iCiL goKiL 3


>>>JAM 2 SIANG/font>

“AAALLLVIIIIINNN!!” E buset, siapa lagi nih..tapi, suaranya gue kenal..langsung gue keluar rumah..hah, jalan aja susah..
“Deva?! Ozy?! Rio?! Ray?! Ngapain kalian?” Tanya gue.
“Kita mau jenguk kamu, Vin.” Jawab Rio. Yang laen ngangguk.
“Eh, Vin..lo belom ganti baju, ya?” Tanya Deva sambil nunjuk gue.

Semua pada ngakak..emang sih, gue belom ganti baju..kaos kaki aja belom dibuka..bodo, ah..gua cakep ini..

“Yee! Badan gue lemes daritadi! Jalan aja susah!”
“Iya, iya! Eh, Vin. Kita ngga boleh masuk, nih?” Tanya Ray.
“E boleh boleh..ayo masuk aja!”
“Siapa lagi, Vin?” Tanya Cce Tasya yang lagi baca majalah di ruang tamu. Daritadi dia nungguin gue di situ, tuh..setia banget, ya..
“Temen.”
“Ada berapa orang?”
“Eh? Deva..Ray..Rio..Ozy..4.”
“Oh yaudah suruh duduk sini aja ya.” Kata Ce Tasya sambil beranjak ke dapur.
“Iya. Hoi, suruh duduk sini.” Mereka ber-4 langsung duduk di kursi tamu.
“Wah, Vin. Pasti elo daritadi tiduran di sini, ya?” kata Ray sambil nyingkirin tas gue dari sofa. Gue ngangguk lemes.
“Lo udah baikan Vin?” Tanya Rio.

Lagi-lagi gue cuman ngangguk. Abis itu gue langsung duduk di lantai. Deva langsung turun dari kursi, duduk di sebelah gue. Ngeliat itu, si Ray ama Rio juga ngikut duduk di bawah. Tiba-tiba penulis dateng sambil bawa laptopnya…

“Ngapain lo kesini? Siapa yang ngajak elo?” tanya gue judes. Si penulis langsung monyong.
“Idih, suka suka gue. Yang bikin cerita gue ini. Ude, ah! Lanjut!”

Lalu Cce Tasya datang…sambil bawa es jeruk. E buset, enak tuh!

“Nih, minumnya..eh, yang ini gue ngga pernah liat, deh?” kata Cce Tasya sambil ngeliatin Ray ama Rio.
“E, ini Ray, ini Rio…” jelas gue. Cce Tasya ngangguk-angguk.
“Rio cakep yah?” tanya Cce Tasya tiba-tiba. Rio langsung senyum-senyum malu. Trus Cce Tasya nengok ke Ray. Ray dengan pede-nya siap dipuji –digaplok penulis pake laptop-
“Ray..gondrong amat..”

JEDEEEEEERRRR!!! *suara petir*

“Kak..jangan gitu, dong..tapi keren kan?” katanya sambil ngelus-ngelus rambutnya.
“Ih, engga kale..biasa aja tuh.”

CTAAAAARRRR!!! *suara petir lagi*

“Eh, kok siang-siang gini ada petir, sih? Mendung ngga, gerimis ngga, cuaca buruk ngga…” tanya Deva.
“Itu suara petir dari hatiku yang tersakiti!” potong Ray sambil nunjuk Cce Tasya.
“Idih, gombal mulut lo..ude, ni! Minum es jeruknya! Jeruk asli itu! Manis, kok!”
“Lho? Ce! Cce Tasya! Kok gelasnya cuman 4?” tanya gue.
“Oh, elo sih teh anget aja Vin. Kan lagi maag, minum yang anget-anget aja deh!”

Langsung merengut gue..mana diketawain lagi! Hadehh.yah, nasip deh gue. Ah! Mumpung si penulis lagi di sini..

“Woi! Mba! Gue tokoh utamanya, kan?!”
“Iya, emang kenapa?”
“Kenapa gue dibikin kesiksa giniii….?!” Protes gua. Penulis diem.
“Bosen gue. Yah, sekali-sekali ngejailin pemain gapapa, kan?”
“Jahat lo! Gue panggilin Alvinoszta buat ngeroyok elo, nih!”
“Et, ga segampang itu! Gue kan Alvinoszta juga, conk! Masa sesama Alvinoszta saling ngeroyok?!”

…..gua diem. Gua kicep. Yah, biasa lah..gua emang orangnya gampang kicep.

“OOOOOOOOOOZZZZZZZZZZZZYYYYYYYYYYYYYYY!!!”
“E buset! Ozy! Ada yang nyariin elo tuh!” Ozy langsung keluar.
“Obiet?! Cakka?! Kalian ngapain?!” tanya Ozy. Kita langsung keluar.
“Ini, nih Zy! Si Cakka juga pengen game puzzle di hapenya!” jawab Obiet. Si Cakka ngangguk-angguk.
“Iya, Zy. Katanya Obiet ngga pake donlot, trus gampang juga kan maennya?”

Ozy cengo. Gua nahan ketawa. Adu, icil gokil readers. Terutama pembaca setia, kalian pasti tau maksud si Obiet. Buat yang ngga tau..hadeeh…baca aja part 14, ya? Haft, gue bener-bener ngga nahan tuh si Ozy masih cengo aja ngeliatin si Cakka.

“Eh, Vin? Game puzzle apaan sih?” tanya Deva.
“Nih, skenario. Baca pertengahan part 14.” Kata gua sambil ngasih skenario. Trus Ray ama Rio ngikut baca.
“Mana Vin?” tanya Ray.
“Heh? Ntar..nah, ini.” Kata gua sambil nunjuk paragraf yang dimaksud.
“HAH?! HUAHAHAHAHAHA!!” Deva langsung ngakak.
“Zy! Ayo, Zy! Kasih game puzzlenya di hape gue!” pinta Cakka.
“Hah! Elo ga bakal mau Cak!”
“Emang kenapa?”
“Ehh, engg..game itu bisa bikin hape elo rusak!”
“Kenapa? Ngerusak SIM?”
“Engg..==a .. bukan gitu, tapi..”
“Udah masukin aja!”
“eng,  Biet! Telmi amat lo! Kasitauin Cakka, dong!”
“Hah? Eh, Zy. Gue tau, suara gue juga bagus kalo nyanyi lagu beat! Udah, ngga usah muji gue kayak gitu! Cepetan game-nya!” kata Cakka.
“Bukan lagu beat BOLOT! Maksud gua Obiiieeeettt!!”bentak Ozy.
“Hah?! Obiet, lo dikatain bolot, trus disuruh nyanyi lagu beat ama Ozy!” adu Cakka ke Obiet.
“Apa?! Eh, Zy! Gue tuh ngomong aja udah bagus, apalagi nyanyi lagu beat! Malah pake ngatain gua bolot lagi..”protes Obiet. Si Ozy ga bisa nahan marahnya lagi. Sama Ray langsung ditahan.
“Udah, zy..gua tau, emang susah ngadepin orang bolot..”
“Tau gua Ray! Tapi ni orang bikin gua esmosi(emosi)!”
“O ya? Gua esdoger..”
“Pake becanda lagi lu!”

Cce Tasya lalu dateng sambil bawa teh buat gua. Tapi ngeliat anak sarap lagi pada berantem, akhirnya..

“Eeh Woi lagi pada ngapain sih?” kata Cce Tasya sambil keluar.
“Lho? Kak Anastasya?” kata Cakka.
“Eh, Cakka? Ngapain lo?”
“Ini, katanya Obiet si Ozy bisa masukin game puzzle di hape, tapi ga pake donlot.”
“Oh, kirain mo minjem duit lagi buat Mas El. Yaudah, deh! Masuk aja dulu!”

“Ozy! Buru!” protes Cakka.
“Ihh! Gamau!” sergah Ozy. Seandainya Cakka ngerti masalahnya.. pasti dia bakal bilang kalo dia sendiri goblok.
“Cakka..” panggil Deva.
“Apaan?”
“Nih, baca skenario di bagian yang gua stabiloin..”

Cakka mulai baca. Pertama mukanya enjoy, trus lama-lama matanya membesar, trus alisnya mulai aneh, mukanya juga shock abis.. tiba-tiba dia mukul Ozy pake skenario yang tebalnya lebih dari 100 halaman itu.

“Sialan lo Zy! Jadi kayak orang goblok gua!” tuh, kan..

Setelah ‘tawuran’ beberapa saat, Cce Tasya dateng dan melerai mereka. Setelah itu Cakka dan Obiet pulang. Sementara Deva, Ray, Ozy dan Rio masih di rumah gua.

“Jadi latiannya Selasa Minggu jam berapa?” Tanya gua.
“Jam 4.” Jawab Rio. Hem..oke, gua mah bisa aja..
“Eh, Ray.” Panggil Ozy. Ray nengok.
“Hmmhh? Apaan?” jawabnya males.
“Bener nih hadiahnya ke gunung Jaya Wijaya?”
“Iya! Keren kan!”
“Iiihh, amit-amit gua mah!”
“Kenapa, sih?! Kan keren?! Ya gak? Ya gak?” Tanya Ray, ngeyakinin seluruh anggota biar semua sependapat ama dia. Tapi yang ada, kita cuman angkat bahu..
“Bomat gua, mah..ko ke Jaya Wijaya, Everest, Gunung Putri, Gunung Mas, Gunung Mbak ngga masalah! Yang penting lombanya dulu menangin!” ucap Deva santai. Yang lain pada ngangguk-angguk setuju.
“Tapi kalo dipikir-pikir lagi..hadiahnya konyol banget, ya?” Tanya Rio. Kita semua ngangguk.
“Iya! Ga romantis banget!” tambah Deva.
“Romantis..sono di Paris aja!” bales Ozy.
“Oke aja gua mah!” kata Deva pede. Setelah jam menunjukkan pukul 4 sore, mereka semua pulang…

>>>ESOK HARINYA DI SEKOLAH/font>

“Devaaaaaaaaa!!! Ngepel yang bener doooooooooooonnggg!!” omel Nova. Yah, ini emang hari Selasa, gilirannya Deva ama Daud bersih-bersih.
“Gua ngantuk nih Nov!” bentak Deva yang matanya setengah ketutup trus jalannya sempoyongan.
“Dev, kamu malah ngotorin lagi tauu! Tadi Daud nyapunya udah bener kamu ngepelnya gitu!!”
“Trus lo nyalahin gua nih?!”
“Iya!!”
“Najis!” bentak Deva sambil ngebanting gagang pel ke lantai.
“Heehh..apaan sih ribut-ribut??” Tanya Rio sambil ngedatengin mereka.
“Ini, yo! Deva ngepelnya ga bener!” adu Nova.
“Enak aja! Gua ngantuk yo!” sergah Deva. Biasa, ga mau disalahin..
“Kenapa lo ngantuk?” Tanya Rio. Deva bengong.
“Ehm..tadi malem..gua..gua diajakin nongkrong bareng FreenDS yang rumahnya deket rumah gua..” jawab Deva malu-malu.
“Hemm, trus, menurut lo siapa yang salah?” Deva diem. Nova tersenyum penuh kemenangan. Rio ngambil gagang pel di lantai, trus disodorin ke Deva. Deva diem, tapi dipegang juga gagang pel-nya.
“Cepet ngepel! Bel masuk 10 menit lagi!!” bentak Rio yang biasanya kalem itu. Nova cengo. ‘Haaahh?! Tumben-tumbenan si Rio ngamuk gitu?!’ batin Nova.

Rio yang biasanya duduk di kursi dan langsung baca buku buat pelajaran pertama, kali ini ngga. Dia mainin pensil sambil ngeliatin Keke yang lagi ngobrol ama Dea di pintu. Beberapa kali dia mendesah sambil muter-muterin pinsilnya.

“Lu ngapain ngeliatin Rio Vin?? Suka lo?” Tanya Deva.
“Najiss…lu kata gua gay apa suka ama cowok..bukan ntu yang gua liatin..si Rio daritadi ngeliatin Keke mulu..liat noh..”
“Hah?! Gua lupa lagi, Vin!!”
“Lupa apaan?”
“Minta PJ!!”
“PJ PJ PJ muluuuuuu!! Mata duitan lo!”
“Iisshh, lagi kere gua Vin!!”
“Hiih, ntar aja lagi! Lagian hubungan mereka juga kayaknya ga begitu baik..”
“Hmmhh, iya juga, sih..”

>>>PULANG SEKOLAH/font>

“Semuanya! Ini denah ke rumah Ray dan studio musik ayahnya! Inget ya! Jam 4 di studio!!” kata Rio sambil nunjukin selembar kertas.
“Hhmm?? Di perumahan Musical Palace, jalan Musical Studio nomer 3, RT002 RW003? Beda alamat nih ceritanya?” Tanya gua ke Ray. Ray ngangguk doang.

“Eh Ray!” panggil Deva.
“Apaan?” jawab Ray santai.
“Ngg, gua, Alvin, Ozy, Rio ama Nova mo ke rumah lo! Si Rio mo ngebahas soal latian, trus kita ngikut, deh..”
“Hah?! Eh, woi! Tapi gua dijemputnya pake mobil Honda Civic yang sedan! Sempit, lho!”
“Hmmhh, gapapa, deh. Yang penting nyampe.” Kata Rio akhirnya. Trus supirnya Ray dateng..E BUSET DAH! Beneran sempit dehh kalo ginii!

 “Iissshh Ozy jangan senggol-senggol!” omel Nova yang duduk paling pinggir.
“Yee..ini si Rio daritadi kakinya nginjek kaki gua mulu!!” tuduh Ozy yang duduk di samping Nova sambil nunjuk Rio.
“Enak aja! Ga mungkin! Ada juga elo yang nginjek kaki gua! Ini tasnya Deva kebanyakan muatan! Ganggu banget!” bales Rio yang duduk di samping Ozy sambil narik-narikin tasnya Deva yang emang..penuh banget..
“Pake nyalahin gua lagi! Si Alvin daritadi ngangkang mulu! Makan tempat tuh!” E buset! ntar dulu kok jadi gua yang salaaaahh?!
“Dev! Lu ga liat apa daritadi kaki gua merapat kayak gini! Yang makan tempat Nova tuh ga mau kesenggol!”
“Kok aku?! Sebagai cewek aku punya hak dong buat nggak kesenggol cowok!” hak macam apa itu??
“Errr..jangan berisik dong..udah gua bilang bakal sempit..” kata Ray yang duduk di depan.

>>>DI RUMAH RAY/font>

Deva, Rio, Nova cengo pas nyampe. Yaialah! Rumahnya Ray kan gede banget! Hhmm, sebenernya sih kalo rumahnya doang, mungkin sama ama rumah gua. Tapi rumahnya Ray ada halaman depan+halaman belakang..jadi tambah luas..

“Kita ngobrolnya di belakang aja, yuk! Kamar gua lagi berantakan!” ajak Ray.

Oke, lah..kita semua setuju..kita langsung ke halaman belakang yang cukup luas itu..tambah nikmat pas kita dikasih es jeruk ama gorengan. Hahaseekk..mantepp daahh. Rio ama Ray sibuk ngomongin masalah studio ama latihan. Nova ngeliatin. gua, Deva ama Ozy? Hhaa,, kita mah maen ndiri aja..

“Eh! Eh! Manjat pohon jambu, yuk! Lagi berbuah, tuh!” kata Ray sambil nunjuk pohon jambu di belakang.
“Ayo!” jawab kita semua, para lelaki.

Nova? Dia cemberut aja. Trus pas Ray dengan lincahnya udah di atas pohon, Nova narik bangku ke bawah pohon itu trus duduk dengan nikmatnya..trus Rio juga ngikut naik ke atas, sambil sesekali metikin jambu yang udah mateng. Ngga lupa dilempar ke Nova, biar dapet juga tuh anak. Gua? Jago gua mah yang namanya manjat pohon! Gitu nyampe, gua langsung nyender di batang pohon sambil nikmatin jambu..manis banget! Deva? Dia naek ke dahan yang paling tinggi! Soalnya banyak jambu-nya di sana! Dasar maruk..Ozy? Kok..dia takut gitu??

“Zy! Naek!” suruh Ray sambil ngelempar jambu ke Ozy. Trus sama Ozy ditangkep.
“Ngg, nggak deh. Kayaknya rapuh, deh..takutnya jatoh..” jawab Ozy ngeles.
“Ye! Penakut lo! Ini kuat semua!” tantang Ray.
“Tapi..itu rantingnya kecil banget..” kata Ozy.

Krik krik krik krik krik…

PLETAK! PLETOK!

2 buah jambu melayang ke kepala Ozy..melayang dari tangan Deva ama Ray.

“Ozy!! Elo tuh telmi apa sedeng?! Di mana-mana kalo manjat pohon yang dipijek itu batang sama dahannya! Mana ada orang manjat ranting?! Ngarep lo! Emang lo jangkrik apa, kuat nahan diri di ranting?!” bentak Ray. Tuh liat ke bawah, sampe si Ozy ama Nova payungan saking MUNCRAT nya..
“Oh iya gua lupa.” Kata Ozy dengan mengeluarkan senyum khasnya..senyum maut tanpa dosa yang childish sambil manjat pohon.

Ray siap di drum. Lintar, Rio, Nyopon, udah siap juga di gitarnya. Zevana bass. Sisanya nyanyi. Siapa sangka, kalo Ray sengaja ngundang Ify dari kelas buat bantuin maen keyboard??

“Kayak paduan suara aja, yang nyanyi banyak banget.” Ejek Ify.
“Trus? Nyanyi apaan, nih?”Tanya Nova.
“You Raise Me Up aja. Kan yang nyanyi banyak.” Usul Ify.
“IIhh! Gamau! Terlalu alus itu lagu! Yang keras dikit napa!” bantah Ray.
“Keras-keras-keras pala lo tuh keraaas!” ejek Ozy. Ray mencibir.
“Lagunya Kevin Aprilio aja, Kamu dan Aku Bisa. Mau ngga?” usul Rio. Semua setuju!!

>>>2 ½ JAM KEMUDIAN/font>

“Ray! Makasih ya!”
“Bye Raaay!”
“Kita latian lagi Hari Minggu Raay!”
“Jumpa lagi Ray!”
“Dah Ray!”
“Gua pulang dulu, Raaaaaayyy!!”
“Thanks, Ray!”
“Thanks Ray! Lu bisa banget dah!”
“Bye Bye Raynald…”

Itulah kata-kata ke-sembilan teman kami yang pulang ke rumah. Akhirnya, yang masih di rumah Ray ada gua, Deva, Ozy, ama Rio. Biasa, anak cowok kan pengennya maen mulu..

“Jadi?? Kita gini mulu nih sampe 3 bulan lagi??” Tanya Ray dengan muka capek.
“Iya, lah..pengen menang lomba gak??” Rio balik nanya.
“GUa bulannya pengen menang yo! Gua pengen ke Jaya Wijaya!” desah Ray.
“Ah! Elu mah hadiahnya doang! Hadiahnya gua malah ga mau!” timpal Deva. Hhmmhh, iya sih..gua juga kurang mau..
“Eeeh! Woi! Nyadar dong! Secara, Gunung Jaya Wijaya gettoohh! Gunung teringgi di Indonesia!” bales Ray gamau kalah.
“Isshh, tetep gamau gua! Ga bagus banget hadiahnya! Mending jalan-jalan ke Pulau Seribu, ke Bali, ke Lombok apa kemana gitu kek yang bagusan dikit! Jaya Wijaya apaaan!” tambah gua.

Semua orang cengo ngeliatin gua. Gua bingung ndiri. Tiba-tiba Deva megangin tangan gua, Ray naro punggung telapak tangannya di dahi gua.

“Eeeh woi apaan, sih?!” Tanya gua bingung.
“Lu Alvin bukan?” Tanya Ozy yang daritadi diem.
“Yaialah gua Alvin lu kira gua cupang peliaraan lo apa?!” jawab gua sambil marah.
“Eh, masa sih?” kata Deva bingung.
“Iya, kayaknya Alvin gapernah ngomel segitunya, deh..” tambah Rio.

Hhmmhh..iya, sih..gua emang ga pernah ngomel gitu..hahah.. ya..gimana, ya? Gua cuman menampakkan sifat asli gua ke orang-orang terdekat aja..

>>>3 BULAN KEMUDIAN/font>

“Wooooww! Gila rame banget!” kata Ozy terpesona. Hhmm, emang rame sih..tapi tiap latihan gua selalu ngerasa ada sesuatu yang kelupaan..apa, ya?
“..Ray..” panggil gua.
“Hm? Apa Vin?” jawab Ray.
“Nama band kita..apa..?” Tanya gua. Ray cengo. Semua warga kelas cengo.
“Waaa! Apaan ya nama band kita?!”
“Adduuhh, masa ga ada namanya?”
“Yah..kelupaan nama!”
“Waduuhh gimana nih..”

Semua orang jadi ribut..ergh, gimana, nih! Gua noleh ke Nyopon.

“Nyopon! Lu pinter English! Jadi tolong kasih nama band kita!” suruh gua. Nyopon kaget. Tapi semua orang mengiyakan. Nyopon bingung.
“engg..emm…ah! gimana kalo..Dynamic Generation??” usul Nyopon.
“Gimana? Mau?” tawar Rio. Beberapa anak setuju.
“Yaudah, yang mau tunjuk tangan.” Usul Rio. Setelah diitung yang tunjuk tangan ada 9 orang. Yaudah, deh..kita pake nama itu.

“Rioooo!! Kita dapet giliran ke berapa dari berapa peserta??”
“Kita dapet 3 dari 5 peserta kelompok B.”
“Kelompok A ada berapa peserta?”
“5 juga..”
“Emang ada berapa kelompokan?”
“5. Masing-masing 5 peserta.”

“NAH! SEKARANG, GILIRAN BAND PENDATANG BARU DARI SMP LI! DYNAMIC GENERATIOONN!”

Ini bukan pertama kalinya gua tampil di hadapan orang banyak. Tapi tetep aja gua ngerasa rada ga pede. Gua tengok Deva. Ahh, dia mah udah sering. Ray?? Apalagi! Ozy? Biasa aja…dia mah nyantai..yang lain juga biasa aja..ahh! tenang Vin..kamu pasti bisaa!

“Temen-temen, tolong lakuin semaksimal mungkin, oke?!” perintah Rio.
“OKEE!!” Rio langsung memasuki panggung, kami mengikuti.

Di panggung, kami mulai di posisi masing-masing. Lalu mulai menyanyi dan memainkan musik..walopun masi ragu-ragu..

PLOK PLOK PLOK PLOK PLOK PLOK

Riuh suara penonton bertepuk tangan. Ahhh..lega gua..habis itu, pengumuman pemenang diumumin seminggu lagi?! Haaahh.. ya ampun..sumpah gua masih deg-degan..

>>>DI SEKOLAH, PELAJARAN MTK GURUNYA GA DATENG/font>

“Ahh..bosen gua!” keluh Ray. Iya, sih. Gua juga bosen. Anak-anak yang laen pada berseliweran di luar. Yang ada di dalem kelas cuman ada gua, Deva, Ozy, Ray, Lintar, Rio, Keke, ama Nova.
“Eh! Eh! Maen yuk!” usul Ozy.
“Ayyook! Maen apaan?” Tanya Deva.
“Maen joget sehat ceria!”
“Lu kata senam?!”
“Boleeehh maen yaa?? Ketua kelass? Rio?” Tanya Ozy. Rio diem, lagi baca buku. Ozy pun ngedatengin Rio.
“Sayang! Aku mo chocolatos~” goda Ozy. Bisa bayangin Ozy ngomong gitu?!
“Iih, apaan sih lo!”
“Boleh maen ga?!”
“Boleh tapi jangan berisik!”
“Oke! Ayo maiiiiiiiiiiiiinnn!!” teriak Ozy sambil narik tangan Rio.
“Eeehh Wooi apa-apaan neeehh?!”
“Rio ikut maeeeenn!!”

Rio sebagai ketua kelas yang dewasa dan ga suka ribut ngalah.

“Mainnya gimana Zy?” Tanya Ray.
“Gini! Ntar ada yang jadi wasit, trus nanti kita lanjutin dengan kotak pos buat nentuin siapa yang nari! Kalo gamau, ada hukumannya! Siapa mau jadi wasit?!” Ozy angkat tangan, dan semua tangan nunjuk Ozy.
“Hiihh?? Yaudah gua jadi wasit! Ayo semua bentuk lingkaran! Gua yang nyanyi!”

Semua duduk di lantai, telapak tangan kami saling tindih-menindih dan kami duduk membentuk lingkaran. Ozy menunjuk Deva untuk mulai duluan.

“Siap ya?! 1,2,3! Kotak pos belum diisi~ mari kita isi dengan mie ayam bakso~ yang-ke-na-ha-rus-na-ri!” dan! Gua kaget setengah matiii!!! Guaa yang kenaaaaa!!
“Eeehh! Kok gua sih Dev!” sergah gua sambil nyalahin Deva. Deva angkat bahu.
“Alvin joget! Alvin joget! Alvin joget!” suruh Ozy. Haa..yaudah, akhirnya gua berdiri.
“Kalo gua gamau, hukumannya apa? Wasit??”
“Hukumannya nembak cewek yang lo suka!”
“Hapa?! Gua ga ada feel samasekali ke cewek! Doer! Eh, suer!”
“Yaudah nari!”
“Nari apaan??”
“Nari ala Parto(a.k.a Edi Supono)!!!”
“Haaaahhh??!! Maksud lo gua maju mundur sambil tangannya klepek-klepek gituu?! Iihh, amit-amit gua!”
“Yaudah kalo gamau, sana tembak cewek yang lo suka, Vin!”

Gua mendecak. Iisshh…nari, nembak..dua-duanya gamau guaa! Amit-amit.. beneran deh..akhirnya dengan ogah-ogahan gua mulai maju mundur dengan cepet sambil gerakin tangan gua ke sana-sini. Harga diri gua jatoooooooohhh!!!
(Audience sekalian, silakan bayangin kalo Alvin nari gitu! Penulis udah bayangin dan sekarang dia lagi kejang-kejang gara-gara shoocckk! Padahal dia sendiri yang bikin cerita ini! Goblok ga tuh?!)

“Hahahaha…kocak Vin..kocaaakkk!!” ledek Ozy. Gua ngos-ngosan. Gilaa! Malu banget gua!
“Lu kira enak digituin! Wasit apaan, neh! Gak adil!” protes gua.
“Bukan gak adil, Vin..gua ga mihak siapapun, kok..ini kan buat kesenangan bersama aja! Inget dong kata-kata mutiara : “kami bukan menertawakanmu, tapi tertawa bersamamu!”tuh! gituu!”
“Kata-kata siapa lagi tuuh?”
“Spongebob Squarepants! Udah, ayo jalan lagi! 1,2,3…Kotak pos belum diisi~ mari kita isi dengan harga diri kita~ yang-ke-na-ha-rus-na-ri!”
“RIOOOOOOOOOOOOOOOOO!!!!” Rio gelagapan.
“A..aku..nari apa?? Wa..wasit?!” kata Rio tergagap, siap dipermalukan.
“Tirukan iklan permen clap-clup!” kata Ozy sambil nyodorin permen lollipop clap-clup.

E buset! Rio nurut! Dia langsung ngambil sapu. Trus permen itu mulai diemut-emut dengan genitnya, sambil meganging sapu. (kyahahaha, bayangin Rio kayak gitu ngakak gua.)

“Ish, kalo gua jadi elo malu gua mah yo..”timpal Ray. Yah, gua juga malu..

“Ayo! Mulai lagi! Mulai lagi! Siap?! 1,2,3..! kotak pos belum diisi! Mari kita isi dengan lollipop clap-clup! Yang-ke-na-ha-rus-na-ri!”
“HAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAHH!! GUA KENAAA!!” teriak Ray pas tangan gua nyampe tangannya.
“Okee! Sekarang elo tiruin iklan Tory Cheese Crakcer!”
“Hapa?! Kalo gitu, gua butuh 2 orang figuran, dong!” protes Ray.
“Ngga, mas! Kita ga sanggup honorinnya!”
“Lu kata maen film!”
“Udah, ah! Cepet! Nih, tory-nya!” Ray langsung nerima sambil marah-marah sendiri.
“E buset. Zy, lu ke sekolah bawa makanan banyak amat?”
“Hahaha..udah ah! Cepetan Ray!”

Ray dengan ogah-ogahan langsung masang kuda-kuda..kambing-kambing..sapi-sapi..dengan mengangkat lengan atas setinggi bahu dan telapak tangan setara kepala..lalu mulai maju-mundur. Sementara Ozy menyemangati dengan riangnya.

“Tory-tory-tory! Tory Cheese Cracker! Tory-tory Cheese Cracker berasa keju-nya!” teriaknya sambil bertepuk tangan.

Ray langsung membanting dirinya ke lantai. Dengan muka merah padam..gatau tuh marah apa malu..ga ada bedanya!

“Ish..malu gua mah kalo jadi elo, Ray..” ejek Rio. Ray langsung majuin bibir bawahnya.
“Hahaha…udah dalemanku semua..eh, salah..bawahanku..gua tau kok kalian malu, marah, mungkin sedih juga! Makanya, inget semboyan ini! ‘Kalo sedih keluarin tangismu, kalo marah keluarin amarahmu! Tapi kalo malu jangan keluarin kemaluanmu!’ inget-inget ya pleeend!” kata Ozy menyemangati. Nyemangatin apa ngelawak..?!
“Hem..berarti yang belom dapet tinggal Deva, ya..” lirik Ozy. Deva diem aja.
“Ada yang mauu Deva disuruh joget tanpa ngisi kotak pos dengan tory cheese cracker?!”
“MAUUUUUUUUUUUU!!” teriak semuanya. Deva kaget.

Deva langsung mau. Dia berdiri.

“Oke, deh! Mau aja gua! Nari apa?!”gilaa, nantang banget lo ngomongnya!
“Nari patah-patahnya Annisa Bahar!” suruh Ozy. Deva kaget. Kalo gua yang kena, sih..mendingan narinya Parto apa ini, ya..?
“A..apa..? goyang patah-patah..a…”
“Kenapa? Ga mau?” Tanya Ozy.
“Gampang banget! Ayo mulai!”

Deva langsung goyang-goyang. Gua, Ray, Rio, bahkan Lintar yang ngga ikutan maen pada cengo.

“Seeerrr!! Seeerrr!! Aseeeeekk!! Taaariik maaaaaaaanngg!” kata Ozy menyemangati.

Hahah, gila, edan nih Deva! Tengok lah si penulis..yang udah siap digarot ama FreenDS…

>>>SEMINGGU KEMUDIAN/font>

“Woi! Kita dapet surat dari panitia lomba!” teriak Rio waktu masuk kelas. Dia langsung duduk bersila di depan kelas, dan anakk-anak ngerubungin.
“Menang nggak yo?” Tanya Ray semangat. Iya, iya.gua tau lo pengen ke Jaya Wijaya!
“Mana gua tau! Kan belom dibuka amplop-nya.” Jawab Rio ketus. Tumben galak, hehe..

Rio perlaha-lahan membuka amplop itu..sok rapi, ah! Kalo gua, sih..sobek aja! Rio juga ngeluarin kertas yang ada di dalamnya. Lalu membacanya keras-keras.

“Untuk Band The Dynamic Generation! Dengan ini, saya umumkan! Kalian mendapatkan penghargaan sebagai juara favorit dengan gelar band yang paling aneh! Lhhaa?” Tanya Rio bingung abis baca setengah isinya.
“Ude, yo! Baca lagi!” perintah Ray.
“Ah…ehm, dan selamat! Kalian mendapatkan hadiah, berjalan-jalan ke Gunung Jaya Wijaya selama seminggu pada saat liburan sekolah! Tiket akan dikirim ke sekolah! Terimakasih..”
“YES! JAYA WIJAYA, I’M COMING!” teriak Ray semangat.

“Rio-ku tayooonng, tiketnya udah diambil?” Tanya Ray genit. Rio yang lagi makan siomay kicep. Trus buru-buru ditelen. Untung, ngga nyangkut di tenggorokan..
“Ekkhh, eheek..belom dikirim, Ray. Emang kenapa? Lagian libur sekolah juga masih lama..”
“Waaaaaaaannngg! Gamau! Mau sekaraaaaaanngg!”Teriak Ray sambil jatohin diri ke lantai, trus guling-guling sampe luar kelas.
“Ray lu ngapain!” bentak Nyopon yang baru balik dari kantin.
“Ga ngapa-ngapain! Bukan urusan lo! Weeeekk!”jawab Ray sambil buru-buru berdiri.

>>>BEBERAPA HARI KEMUDIAN/font>

Lalala! Bosen bosen boseeeeeennn!! Rasanya keGOKILan udah mulai ngilang ye dari cerita ini?! Ada part dimana reply-nya banyak! Contoh..part 5..di situ Ozy ama gua gokil-gokilan segokil-gokilnya! Tapi..makin lama! Makin ngga lucu! Penulis, sih! Lagi seneng baca novel ama bikin cerita yang serius! Jadinya gini, deh!

“Oi, ini gua udah dapet tiketnya.” Lapor Rio. Ray langsung menghambur ke pelukan Rio.
“Riooooo!! I love you!! Muah! Muah! Muaaahhh!!” teriak Ray sambil nyubit-nyubit pipi Rio dan nyium jarak jauh.
“Raaaayy!! I hate you! Hueeek! Huueek! Huuuueeeekkk!!” bales Rio sambil ngedorong muka Ray.
“ih, Rio jahat.”
“Muka lo jahat! Nih, tiketnya! Puas loo!”bentak Rio sambil nyodorin tiketnya.
“loh? Kok gue?”
“Ya..anggep aja sebagai ucapan trimagaji dari kita. Soalnya kita kan 3 bulan lebih ngeband gratis di studio bokap lo. Termasuk makanan.”
“Oooh, iya iya iya. Tapi elo aja deh yang nyimpen, yo.”
“Loh? Kenapa?”
“eeh, gue ni ceroboh banget anaknya! Lu tau ngga, dulu..gua pernah diajakin ke Bali ama bonyok bareng kakak-kakak. Gua sok-sok’a nyimpen tiket pesawatnya sendiri. Eh gataunya ilang! Akhirnya emak gue ngalah, dia ngga ikut. Trus pas udah di Bali, tiketnya ada di dompet guaa!”jelas Ray panjang lebar tinggi luas gede. Rio manggut-manggut sambil nahan ketawa dengan pandangan –gue ga nanya, benga!–

“Alvin?! Jalan-jalan kok ngga bilang!”bentak Cce Nia waktu gua kasih tau mo
 liburan karena menang lomba band.
“Ta..tapi..tujuannya..”
“Aah elah ni anak! Mending tiketnya buat gua aja, deh!”
“Ehh..tapi..tiketnya bukan gua yang megang Ce..”
“Siapa yang megang?!”
“Ketua kelas..”
“Di mana rumahnya?!”
“Mana gua tau?? Gua belon ke rumahnya!”
“Nia..Alvin..ribut mulu, sih..woi, Ni! Alvin yang dapet, kok..kamu yang ngotot?! Itu kan haknya dia!” gua kasih senyum kemenangan dan lidah kebanggaan gua ke Cce Nia. Cce Nia mencibir.

“Haaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhh!! Ini, sih..bukan ke Jaya Wijaya!” protes Ray sambil melotot waktu baca tiketnya.
“Hah?! terus kemana?!”Tanya Rio gelagapan.
“Ke Bali!” jawab Ray.
“Wah! Gua pulang kampung, dong!”teriak Deva seneng.
“Huuh! Apa-apaan, nih! Gamau gua! Maunya ke Jaya Wijaya!” protes Ray lagi.
“Hah? enak ke Bali kali Ray?!” bales Nova.
“Pokoknya gua mo ke Jaya Wijaya! Kalo ke Bali, sih..gua juga udah pernah!” Ketus Ray dengan nada tinggi. SOMBONG..
“Oooh! Iya deh si somboong! Yaudah lo gak usah ikut! Ke laut aja sono! Mendingan ngajakin Ify deh yang udah bantuin kita selama latian!” bentak Rio.
“Yah..yayank gitu..aku dikemanain…?” Tanya Keke.
“Eh..bukan gitu, kok yank..tapi kan kasian Ify..udah bantuin kita latian 3 bulan.. eh ga dapet apa-apa..” bela Rio.
“Kamu suka ya sama Ify?! Yayank gitu ah! Aku sebel!”Bentak Keke.
“Eh..Ke, jangan gitu dong..”
“Yah…jadi sinetron, deh..” celetuk Ozy.
“Cintanya kurang! Cinta!”tambah Ray.
“Eh, eh! Gua kasih puisi cinta, nih!” kata Ozy.
“Baca baca bacaaa Zy! gua siap ngakak!” timpal Deva.
“Ehm..”Ozy berdehem.
“Cinta..”Ozy memulai puisinya. Semua orang mengarah ke Ozy.
“Cinta adalah rasa sayang yang lebih..
Untuk dapat memiliki dan menjaganya..” Rio dan Keke bener-bener serius ngeliatnya.. !
“Tapi..kadang, rasa cinta bisa diMAKAN api cemburu..
DiMAKAN rasa benci..
Dan diMAKAN hawa nafsu..”lanjut Ozy. entah kenapa gue ngerasa mulai ngga enak.
“Aseek puisinya..” puji Ray.
“Tapi, apapun MAKANANnya, minumnya, TEH BOTOL SOSRO..”
“Wooooo!! Ozyyyyyyyyyyyy!!!” semua orang yang baru terpana pada puisi Ozy langsung nyorakin Ozy. Yah, lama-lama gua tau kebiasaan Ozy. Tiap bikin puisi, depannya udah serius dan kata-katanya puitis banget..tapi di ending pasti langsung gitu..dasar..

>>>PULANG SEKOLAH/font>

“Mario! Nanti ke kantor guru dulu, ya.”pesan guru IPS pada Rio.
“Eeh, iya pak.” Jawab Rio
“Ada apaan, ya?” Tanya gua.
“Ada nasi goreng, ada bakso, ada soto, ada nasi uduk, ada siomay, ada snack, ada gorengan. pilih aja satu, Vin!” jawab Ozy.
“Bukan itu maksud guaa!”

“Alvin! Gua duluan, ya!” pamit Deva.
“Iya, hati-hati, ya..”bales gua.
“Woi! Alvin!”
“Ng? kenapa, Ray?”
“Si Rio ada apa, sih? Kok dipanggil ke ruang guru?”Tanya Ray
“Tanya noh ama Ozy.” Jawab gua sambil nunjuk Ozy.
“Ada nasi goreng, ada bakso, ada siomay, ada snack, ada gorengan..tinggal pilih satu, kok! Susah amat ya?” jawab Ozy.
“Astaghfirullah..ngelawak mulu lo Zy!”
“Suka-suka gua! Ngelawak kan kerja sambilan! Gua awet muda nih kalo ngelawak mulu!”
“Kerja sambilan?? Ngayal lo!! Awet muda dari Makassar?!”
“Au ah teraaang!”

Tiba-tiba terlihat Rio keluar dari ruang guru. Dia lagi baca selembar kertas. Mukanya..gila! bego banget! Tapi, kenapa, yaa..?

“Woi, Rio! Kok muka lo ngigub gitu? Bego banget tau! Kalo Keke pindah hati gimane?” Tanya Ozy. Rio mendecak sebel.
“Kenapaa…coba kalo gua lagi bingung banget-banget semua orang bilang muka gua bego?” Rio balik nanya
“hahaha..eh tapi kenapa lo bingung gitu? Itu kertas apaan?” Tanya Ray.
“Gini, loh..pertama, pas ngikut lomba kan bilangnya ke Jaya Wijaya..trus di tiketnya tulisannya ke Bali..trus..liat nih catetan barang-barang yang mesti kita bawa..”

Ray nyamber kertasnya. Gua ama Ozy ngelongok ke kertasnya.

‘DAFTAR BARANG BAWAAN’

‘BAJU GANTI’
‘ALAT MANDI’
‘OBAT-OBATAN BILA PERLU’
‘ALAT IBADAH BAGI YANG MUSLIM’
‘SEPATU DAN SANDAL’
‘JAKET’
‘PAYUNG/JAS HUJAN’
‘BAJU HANGAT’
dll..

“Hm..apa yang aneh?” Tanya gua bingung.
“Ngg..gatau juga, tapi gua ngerasa ada yang aneh.” Jawab Rio sambil ngangkat bahu.
“Golongan darah lo AB ya?”tanya Ray.
“Kalo iya kenapa? Kalo bukan kenapa?” jawab Rio.
“Biasanya kalo goldarnya AB kata-katanya suka susah dimengerti.. yah kayak lo gitu deh..ketua kelas.”
“Oh..hehe..eh catet tuh barang-barang yang mesti dibawa! Cepet soalnya gua mo les nih.” Suruh Rio. Kita langsung ngeluarin buku catatan! Sekarang cari 3 petunjuk abis itu duduk di kursi berpikir!
“Mo les? Molesin apa?” tanya Ozy. Rio mendecak. Hehe, sebel gak sih punya temen yang ga nyambung mulu kaya gini…

>>>BEBERAPA MINGGU KEMUDIAN! HARI KEBERANGKATAN!/font>

“Oii, semuanya udah bener ngumpul di sini?” Tanya Rio mengecek sebelum berangkat ke bandara.
“Udaaaahh.” Jawab kami serempak.
“Barangnya kebawa semua?”Tanya Rio lagi.
“Iyaaaa.”
“Oke, cabut sekarang!”

>>>DI BANDARA/font>

“Tiket ini…”kata petugas saat kami check-in di bandara.
“Kenapa mbak?” Tanya Rio.
“Emm..tunggu bentar ya dek.” Dia menelepon seseorang.
“Kenapa yo?”Tanya Ray.
“Au deh.”

Tiba-tiba sebuah pasukan polisi dateng…ha wa wa wa waaa! Kita mo dikemanaiinn?! Haa…kita dikawal kemana tau, nyampe-nyampe kita mo dinaikin pesawat TNI!

“Emm..what the kamsud ini?!”Tanya Ozy.
“Ya kalian akan ke Papua! Bukannya hadiah kalian ke Jaya Wijaya?! Masih nanya lagi?! Are you understand?!” bentak seorang polisi. Ozy gelagapan.
“Ahh..i..iya, pak! My under is stand!” jawab Ozy.
“Yah?! Gua gajadi pulkam dong?! Padahal gue udah rencana mo bikin acara gath bareng FreenDS Bali..huee…”protes Deva.

Satu-persatu kita naik pesawat itu..hyee..gilaa! jantungan gue..kenapa jadi gini…?! Pesawatnya emang kecil, kami duduk sesuai pasangan semeja di sekolah. Ehm, kecuali Rio..temen semejanya, Nova, tukeran ama Keke..

“Alvin..gue ngantuk..”kata Deva manja.
“Yaudah makan..eh, tidur!” telmi gua kambuh sob..!
“Boleh senderan ama Koko, ya?”haaaahhh?!
“Nggak! Manjaa lo!”
“Itu si Rio gapapa si Keke nyender ama dia!”
“Mereka kan udah ‘in a relationship’! yang bener dong!”
“Pokoknya gue mo nyender ama koko! Katanya Alvin sayang ama Oppa?! Kok gini?!”
“Sayang sih sayang! Tapi elonya ga mesti manja gini, kan?!”
“Nggak! Pokoknya nyender!” Deva langsung ngangkat penyandar tangan ke belakang, terus kepalanya ditidurin di paha gue. Ahh..iya, mbak penulis..gue tau lo jeles..tapi Deva maunya gini..
“Wah..kayak adek lo ya Vin.” Sindir Ozy yang duduk di depan gue.
“Yah, dari dulu gua anggep gitu :p”
“Udah tidur tuh?”
“Udah lah! Dia kan kebo! Asal ngantuk trus udah kerasa enak langsung molor!”
“Diem lo pada!”bentak Deva tiba-tiba. Gua ama Ozy kagetnya minta amplop, eh, minta ampun..
“Katanya udah tiduur?!”Tanya Ozy.
“Emang udah! Orang udah daritadi kayak gini!”
“Hyeeeh! Ngingok kali tu anak!”
“Dieem!” bentak Deva lagi.
“Bu..bukan ngingok..ini, sih..belom tidur..”kata Ozy sambil duduk lagi.
“…Dev..”panggil gue dengan suara agak kenceng.
“Hmm..”jawab Deva. Oh, dia belom tidur ya..
“Lo ngantuk apa capek?”
“..capek..”
“Oh..”Ozy mulai nengok ke belakang lagi.
“Belom tidur, ya?”Tanya Ozy.
“Belom, deh..tadi gua tanyain jawab, kok.”
“Kok mukanya udah pules gitu?”
“Au..”
“Jangan..”kata Deva.
“Hah? jangan apa?”Tanya gua.
“Jangan tembak Zeva..”kata Deva lagi. Siapa yang nembak Zevana?!
“Gue yang bakal dapet Zeva duluan..inget itu..”katanya lagi.

HAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAHHHH?! De..Deva suka ama Zevana?!

“Ngingok apa beneran, nih Vin..”Tanya Ozy.
“Gatau..tapi kalo beneran, ga mungkin dia ngomong itu!”
“I..iya, bener juga..gue bilangin Zeva, ya.” Kata Ozy sambil beranjak.
“Wee! Jangaan! Nanti nyebar gosip yang bukan-bukan!”Ozy nurut.

>>>OKE, SAMPAAI!/font>

“Hah?! Zevana?”Tanya Deva bingung.
“Iya. Tadi pas lo tidur mimpi sesuatu tentang dia ngga?”Tanya gua. Deva nggeleng-geleng.
“Hah?! mimpi Zeva?! Ngigau lo?! Ngapain gua mimpiin dia..amit-amit dah..”jawab Deva males.
“Berarti emang di pesawat tadi dia ngingok..”bisik Ozy. Gua ngangguk.

Tiba-tiba seorang petugas ngedatengin kita dan kita dibawa ke penginapan..

“Nah, silakan istirahat di sini. Nanti panitia lombanya akan ke sini. Soalnya dia yang pegang susunan acara kalian.”jelasnya.
“Oke, makasih..”kata Rio.
“Daaaaahh istirahat istirahaaaat!” teriak Ray.

Gua langsung duduk di sofa depan. Ray ama Ozy duduk di sebelah gue. Deva dateng, trus tiduran dengan kepalanya di paha gue LAGI…

“Deva kebo..jangan di sini yah? Kamar ada 2 tuh..kasurnya gede-gede lagi..oke?”
“Oppa gamau..maunya di sini!”
“Kenapa?!”
“Seneng bikin orang sebel!”

Ray ama Ozy cekikikan. Huh, sialan. Gua bacok elo pada pake penggaris! Awas ya!

TOK TOK TOK!

“Siapa?”Tanya Rio sambil buka pintu. Jeng jeng jeng jeeeeeennnngg!!
“Hai.”sapa mereka.
“CAKKIIIIEEEETTT!!!”teriak Ozy.
“Heh! Nyingkat nama kita kok gitu?!”bentak mereka.
“apa, sih Zy?”Tanya Ray.
“Tangan gue kedudukan pantat lo Ray..huhu..tajem tau..”
“Lu kata gua tawon apa tajem!”
“Engga..rautan pulpen tuh tajem..”
“Kaga ada rautan pulpen!”
“Gua maunya gitu! Suka-suka gua!”
“Ehm..Cakka, Obiet, masuk dulu deh..”kata Rio.
“Oke.” Jawab Cakka.

>>>ESOK HARINYA/font>

“Misiii..!”
“Ah, panitia lomba band.”kata Rio.
“Sori saya telat. Tadi macet banget dari bandara. Kalian udah makan siang? Oke kalo gitu saya traktir bakso!”
“Perasaan belom ada yang jawab dah.”bisik Deva. Gua ngangkat bahu.
“Ehm..jadi? makan baksonya?”Tanya Ozy nyelonong.
“Ya tungguin aja kalo ada yang lewat!”jawab panitia.
“Yee!”

>>>2 JAM KEMUDIAN/font>

TING TING TING TING

“Nah itu ada tukang bakso. MAS BAKSSSOOO! BELII!”teriak panitia sambil keluar penginapan.
“Hadeeh..tu orang gila kali ye?”kata Ray.
“Perut gua keroncongan dari tadi..”bales gua.
“Elu keroncongan! Lah gua! Dangdutan ni perut!” teriak Ozy.
“Yee…dangdutan! Slow! Perut gua nge-jazz!”bales Deva ngga mau kalah.
“Jazz mah terlalu lembut! Perut gua nge-rock nih! Drumnya kenceng banget!” bales Ray juga.
“Drum drum durum muluuu! Perut gua nge-rap!”bales gua juga.
“Kok jadi ngomongin gini, sih?”Tanya Deva.
“Au! Ude, ah! Ayo keluar ma’em bakso!” jawab Ray.

“Mas mas pake mie kuning ya.” Pesen gue.
“Jangan mas saya mie putih.” Ujar Deva.
“Apaan sih elu pake mie putih yaudah kaga usah ngelarang gue!”bentak gue.
“Eh, iya maap Vin maksud gue jangan kuning gue make mie putih aja.” Aahhh! Oon deh lu!
“Gue pengen nyanyi dah..”kata Ozy.
“Nyanyi, silakan.” Jawab gue yang udah pernah ngedenger lagunya Ozy.
Abang tukang bakso mari-mari sini
Saya mau beli..
Tidak pake mangkok, tidak pake kuah
Yang banyak sendoknya..
“Bang baksonya kasih micin dikit aja ya.”pesen Ray.
“Hah? micin?! Emang dia suka bakso?”Tanya Cakka.
“What the kamsud?”Tanya Ozy.
“Tadi Ray bilang ‘baksonya kasih micin dikit.’ Emang dia suka bakso?”
“Apaan sih maksudnya?”Tanya Ray ke Deva. Deva ngangkat bahu.
“Ngigub gue Cak..maksud lo apaan?”Tanya gua.
“Tadi kan Ray mo ngasih micin dikit baksonya!”jawab Cakka mulai ga sabar.
“Iya terus maksud lo apa?!”bales Ray.
“Emang micin suka bakso?!”
“What the kamsud? Siape yang lu maksud micin hah?!” Tanya Ozy.
“Punye tivi kaga lu! Micin..masa lu gatau! Itu lhoo yang duo maia!” jawab Cakka.
“Itu Mei-chan BOLOT!” bentak kita bareng-bareng. Si Cakka cuman cengo.
“O..oh..iya iya sori sob gue salah tadi maksud gue micin iya hehe.. maklumin deh gue kan rada bolot..” ujar Cakka. Hoho, udah..BOLOT emang nih si Cakka!
“Bolot aja bangga lu!”bales Deva.
“Woy jangan ngerumpi di jalan kenapa mangkok bakso mo lewat nih!” bentak Zevana. Deva langsung nyelametin baksonya dan menyingkir.
“Ehm.” Gue berdehem.
“Aakh, ehem ehem ehm.” Tambah Ozy.
“Batuk? Di novel aja!” ujar Deva.
“What the kamsud?”Tanya Ozy.
“Kan biasanya di komix aja..bosen gue baca komix..novel aja yah?^^”jawab Deva.

Kita makan bareng-bareng sambil duduk lesehan di tengah jalan, eh..di atas genteng.. eh, di ruang tengah!

“Vin bagi baksonya dong!”minta Deva.
“Nggak.”jawab gua sambil nyendok kuah bakso.
“Pelit!”
“Bodo. Yang pelit gua ini. Kaga ada urusan ama lo.”
“Jahat!”
“Bodo. Yang jahat gua ini. Kaga ada urusan ama lo.”
“…….”
“Nahahaha kicep dah lo. Becanda Dev..”
“Berarti boleh minta?!”
“Ya nggak.”

Deva mendengus. Hehe, lucu deh. Pengen liat lagi. Kayak banteng siap ngehajar matador..

“Nah, udah! Sana balikin mangkoknya ke abang nya tuh kasian nunggu di luar!” perintah panitia lomba. Kita langsung keluar dan balikin mangkok-mangkoknya.
“Pak panitia! Kita manjat Jaya Wijaya gak?”Tanya Ray.
“Hhhm, iya. Besok.”

“Besok?! Serius?!”Tanya Ray meyakinkan. Pak panitia cuma ngangguk santai.
“Alhamdulillah Ya Allah..doa ku dikabulin..” kata Ray sambil sujud.
“Ehm, Ray. Kiblatnya ke sono noh.” Ujar Lintar.
“He? Mana?” Ray celingukan. Lintar nunjuk ke kanan. Ray ngubah haluan dan sujud ke sana.

>>>SORE HARINYA/font>

“Ke..lo serius kan ngejalanin hubungan kita ini?”Tanya Rio.
“Iya yo..aku serius kok..”jawab Keke.
“Owh..hehe..bagus lah..gue seneng deh.”
“Ah..bisa aja..”
“Ehm.” Gua berdehem. Rio dan Keke nengok ke gue.
“Maksud?”Tanya Rio.
“Eng, gapapa. Leher gue gatel nih.”jawab gue. Inget iklan L.A..STAY COOL
“Leher yang gatel kok dibatukin..? garuk dong..” sahut Keke. E buset! Gua mulai telmi lagi daah!
“Ehm, maksud gue tenggorokan..” jawab gue. Rio dan Keke ber-ooh pendek dan mulai bertatap muka lagi..

Gua cuman ngeliatin fresh couple itu lagi ngobrol mesra..berusaha pedekate lebih jauh.. hoho, mesra bangeet! PRIMITIEF~! Eh salah ya. Yang bener apaan? Au dah yang penting enak.

“Wow, lagi apa tuh mereka?” Tanya Ozy yang tiba-tiba jatoh dari langit. Eh, maksudnye muncul tiba-tiba di samping gue.
“Lagi pedekate. Liatin aja dari sini. Jangan ganggu, deh. Kayak sinetron, dah. Bener.”
“Mereka bukannya udah couple?”
“Ya i YES lah masa ya NO dong.”
“Yang bener…?”
“Iya.”
“Rio! Keke!” panggil Ozy. Rio dan Keke noleh.
“Apaan?”jawab mereka barengan.
“Kalian udah couple kan?” Rio dan Keke terdiam. Lalu pelan-pelan mulai ngangguk dengan muka meraah..
“Ahh.. yang bener..? kok ngobrolnya masih gitu..?” Muka mereka makin merah.
“Ngobrolnya..gitu gimana?”Tanya Rio.
“Ya..ngobrolnya malu-malu tai kucing gitu..” wajah malu-malu dan merah mereka langsung berubah bego. Langsung BT+sebel.
“Ozy..gada malu-malu tai kucing..adanya malu-malu tai..” ujar gue. Rio mendecak.
“Hah?! hwa ha ha ha ha!! What the kamsud Vin?! Heh?! Hahahaha!!” tawa Ozy. Entah gimane caranya gue nyadar dalam waktu lebih dari 30 detik.
“Mak..maksud gue, malu-malu kucing!” sumpah, sob..malu banget gue. Kurang dari 3 menit dan gue udah telmi nyampe 2 kali..

>>>ESOK HARINYA/font>

“Pak! Jadi kan ke Jaya Wijaya?!” Tanya Ray lagi.
“Iya nak.. tapi udah siap semua belom?”panitia balik nanya.
“Udah kok pak..” jawab Rio.
“Oke, kita cabut.” Sahut pak panitia sambil ngambil kunci mobilnya. Untung make mobil yang semacam metro mini gitu yang lebih kecil dikit.. Jadi ga sempit..hoho..

>>>DALAM PERJALANAN/font>

“Heh..ngapain sih naik-naik gunung..ntar kan juga turun lagi..” desah Ozy.
“Secara Zy! Pengalaman baru! Kaga enak kan kalo ngeliat dari buku IPS doang!” sergah Ray.
“Jangan panik, ntar saya ajarin kok.” Sahut pak panitia.
“Tapi kalo belajar ntar dibenci tuhan!” bales Ozy.
“Dibenci tuhan..?”Tanya Keke.
“Hem..jelasin, Zy.” Suruh Rio.
“Nih! Belajar bikin kita pinter, pinter buat kita sukses, sukses bikin kita kaya, kaya bikin kita sombong! Sombong dibenci tuhan! MAKANYA KITA GAK USAH BELAJAR!” semua anak diem. Semua ngeliat Ozy.
“Jangan ngeliat gue kayak gitu, dong..kan gue jadi malu..” kata Ozy. Anak-anak lain tetep aja bertampang bego-bego bingung gimana gitu..

Mobil yang dikendarain pak panitia ini jalannya lumayan cepet, trus jalannya juga gak macet. Tapi kok ga nyampe-nyampe ya..? beberapa anak mulai bosen. Keke udah ketiduran di pahanya Rio yang juga udah tidur. Gua mulai ngantuk, rada BT juga sih. Abis si Deva ‘nitip’ kepalanya lagi di paha gue. Ozy udah makan berapa permen tau daritadi. Zevana ngobrol ama Dea. Olivia ngobrol ama Nova. Rizky main hape. Daud bersemedi dalam tidurnya. Ray pura-pura maen drum dengan mata ketutup. Ngingok kali tu anak? Lintar nyanyi-nyanyi pelan. Nyopon bolak-balik ngelepas-masang tali sepatunya. TUNG! Apaan, tuh? Oh, permennya Ozy jatoh. Ozy mau ngambil, tapi tangannya ditebas Nova yang duduk di seberangnya *omaigot buntung dong?!*

“Ga boleh! Udah kotor!” bentak Nova. Hoho, iya..gua tau kok Nova suka ama Ozy. Ozy bersungut-sungut, trus ngambil 1 permen lagi. TUNG! Jatoh lagi!
“Heh! Udah kotor!” bentak Nova lagi. Ozy mendecak. Dia ngambil 1 permen lagi. TUNG! Jatoh lagi!
“Ozy-ku..udah kotor! Ngeyel banget sih?!” bentak Nova. Ozy langsung masukin bungkusan permennya ke dalem tas.
“Puas lo!” bales Ozy.
“Nggak, cium pipiku dulu baru aku puas.” Jawab Nova genit sambil nyentuh-nyentuh pipinya. Ozy bergidik. Dia ngambil topinya, trus pura-pura muntah di situ.
“Huueeekk…=..=”
“Jahat! Ozy bodoh!” teriak Nova dengan suara setengah mo nangis. Kembali ke masa lalu, Ozy menatap bagian dalam topinya itu..Nova rada jiji, soalnya kan ozy make topi itu buat pura-pura muntah.
“Sayang ya..?” kata Ozy sambil pura-pura meneguk sesuatu dari topinya itu.. atau.. muntah jadi-jadiannya dia..
“Hueee! Ozy jorok!” protes Nova sambil berdiri. Maksudnye mo ngambil topinya Ozy. Tapi pak panitia tiba-tiba mendadak(yang namanya tiba-tiba pasti mendadak, kan? Ah, oon nih gue.) ngerem, walhasil Nova pun jatoh.
“Ih! Sialan! Zy, bantuin aku berdiri..” minta Nova sambil ngulurin tangannya.
“Nggak, lo udah kotor.” Jawab Ozy tenang. Oke, pembalasan! Hohohoo…
“HUEEEENNGGGG…Ozy jahaaaatt!!”

Ozy dengan lagak cueknya yang aneh langsung jalan ke tempat supir.

“Ehm, Ozy..belom nyampe, lho..” tegur pak panitia. Ozy langsung balik ke kursinya.
“Dea, lo lagi make kacamata apa kontak lensa?” tanya Ozy sambil nyamperin bangkunya Dea.
“Lo liat nih..mana kacamata gua! Gua ga punya kontak lensa! Gua punya lensa kontak!” jawab Dea ketus.
“Hem..minjem kacamata lo, dong.” Dea ngeluarin kacamatanya dan dikasi ke Ozy. Dengan muka jail langsung dipake tu kacamata. Trus Ozy lari ke bangku gua.
“Cakep ga Vin?” tanya Ozy pede. Deva ngeliat dengan tatapan JIJI.
“Eng, biasa aja.” Jawab gue. Ozy ngelepas kacamatanya, trus dipakein ke gue.
“Ahh! Jangan Zy! Pusing gue!” Ozy cekakakan. Tapi sebelum gue sempet ngelepas kacamata itu, Ozy narik tangan gue ke depan Cakka. Senior gue yang super duper hyper extra ultra mega BOLOT itu.
“Cak, pantes ga?”tanya Ozy. Gue mendecak. Oke, gue pusing. Tapi gue tungguin dulu pendapatnya Cakka.
“Make apa aja ga pantes lo.” Jawab Cakka males.
“Nyolot lu Cak!” bentak gue.
“Woy! Tangan gue diem, ga ngapa-ngapain!” bales Cakka. Tuh kan ga konek.
“What the kamsud?” tanya Ozy, eng, seperti biasa.
“Gua kan ga nyolot! Tangan gue daritadi ngelipet kayak orang nunggu bis 2 jam tau!”
“Apa hubungannya ama tangan lo?!” tanya gua kasar.
“Nyolot kan pake tangan!” iihh, gue tambah ngigub nih..!
“Mata lu juga ga kenapa-napa..nyalahin gue lagi..” tambah Cakka.
“itu NYOLOK! BOLOT lu Cak!”
“Woy Avin! Lo kayak gatau gue bolot ye?! Iye maksud gue tadi nyolot!”
“Aauuu aaah terang!”

>>>BEBERAPA TAHUN KEMUDIAN, EH SALAH. BEBERAPA JAM KEMUDIAN/font>

“Oke, kita sampe.” Kata pak panitia. Kita sampe di perbatasan. Gunung Jaya Wijaya keliatan jelas di depan kami…
“Jaya…Wijaya!! Hiiyyyaaa!! EUREKA!” teriak Ray semangat.
“Siap, ya?!” kami langsung menyerbu gunung itu…

Ehm, lantaran penulis belom pernah hiking ke Jaya Wijaya, kita langsung aja yaa pas big 14 ini di puncak..hoho..

>>>DI PUNCAK JAYA WIJAYA/font>

“We..are the champions, my frieeeenndd!! And we’ll keep on fighting ‘till the end!” Ray nyanyi-nyanyi semangat gitu kami sampe di puncak gunung.
“Hus! Raynald! Jangan buang-buang oksigen di sini!” tegur pak panitia. Ray langsung diem.

Tiba-tiba….GROOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO……. Hapa?! Helikopter?!

“Nah, ayo kita turun naik heli.” Suruh Pak panitia.
“Emangnya cukup?” Tanya Rio ga yakin.
“Ada 3 heli-nya, tuh.” Jawab pak panitia tenang sambil nunjuk ke dua helikopter lainnya. Setiap heli isinya 5 orang, salah satu ditambah pak panitia.

“Emm…pak..doesn’t it cost you too much?” Tanya Rio. Haha, penulisnya ngigub nanya-nya gimana kalo pake Indonesian. Karena lumayan jago English, jadi Rio nanya pake B.Inggris!
“No prob..it’s okay! Everything is under control!” jawab pak panitia make English juga.
“Sekarang kita pulang, kan?” Tanya Deva yang lagi gua gendong (ga tega gua ngeliat si Deva terseok-seok, jadi tanpa diminta gua gendong aja, hahaha! Penulis, honor gua tambahin yee..XD)
“Yaialah, mo nginep di sini? Ngga kan? Kalo gitu ayo pulang!” pak panitia berjalan menuju mobilnya.

“Dev, bangun Dev. Udah mo nyampe.” Kata gua sambil goyang-goyangin badannya Deva. Mata Deva kebuka setengah.
“Hmmmhh…” Deva menggeliat. Dia negakin badannya, trus celingak-celinguk. BRUK! Ambruk lagi.. dasar keboo lo Dev!  Gua yang repot! Sialan! Huh! Ga tau diri! Taunya tidur lo!

yah, gitu lah kira-kira.. sori kalo kurang lucu/seru.. lagi rada buntung, eh, buntu nih pikiran saya...mohon tunggu part 35 dengan sabar, tertib, tidak rusuh, tidak anarkis.

“Emmhh…lho? Kok gua udah di kamar? Perasaan tadi masih di bis..?” Tanya Deva gitu bangun.
“Udah bangun lo Dev? Tidur mulu!” tegur Ray.
“Abis ini bilang makasih ama Alvin! Tepar tuh dia nggendongin lo!” tambah Ozy sambil nunjuk Alvin yang udah ketiduran *bagian ini ceritanya penulis yang naratorin. Eh, bukan ceritanya. Emang penulis yang naratorin.*
“Hah?! Alvin gendong gue sampe sini?!” Tanya Deva ga percaya.
“Iya! Tadi katanya sebagian tulang punggungnya patah lhoo!” ujar Ozy.
“Hah?!” Deva kaget. Ozy+Ray ketawa-tawa. Langsung Deva tau kalo Ozy boong.
“Yang laen pada kemana?” Tanya Deva.

Hmm, emang, sih..di kamar cowok cuman ada Ray-Ozy lagi maen gaple, eh, bukan! Maen kartu. Deva baru bangun. Alvin, Lintar, Nyopon lagi tidur.

“Yang laen pada di depan, deh. Nonton TV kayaknya.” Jawab Ray. Deva ber-ooh pendek.
“Alvin..udah tidur tuh?” Tanya Deva lagi.
“Iya. Tadinya dia ngikut maen kartu, trus capek, akhirnya dia cuman ngeliatin sambil tiduran. Eh, ketiduran, deh..capek banget tuh pastinya. Habis hiking, eh gendong kebo!” jawab Ray.
“Yang lu maksud kebo siapa?!”
“Ya elo, Dev.”
“Heh..sialan lo..”

Deva ngelirik Alvin yang kayaknya udah mules, eh, apa sih itu..pules ya? Iya dah apalah itu. Dilihatnya Alvin dari ujung rambut sampe ujung jari kaki. Rambut, rada berantakan. Baju, lecek. Celana, make celana pendek. Kaki, satu ketekuk ke atas. Tangan, yang kanan buat bantalan, yang kiri di atas perut. Muka? Udah tenang banget..kayak udah ga berjiwa *peace Alvin..*

>>>2 JAM KEMUDIAN/font>

“Nnggh..” ah, gua masi idup..feeh, untung..untung. gua nengok ke kanan. Jendela. Gua nengok ke kiri. Lintar, Nyopon, Rio, Daud, Rizky, lagi tidur. Gua liat ke depan. Deva, Ray, Ozy lagi ngobrol.

“Alvin?” panggil Ray. Gua tersentak dikit. Dengan mata yang masih sayu, eh. Mata gua emang sayu, ye? Iya dah terserah. Dengan muka orang ngantuk, gua samperin sohib-sohib gue yang lagi duduk bersila di lantai itu..
“Lagi pada ngomongin apa?” Tanya gua lemes.
“Ngomongin yang tadi.” Jawab Ozy.
“Yang tadi mana?”
“Tadi di gunung.”
“Ooh.”

Gua cuman mematung dengerin mereka ngomong. Jujur gua masih ngantuk. Badan gua lemes. Kaki gua nyeri. Punggung gua pegel. Tangan gua masih kesemutan.

“Woi..disuruh..eh, pada tidur..gajadi deh.” Kata Zevana pas ngebuka kamar cowok.
“Kenapa Zev?” Tanya Ray.
“eng, disuruh makan ama pak panitia. Tapi 1,2,3,4,5 anak itu lagi pada tidur. Masa suruh bangunin? Kan ga enak. Udah, ye.” Zevana langsung keluar kamar. Deva langsung lemes. Lebih lemes daripada gua.
“Maen yok.” Ajak Ozy. Kita iya-iya aja.
“Maen apaan?” Tanya gua.
“Maen kotak pos. yang kena musti nyanyi lagu pop indo tapi udah dimodif.” Jawab Ozy.
“Seru, tuh. Oke, ayo maen! Eh, tapi lagunya terserah, ye?” Tanya Ray.
“Terserah. Yang penting udah dimodif segokil mungkin.” Jawab Ozy.
“ko-tak pos be-lum di-i-si. Ma-ri ki-ta i-si, de-ngan i-si-i-si-an. Mpok I-jah min-ta a-pa?” hahaha, ozy kena! Nyanyi, nyanyi!
“Denger, ye..” kata Ozy, bermaksud mo mulai. Kita ngangguk.
“Reff nya aja gapapa ye?” Tanya Ozy. Kita ngangguk.
Suara..ibu-ibu ngaji..
Bukannya ngaji, malah main judi..
Nanti, ditangkap pak polisi.
Dihukum mati,suruh gantung diri~ (Hijau daun-gua lupa judulnya apaan)”
“Woahahaha, bagus, tuh..!” puji Deva. Ozy senyum pede, atau..kepedean? yahapajadeh. Ozy keluar barisan, nandain dia udah kena.
“ko-tak pos be-lum di-i-si. Ma-ri ki-ta i-si, de-ngan i-si-i-si-an. Mpok I-jah min-ta a-pa?”Deva kenaa!
“Okee! Kita denger Ungu, Hampa Hatiku a la Anak Agung Ngurah Deva Ekada Saputraa!” teriak Deva semangat.
“Reff nya aja?” Tanya Deva. Kita ngangguk. Se album lu nyanyiin ampe bibir lu somplak trus bisa diloakin juga gapapa Dev!
Pernahkah ke neraka, hati pun hancuurr…
Pernahkah ke neraka, hati pun gosong!
Pernahkah ke neraka, oh jangan sampee!
Pernahkah ke neraka, ntar pasti go-soong~” kita cengo. Mo tau apa yang barusan terjadi? Tanya ama penulis, oke? Kita ga dihonorin buat ngejawab..
“Oke, dah Devaa…gua suka gaya lo! Gua beli, gua beli..” puji Ozy. Deva keluar barisan. Sisanya tinggal gua ama Ray. Untung, gua udah nyiapin lagu.. hoho..
“ko-tak pos be-lum di-i-si. Ma-ri ki-ta i-si, de-ngan i-si-i-si-an. Mpok I-jah min-ta a-pa?” weits, Ray deh yang kenaa..
“Ehem, siap nih? Suara gua bisa bikin se RT pingsan gara-gara jantungan soalnya.” Ujar Ray.
“Diihh…? Kepedean lo! Ude, nyanyi aja susah amet ye?” bales Ozy.
Tak bisa kah ku membunuhmu..?
Agar kau cepat-cepat mati..
Tak bisa kah kau menuntunku..?
Menemaniku membunuhmu..(peterpan-Tak Bisakah)”
“Hagzhagzhagz..lumayan..oke, tinggal elu, Vin! Kaga usah diundi! Ayo, nyanyi!” kata Ozy. Ekolahkalobagetoh..
Jangan lo ngeliatin gue lagi
Gua ngga suka diliatin gitu
Gua tau gu-a ca-kep
Gua ngga mau kebawa esmosi
Jangan biarin gua ngambek lagi
Gara-gara lu li-a-tin(Orkes sakit hati)”
“Wee! Lagu gua itu Vin!!” bentak Ozy.
“Hahaha, siapa yang ngelarang?!” bales gua.
“Narsis amat lu Vin! Tumben!” celetuk Deva.
“Yah, sekali-sekali, kek. Gapapa dong!” jawab gua.

>>>MALAM HARINYA, PUKUL 22.47 WIT, 21.47 WITA, 20.47 WIB/font>

“Alvin?” panggil Deva.
“Apa?”jawab gua.
“Belom tidur?”
“Ga bisa tidur gua.”
“Jam berapa sih Vin?”
“Jam setengah sebelas lewat.”
“Oh. Eh, si Ozy udah tidur?”
“Mana Ozy?”
“Sebelah elu itu, benga!”
“Heh? Mana? E iya, sebelah gua. Au, deh. Tapi daritadi mendesah mulu. Kayaknya belom, tuh.”
“Woy, belom pada tidur?” bisik Ray.
“Belom. Kaga bisa.” Jawab Deva.

Tiba-tiba, Ozy bangun, trus duduk di kasur. Tapi munggungin gue, jadi ga keliatan mukanya.

“Belom tidur, Zy?” Tanya Ray.
“Hmmff..” jawab Ozy.

Ozy berdiri, trus jalan ke arah pintu. Tapi lampu kamar dimatiin, jadi ga keliatan mukanya.

“Mo kemana, Zy?!” panggil Deva.
“Hmmmff..” jawab Ozy lagi.
“Woy, tu anak ngigau? Ikutin, yuk! Ntar bisa ngigau nyampe Jakarta!” suruh gua.
“Iya! Ayo!” bales Ray+Deva.

Lampu ruang tengah masih nyala. Ozy jalan ke dapur. Ray berusaha ngeliat mukanya Ozy, dan ternyata emang..

“Oi, merem lho!” ujar Ray.
“Hah?! tenane?” Tanya gua, tapi kenapa pake bahasa jawa, ye? Apajalah..

Ozy ngambil, gelas. Ngisi gelas itu pake air, terus diminum.

“Ha? Eh, woi. Masa ngigau minum, sih?!” Tanya Deva.
“Mana gua tauu!” jawab gua.

Ozy jalan ke ruang tengah. Ngidupin TV, terus duduk di sofa. Abis itu ga bergerak. Berarti udah tidur ye? Apa nonton TV dalam tidurnya? Aah, aneh emang nih si Ozy!! Setelah sekitar 15 menit, Ozy berdiri, jalan ke kamar cowok, terus tidur lagi.

“Misi selesai.” Kata Deva.
“Ehm, tadi Ozy beneran ngigau?”Tanya gua.
“Iya! Tadi gua udah liat, kok! Merem!” jawab Ray yakin.

>>>PAGI HARINYA, PUKUL 7.32 WIT, 6.32 WITA, 5.32 WIB/font>

Kita baru sarapan bubur. Sekarang kita tepar. Tepar kenapa, ye? Kekenyangan? Orang tadi buburnya dikit, kok? Aah, ni penulisnya gimane sih? Hhmm, gua masih kepikiran tragedi ngigaunya Ozy semalem..sekarang dia(Ozy) lagi nonton TV bareng Deva, Ray, Olivia, Dea, Nyopon, ama Rizky. Gua lagi di teras bareng Lintar, Rio, dan Keke..akhirnya gua samperin tu anak ke depan TV..

“Eh, Alvin. Darimana aje lu?” sapa Nyopon.
“Dari teras.” Jawab gua seadanya. Emang bener kan?
“Gua masih pegel nih gara-gara abis dari Jaya Wijaya kemaren!” ujar Ray.
“Iya, gua capek banget nih.” Jawab Ozy.
“Sama! Gua juga! Semuanya kali kayak gitu!” tambah Rizky.
“Apalagi gua..abis hiking gendongin anak ilang!” kata gua. Si Deva langsung merengut. Tau mukanya monyet ekor panjang? Nah, kira-kira kayak gitu *dihajar Deva+FreenDS*
“Eh, temen-temen..” ucap Ozy pas lagi enak-enakan nonton SpongeBob Squarepants.
“Kenapa?” Tanya Nyopon.
“Tadi malem…” lanjut Ozy. Gua, Deva, Ray pandang-pandangan.
“Gua ngingok ga?” Tanya Ozy. Gua, Deva, Ray pandang-pandangan lagi. Terus gua ngangguk ke Ozy.
“Hah?! beneran?! Astaghfirullah…lu pada ngeliat ye?” Tanya Ozy lagi.
“Iya, Zy! Gua, Alvin ama Ray ngeliat lu ngigau! Jam sebelas kurang!” jawab Deva.
“Ngigau apaan, sih?” Tanya Nyopon ngigub.

“Biar gua tebak, pasti gua ngingoknye minum, terus nonton TV?!” tebak Ozy.
“Iya! Kok lu tau? Setengah sadar ye?” Tanya Ray.
“Bukaan! Kalo gua kecapean, pasti malemnya ngingok gitu!” jawab Ozy.

>>>30 MENIT KEMUDIAN/font>

“Anak-anaaaakk!! Ayo lari pagiii!!” ajak Pak panitia.
“Hah? ada, tuh pak? Lari pagi jam 9?” Tanya Rio.
“Kalo gada, adain! Susah amat! Ayo, pake sepatu kalian! Kita lariii!!”

Anak-anak kelas 7.3 + Cakka dan Obiet keluar, make sepatu, terus ngikutin pak panitia lari. Pertama lari nyusurin gang, ngelewatin perkampungan, terus muterin lapangan. Eh, bentar? Perasaan daritadi yang kuat lari terus gua doang ye? Iya, dong! Mantan atlet bola mesti kuat lari!

“Oke, kita istirahat di lapangan ini!!” perintah pak panitia. Kita langsung duduk-duduk di lapangan rumput itu.
“Kalo istirahat abis olahraga, duduk, kaki dilurusin, trus badan tegak.” Jelas gua ke Deva.
“Emang kenapa?” Tanya Deva
“Kalo kaki ditekuk, nanti malah kesemutan. Ngga enak, kan? Kalo badan ngga ditegapin, perut bisa keteken, terus malah susah napas.” Tambah gua.
“Ooh, gitu.” Kata Deva sambil ngelurusin kakinya+negakin badannya.
“Kok, lu tau banyak Vin? Pinter niihh…??” goda Deva.
“Bisa aja lu. Kan gua baca skenario.” Jawab gua tenang.
“Yee..giliran kata-katanya berilmu, baca skenario!” ujar Deva.
“Iyalah! Mana gua tau hal-hal kayak gituu!!” bales gua.
“Ayoo! Kita lari lagi! Bakil ke penginapaan!” suruh pak panitia.
“E buset! Belom ada 1 menit kita duduk di sini!” sergah gua.
“Hadeehh, bentar, pak! Tarik tambang dulu, pak..” ujar Ray.
“Tarik tambang? What the kamsud?” kalo yang ini lo pada mestinya udah tau siapa yang ngomong, ye..?
“Kamsud gue…tarik napas!!” jawab Ray.

>>>DI PENGINAPAN/font>

Kita ngelepas sepatu dan istirahat. Daud, Nyopon, Lintar, Rizky, tepar di teras. Rio, Keke(asal ada Rio, pasti ada Keke!), Nova, Olivia, Dea, Zevana duduk-duduk di ruang tamu. Gua, Deva, Ray, Ozy langsung nonton TV di ruang tengah. Haha, kita jadi CS-an, ye..?

“Deva..lu bisa nyari tempat lain buat tidur ngga?” Tegur gua.
“Ngga, Vin..ngga ada.” Jawab Deva tenang.

Gua yang duduk nyantai di lantai, dengan nyamannya nyender di sofa dan kaki diselonjorin dengan nikmat, Deva tiduran LAGI di paha guaa! Rasa santai, nyaman dan nikmat gajadi gua rasain..huhu..

“Jam berapa, sih?” Tanya Ozy.
“Nih, jam 10.03.” jawab Ray sambil nunjukin layar hapenya.
“Oh.”
“Anak-anak! Nih, saya mo bagiin makanan! Ayo ngantri!” teriak pak panitia.

Kita langsung ngantri dengan tertib, rapi, tidak rusuh dan tidak anarkis. Entah apa tau ye yang bikin Ray ama Ozy jadi kompak gitu. Mereka baris di barisan belakang. Tapi gaya baris mereka.. kayak orang lagi ngantri di toilet umum dan udah kebelet banget..

“Ehm, maksudnye apa nih..?” Tanya gua, yang kebetulan baris di depan mereka.
“Woi..ini, cepet dong..!” rintih Ozy.

Mo tau gaya mereka..? kira-kira gini, bayangin aja orang yang lagi kebelet, lagi ngantri di toilet dan antriannya..panjang. atau lebih detilnya : muka, meringis ; kedua telapak tangan diapit di tengah paha ; lutut ditekuk ; badan bungkuk. Udah kebayang? Coba aja praktekin..kira-kira gitu, deh..

>>>BEBERAPA HARI KEMUDIAN/font>

“Oke, kalian udah siap? Soalnya kita mo pulang.” Tanya Pak panitia.
“Iya, pak. Kita semua udah siap.” Jawab Rio.

>>>SESAMPAINYA DI RUMAH MASING-MASING< *sori, sob. Ide gua abis nih.*

“Eh, Alvin udah pulang..” sambut Oma begitu gua menginjakkan kaki di surga, ehm, rumah.

Alvin dengan tatapan ‘STAY COOL’ nya+muka sayunya cuma mandangin Oma. Diem. Setelah beberapa hari sampe lumutan, eh, ngga deng, beberapa menit kemudian, Alvin terjatuh. GEDUBRAAKK!! KRUMPYAAANNGG!! JEDEEEERRR!! CTAAAAARRR!!! GRRUUUUOOOOOOO!! HATCHUUUHH! Kira-kira gitu suaranya. Alay banget dah gua. Hahaha :D

“Alvin?! Alvin?! Kamu kenapa, nak?!” Oma Lani menggoyang-goyangkan tubuh Alvin. Alvin diem.
“Kenapa Oma?” Tanya Cce Nia yang muncul dari ruang tengah.
“Ini..Alvin..” jawab Oma yang mulai panik.
“Lho? Alvin kenapa?! Pingsan?!” Tanya Cce Nia panik.
“Ce Tasyaa!! Ce! Cce!!” panggil Cce Nia.
“Kenapa, Ni..? WAAA!! Alvin kenapa?!” Tanya Cce Tasya ngikut panik.
“Kayaknya pingsan..ayo, angkat ke kamarnya!!”

Cce Tasya+Cce Nia menggendong Alvin ke kamarnya.  di kamar, Alvin diselimuti dan mulai diperiksa.

“Ngga panas, tuh..kecape’an kali..?” Tanya Cce Nia.
“Iya. Pasti kecape’an.. udah ayo kita tinggal dulu. Biar Alvin istirahat.” Jawab Cce Tasya.

Lalu mereka meninggalkan kamar Alvin dan melapor pada Oma kalo Alvin cuma kecape’an.

“…ngga ada orang..?”

KLIP! Satu mata gua kebuka.

“….aman..?”

KLIP! Mata gua yang satu lagi kebuka. Haha, lumayan digendong ke kamar. Hahaha, ketipu mereka. Yes, gua bisa ngejailin mereka dan bikin mereka panik beneran! Wakakaka! Pembaca gimane? Kaget ga tadi? Udah cemas belom?

“GR LU!” bentak penulis yang tiba-tiba menggeplak kepala gua pake laptopnya.
“Apaan, sih?! Kamera lagi on, neh!” bales gua.
“boam! Toh cerita ini punya gua juga!”
“Yee! Tapi lu ga termasuk pemain! Sono, pergi yang jaauuhh!!”
“Oke, gua cabut!” sang penulis langsung keluar dari kamar gua setelah mengibaskan jilbabnya yang tajem ke muka gua.

>>>HARI SENIN, MASUK SEKOLAH!!

“Alvin, minjem PR dong.” Pinta Deva waktu gua baru mo duduk di kursi.
“PR apa?”
“Fisika.”
“Aah, yang itu ga terjamin jawabannya.”
“Gapapa, gua bukan ga ngerjain, tapi belom selese.”
“Oh, yaudah. Nih.”
“Horeee! Maaciihh..Koko..!”
“Guru fisika-nya ngga dateng.” Kata Rio tiba-tiba. Deva langsung balikin bukunya ke gua.

>>>PAS PELAJARAN FISIKA, SEORANG GURU MASUK KE KELAS/font>

“Kalian di sini udah ada yang pacaran?” hah? ada-ada aja nih guru? Rio dengan pedenya tunjuk tangan.
“Saya, bu.”
“Oke, mana pasanganmu..?” Rio menunjuk Keke.

Mereka berdua disuruh maju ke depan. Eeh, ternyata ada yang lain lhoo! Nih, selain Rio-Keke, ada Lintar-Dea, Nyopon-Olivia, ama Deva-Zevana. Setelah semua maju ke depan, mereka disuruh duduk lagi.

“Kok kalian udah pada pacaran, sih..?” Tanya guru itu. Walhasil bikin para couple kelas 7.3 bingung.
“Yah..namanya juga saling suka, bu.” Jawab Ozy sekenanya.
“Wow, tumben omongan lu bener?” Tanya Nyopon.
“Woy! Lu kata selama ini omongan gua salah mulu?!” bales Ozy.
“Huuss, ko malah pada berantem, sih..ehm, emangnya seumur kalian udah boleh pacaran..?”
“Ga boleh kali bu.” Jawab Ray.
“Trus, emangnya orangtua ngizinin..?”Tanya guru itu lagi.
“Kan udah dapet SIM bu.” Jawab Deva.
“SIM? SIM apa?”
“Surat Izin Mamah.”
“Hah? hahaha, kayak apa tuh Surat Izin Mamah?”
“Transparan, bu. Hehe..”
“Iya, bu. Transparan kayak dalemannya Deva.” Celetuk Ozy.
“Hah?! apa lu bilang?! Daleman gua transparan?! Lu kata gua apaan, woy! piiiiip

“Dev, ternyata lu bener jadian ama Zevana..?” Tanya gua pas istirahat.
“Iye. Emang kenapa Vin..?” Deva balik nanya.
“Kok kayaknya kurang cocok ya kalian.”
“Apanya yang kurang? Kurangnya di gua apa Zeva?”
“Ya elu lah.”
“Apanya yang kurang dari gua?”
“Tinggi badan.”
“Hah?! apa tuh maksudnye?!”
“Haha, becanda, Dev..”
“Devaa!!” panggil Ray yang dateng bareng Ozy.
“Kenapa sob..?” Tanya Deva.
“Ehm, gua minta PJ dong..” pinta Ray.
“Iya Dev, biasanya kalo ada yang baru jadian lu minta PJ? Gantian dong.” Tambah Ozy.
“Minta aja dulu ke Rio sono!” suruh Deva.
“Udah, kok. Nih, kita dapet goceng.” Pamer Ray sambil melambaik-lambaikan selembar uang lima ribu.
“Oh, nih. Dua rebu aja ye.” Ucap Deva akhirnya sambil mengeluarkan 2 lembar dua ribuan dari saku baju-nya.
“Yah, miskin amat lu. Yodah, gapapa deh. Thanks ya Dev!” ujar Ozy. Lalu mereka pergi ke kantin.
“Nasib orang baru jadian Dev.. hahaha”

>>>BEBERAPA HARI KEMUDIAN/span>

“Si Nova kenapa tuh??” Tanya Ozy bingung.
“Gatau juga gua. Emang kenapa, sih?” Deva balik nanya.
“Gimane lu?! Daritadi si Nova ngambek-ngambek sendiri dan beberapa kali nyebut nama gua!” jawab Ozy.
“Hari ini ‘kan, Nova ulangtahun.” Sambung gua.
“Hah? masa, sih? Tau darimane lu Vin?” Tanya Ozy.
“Tadi gua dikasitau Keke.” Jawab gua.
“Ooh. Kalo gitu, minta PU yok?” ajak Ozy.
“PU? Apaan lagi tuh?” Tanya gua ngigub.
“Pajak Ultah, hoho..”

Ozy bergegas jalan menuju neraka, ehm, Nova. untuk minta PU pastinya..

“No~va~” panggil Ozy. Sekilas muka Nova keliatan senang.
“Ya? Ozy-ku?” E buset, Ozy punye lu Nov?
“Hari ini lo ultah ye?”
“I..iya..!”
“Selamat ya.” Ozy menyalami Nova. Nova cengar-cengir kelewat seneng.
“Iya, makasih..”
“Yang keberapa?” ciaelah…sok basa-basi banget si Ozy?
“Ehm, bentar..” Nova ngambil kertas+pulpen. Trus ditulisin 2010-1998=…. E buset, pake ngitung lagi tu anak?masa umur sendiri ga tau?
“Ehm, ke-12 Zy.”
“Oh, ke-12 ya..by the way on the way bus on way.. PU-nya dong?”
“Ooh, nih!” Nova mengambil selembar goceng dari saku-nya.
“Buseeet..! tebel tuh Nov!”
“Hahaha, iya dong..kan lagi ultah, dapet duit banyak getoo.. trus goceng itu, aku siapin khusus untuk Ozy-ku tertayaaang..” Ozy mulai jiji.
“Ehm, oke deh. Thanks, ya.”

Ozy mencium-cium Nova, eh, duitnya dengan bangga. Lalu menghampiri kami dengan gaya sok-sok’an gimana gitu.

“Nih, goceng gan..!” pamer Ozy sambil lambai-lambain uang goceng itu.
“Goceng aja bangga!” sindir gua. Ozy terkekeh.
“Bagi cendolnya gan.” Pinta Deva.
“Ga punya gan, sori..tetep PERTAMAX aja pokoknya!” jawab Ozy yang kemudian ber-high five dengan Deva.

“Eh, ngomong-ngomong katanya si penulis udah waras, ya?” Tanya Deva.
“Ngg, gatau, deh. Akhir-akhir ini dia mulai bikin cerbung iseng-iseng tapi yang sinetron..” jawab gua seadanya.
“Hahaha, pejwan ga?”
“Iya lah. ada sih yang ga pengen dia lanjutin tapi malah dikomentarin orang ! tokoh utamanya gue gituu!!”
“Aaah! Si penulis bikin cerita kebanyakan tokoh utamanya elo, Vin!”
“Dih? Kata siapa? Ada satu, kok yang bukan gua.”
“Kan gua bilangnya kebanyakaaann.. bukan semuanya !”
“Oh? O, oh iya, yaa.. hahaha. Oon juga nih gue.”
“Huh, pokoknya gua mo minta gua dijadiin tokoh utama!”
“Iya, Dev. Judulnya Deva si Bego.”
“Jiji!! Gamauuu!! Mending judulnya ‘Kisah cinta Dedev Zezev’ aja! Hahaha..”

Krik krik krik krik krik….

“Kebanyakan bacot, lo.” Ejek gue.
“Sialan lo!” bantah Deva.
“Lha? Siapa yang ngomong sama lu?”
“…..”
“Kicep daahh… Deva.. Deva.. kamu nih, emang gampang kicep! Wooo! Sama kayak gue, sih..”
“Woooo!!! Alvin payah, ah!”

“Eh! Eh! Masa kemaren kakak gue ditilang!” cerita Ozy.
“Ditilang kenapa?” Tanya gua penasaran.
“Kan dia lagi di jalan raya, dia tuh udah pake helm, jaket, bawa SIM, STNK. Pokoknya udah lengkap, deh! Pas lagi ngelewatin polisi, dia malah ditilang!”
“Lho? Kok ditilang?” Tanya Deva.
“Nah itu dia! Kakak gua udah protes sama polisinya! Tapi sama polisinya tetep ditilang!”
“Nah loh? Tu polisinya buta, ya?!” Tanya gua juga.
“Bukan, kakak gua yang oon! Udah make helm ama jaket, udah bawa SIM, STNK.. tapi..”
“Tapi..?” Tanya gua ama Deva barengan.
“DIA LUPA BAWA MOTORNYA !!”

>>>KETIKA PELAJARAN TERAKHIR/span>

Seorang guru masuk ke kelas. Guru apa lagiii ini..? ntar kalo ada apa-apa dan koneksi jaringan kewarasan penulis putus lagi gimane..?

“Selamat siang anak-anak.” Sapa guru itu.
“Selamat siang buuu.” Jawab kami.
“Ini pelajaran terakhir, harusnya Bahasa Inggris ya..?” Tanya guru itu.
“Iya buuu.”
“Gurunya ngga dateng ya??”
“Iya buuu”
“ngga dititipin tugas ya?”
“Iya bu..”

Loba omong sia! Lha? Bentar, gua kan orang jawa, penulis juga orang jawa, kenapa jadi sunda? Whatever lah. sing penting crita iki iso lanjooot!

“Kalian di sini ada yang ketagihan sesuatu ngga?” Tanya guru itu. Semuanya tunjuk tangan. Akhirnya disuruh ngejelasin satu-satu disertai alas an.

=>Rio:”Saya ketagihan belajar Bu. Soalnya saya pengen pinter.”
=>Olivia:”Saya ketagihan nyanyi rock, Bu. Soalnya kalo bukan rock, suara saya serek bu.”
=>Rizky:”Saya ketagihan make gel buat rambut, Bu. Soalnya kan, biar keren Bu..”
=>Nyopon:”Saya ketagihan berenang, Bu. Abisnya, saya kan anak nelayan.. jadi akrab ama laut gitu..”
=>Lintar:”Saya ketagihan ngaca bu. Buat ngeliatin tampang ganteng saya.”
=>Zevana:”Saya ketagihan maen bass sambil bengong, bu. Gatau deh kenapa.”
=>Keke:”Saya ketagihan nguncirin rambut, bu. Soalnya kalo dikuncir rambut saya ngembang, rambut saya tipis bu..”
=>Ozy:”Saya ketagihan gila-gilaan bu. Haha, saya kan humoris..”
=>Alvin:”Saya ketagihan maen bola, bu. Soalnya saya mau jadi pemain bola.”
=>Ray:”Saya ketagihan maen drum Bu. Daripada mukulin panci, Bu..? saya kan pengen jadi drummer juga..”
=>Deva:”Saya ketagihan nari bu. Soalnya itu udah hobi..”
=>Dea:”Saya ketagihan ganti-ganti lensa kontak bu. Biar tetep keren lah..”
=>Daud:”Saya ketagihan bersemedi, bu. Bisa sekalian tidur soalnya. ”
=>Nova:”Saya ketagihan ngomong ama boneka bu. Soalnya saya ngerasa benda mati itu hidup.”

“Hmm, oke. Beberapa jenis ketagihan kalian, ada beberapa yang nggak baik.” Ujar bu guru.
“Jadi, buat yang ketagihan sesuatu yang nggak baik harus gimana, bu..?” Tanya Rio.
“Ibu anjurkan untuk konseling.” Tiba-tiba Ozy angkat tangan, mau nanya.
“Ya, nak? Ada apa..?”
“Kalo orang ketagihan konseling gimana, bu?” Tanya Ozy yang dalam sekejap bikin guru itu bingung.
“Hmm, sebaiknya konsultasi ke pakarnya.” Jawab guru itu. Ozy kayaknya nahan ketawa, tuh. Ga sopan.. guru itu kayaknya juga rada nahan marah ke Ozy. Jadi dia ngeliatin Ozy.
“Kenapa ngeliatin saya mulu, bu? Perlu konseling?”

Jam di kelas udah nunjukin pukul 07.10.  Berarti 5 menit lagi masuk. Tapi, Ozy, sohib gua yang paling edan binti gendheng bin gila bin sarap itu belom dateng. Padahal biasanya dia tuh yang paling pagi. Pas lagi enak-enaknya bengong sambil ngeliatin kipas angin muter-muter di atas kepala gua, Obiet, senior gua yang BOLOT itu ngetok pintu 7.3

“Alvin, sini sob.” Panggil Obiet SKSD. Dih?
“Siapa ya?” Tanya gua pura-pura gatau.
“Blagu lo. Jalan ke sini aja susah amat?!” akhirnya gua samperin sebelum meledak. Apanya yang meledak? Hanya Tuhan yang tahu. Gua ga mo tau.
“Apaan?”
“Si Ozy sakit, nih. Gua dititipin surat.” Obiet nyodorin selembar amplop ke gua.
“Ini surat sakitnya Ozy?”
“Iya gua dikasih tadi pagi ama kakaknya Ozy.”
“Ozy sakit apa?”
“Iya dia emang jarang sakit, Vin. Biasanya sehat.”

Nyambung ga? Nyambung ga? Kambuh deh..boam ah peduli amat sih.

“Hmm, yaudah deh Biet. Thanks ya.”
“Oke, Vin. Gua cabut ya.” Obiet langsung jalan ke belakang, area kelas 8. Gua langsung jalan ke tempat temen gua yang paling pinter se-antero jagad. Eