yang strategis buat nonton kembang api di festival sekolah minggu depan.” sambung Ozy.
“Hah? Terus hubungannya apa?” tanya Alvin.
“Masalahnya…” Ray angkat bicara, “Tempat itu adalah… menara utara.”
Ray menunjuk menara utara yang terlihat dari jendela kelas Alvin.
Menara itu tepatnya berada di sebelah gedung jurusan olah raga, di seberang kelas Alvin, jurusan pendidikan.
“Kamu pastinya inget legenda menara utara…” Gabriel berdeham seolah akan mulai mendongeng. “Menara utara itu tempat seorang penyihir jahat yang super sadis dengan tatapan tajam mengerikan. Konon dia nggak pernah mengizinkan siapapun masuk ke menara kekuasaannya itu. Tapii… tetep aja penyihir itu cewek. Jadi pasti bisa ditaklukan oleh seorang Alvin!”
Alvin pucet, bergidik ngeri.
“Aduuuh…” Ozy mendorong Gabriel buat menyingkir dari hadapan Alvin. “Alvinnya malah jadi takut, tuh!” Ozy menatap Alvin. “Santai Vin, nggak ada tuh yang namanya legenda menara utara! Menara utara itu tempat khususnya Bu Shilla, guru baru yang tatapannya tajem dan serem banget itu lho! Katanya nggak ada yang pernah masuk ke sana selain Bu Shilla, dan dia ngelarang siapapun masuk. Orangnya galak dan dingin banget! Kami minta bantuan kamu naklukin Bu Shilla biar kita bisa pinjem kunci menara utara, buat nonton kembang api. Bisa kan?”
Alvin mikir-mikir.
“Hmm… untungnya buat aku apa?” tanya Alvin.
“Kamu bebas tugas deh buat nyiapin stand kelas kita di festival sekolah!”
Alvin langsung terima! Dia emang sama sekali nggak minat dan nggak mau capek buat ngurusin stand kelasnya.

*****
Pulang sekolah, Alvin berjalan gugup ke menara utara.
Tok…tok…tok…
Alvin mengetuk pintu menara. Nggak ada jawaban.
Tok…tok…tok…
Alvin mengetuk lagi.
Karena nggak ada jawaban juga, Alvin memutuskan langsung masuk.
Krieeet…
Bunyi pintu saat Alvin membukanya. Ternyata nggak dikunci! Bunyi pintunya aja horror.
Begitu masuk, mata Alvin menyapu seluruh ruangan. Bersih, rapi, sepi… Alvin agak lega karena ruangan itu nggak sesuai bayangannya (jorok, berntakan, penuh tulang belulang manusia).
“Wow…” gumam Alvin pelan.
Seorang cewek, tidur di atas sofa. Kelihatan lelap banget, dan… manis banget. Rambutnya yang item panjang indah banget, kulitnya putih mulus, wajahnya cantik sama sekali tanpa noda.
Alvin jadi lupa tujuan semula datang ke sini. Dia duduk di depan sofa, memandang kagum cewek itu, menunggunya bangun.
lima belas menit kemudian…
            “AAAA!!!” teriakan kaget cewek itu bikin Alvin lebih kaget.
            Tentu aja cewek itu kaget. Dia tidur dengan lelapnya, begitu bangun ada cowok di depannya. Ganteng pula!
            “Ugh…” Alvin melindungi matanya dengan tangan. Rasanya tatapan cewek itu menusuk.
            “Aduuuh… maaf-maaf…” kata cewek itu dengan nada menyesal.
            Cewek itu mengambil kacamata dan memakainya, lalu mengambil tusuk untuk menggelung rambut panjangnya.
            “Sekarang kamu bisa buka mata kamu.” kata cewek itu.
            Alvin membuka matanya. Pandangan cewek itu nggak terlalu menusuk lagi, walaupun masih sangat tajam.
            “Kamu murid jurusan pendidikan kan? Kok bisa di sini?” tanya cewek itu.
            “Maaf, apa Anda Bu Shilla?” tanya Alvin. Sama sekali nggak menjawab pertanyaan cewek itu.
            “Iya. Ada perlu apa?”
            “Wow. Ibu sama sekali nggak seperti gosip.”
            “Gosip? Oh… gosip itu.” Bu Shilla mengangguk sedih.
            “Kok Ibu punya tempat khusus? Nggak di ruang guru aja?”
            “Saya… nggak enak sama rekan guru yang lain. Kamu lihat sendiri kan, tatapan mata saya tajam? Bikin orang takut dan bikin saya terkesan dingin. Guru yang lain kelihatan nggak nyaman di deket saya, jadi saya putuskan bermarkas di sini.”
            “Ohh… sayang… padahal, Ibu cantik dan baik banget.”
            “Hiks…hiks…”
            “Lholho? Kok Ibu nangis? Saya salah ngomong?”
            “Hiks… Nggak… Hiks… sa..saya Cuma terharu… Hiks… i...ini pertama kalinya orang memuji saya… Hiks… murid saya lagi! Hiks…” Bu Shilla ngambil tissue dan ngelap ingusnya.
            “Ya ampuun… Hati ibu lembut banget…”
            “Huaaaaa….” Bu Shilla tambah keras nangisnya.
            “Cup… cup…” Alvin meluk Bu Shilla. Ini mah udah biasa buat Alvin, meluk cewek yang lagi nangis, poin penting buat tebar pesona dan nunjukin kalo dia cowok gentle.
*****
            “Gimana, Vin PDKTnya? Ngeliat muka lo kayaknya lancar…” tanya Ray.
            “Yaaa… gitu deh…”
            Sejak hari pertama Alvin menginjakkan kakinya di menara utara, tiap hari Alvin datang ke sana. Dan sekarang sudah hari ke-enam. Alasannya ‘main’. Bu Shilla mempersilakan dia masuk dengan senang hati. Alvin bantuin Bu Shilla mengoreksi ulangan siswa, beres-beres ruangan, ngasih saran buat pelajaran… Semua itu dilakukan Alvin atas dasar PDKT. Tapi… makin dekat dengan Bu Shilla, Alvin makin merasa berdosa karena dia baik sama Bu Shilla bukan dengan niat yang tulus.
            “Iyaa dong… Alvin gitu! Eh, jangan terpesona lho! Jangan lupa tujuan kamu deketin, buat dapet kunci!” seru Gabriel.
            “Iya nih… Akhir-ahkir ini, aku lihat Bu Shilla beda. Rambutnya udah nggak digelung lagi, tapi digerai, dikasih jepit lagi! Cantik, lho!” Ozy nimbrung.
            “Hah?! Menurutku nggak beda, tuh! Tetep aja tatapannya tajem, dingin, dan menusuk. Bikin orang ngeri.” kata Alvin.
            BRUK!
            Semua menoleh ke arah pintu kelas. Bu Shilla. Berdiri di sana. Sepertinya habis menjatuhkan sebungkus plastik. Matanya berkaca-kaca. Belom sempat Alvin berkata apa-apa, Bu Shilla lari dari tempatnya, ke menara utara.
            “BU SHILLA!!!”
            Alvin mengejar Bu Shilla.
            DOK!!! DOK!!! DOK!!!
            Alvin mengetuk keras pintu menara.
            “BU SHILLA!!! MAAF BU!!! SAYA BISA JELASKAN!!!” seru Alvin.
            “Nggak… Hiks…” terdengar suara Bu Shilla yang sesenggukan dari balik pintu. “Kamu nggak salah… saya yang salah… hiks… Terima kasih buat semuanya… hiks… kamu sudah baik banget sama saya… hiks… lebih baik kamu pergi…hiks…ini kan masih jam istirahat…”
            Kriiiiiing…
            Pas banget bel masuk berbunyi.

*****
            Festival sekolah bakal diadakan malam ini. Shilla membantu mempersiapkan stand kelas yang diasuhnya.
            “Selamat siang, Bu!”
            Shilla menoleh. Sekumpulan anak yang dilihatnya kemarin mengobrol dengan Alvin – saat Shilla mendengarkan percakapan mereka dari pintu – berdiri di depannya. Anehnya, memakai kain untuk menutup mata mereka.
            “Ada perlu apa?” tanya Shilla.
            “Kami minta maaf.” kata mereka hampir bersamaan.
            “Kata Alvin, kalau bertemu dengan cara seperti ini Ibu nggak akan terlihat menakutkan, karena kami nggak bisa melihat mata ibu yang pandangannya tajam. Karena dasarnya Ibu orang baik.” kata seorang dari mereka.
            “Iya. Dan ternyata Alvin bener. Kelihatan dari nada bicara dan suara ibu.” Kata seorang yang lain.
            “Maafkan kami, Bu! Alvin juga minta maaf. Dia minta kami memberikan ini.”
            Seorang anak menyerahkan sebuah kotak merah berpita putih ke Shilla.
            “Emm… saya nggak marah kok sama kalian atau Alvin. Jadi sebenernya kalian nggak perlu minta maaf. Oh ya, kemarin saya dengar kalian bilang Alvin deketin saya buat dapetin kunci. Apa maksudnya kunci menara saya?”
            Siswa-siswa itu mengangguk malu-malu.
            “Iya Bu, menurut kami itu tempat strategis buat nonton kembang api di festival nanti malam.”
            “Ini…” Shilla menyerahkan kunci menara markasnya. “Padahal kalau kalian minta langsung, saya pasti kasih.”
            Setelah mengucapkan terima kasih – dengan malu juga – anak-anak itu meninggalkan Shilla.
            Shilla membuka kotaknya. Isinya gaun warna merah maroon yang cantik banget! Di situ juga ada surat yang berbunyi,
            Perpustakaan. Jam 7.00
Walaupun Shilla bingung apa maksudnya, dia tersenyum juga.
*****
            Alvin memandang langit malam dari jendela perpustakaan, saat pintu di belakangnya berbunyi terbuka. Alvin berbalik. Dia melihat Bu Shilla di sana. Terlihat sangat cantik dan anggun memakai gaun pemberiannya. Rambut Bu Shilla digerai indah, sepertinya dia memakai lensa kontak karena tatapannya nggak terlalu menusuk.
            Belom cukup waktu Alvin terpesona, Bu Shilla melipat gandakan pesonanya dengan tersenyum.
            “Ada perlu apa dengan saya?” tanya Bu Shilla.
            Alvin mendekatinya.
            “Saya… waktu itu nggak bermaksud menjelek-jelekan ibu. Saya hanya nggak ingin temen-temen saya menyadari kecantikan ibu. Karena cuma saya yang boleh melihatnya.”
            Bu Shilla tersenyum lagi.
            “Makasih ya…” ucap Bu Shilla.
            Alvin memeluk Bu Shilla lembut. Dan kali ini, tulus.
            “Eh?!” gumam Bu Shilla kaget dan tersipu.
            “Memang Ibu pikir buat apa saya ajak bertemu di tempat sepi seperti ini?”
            Alvin mencium Bu Shilla! Sementara di belakang mereka, kembang api terlihat indah menggelegar di langit malam, menjadi latar belakang yang sempurna.
           


           

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS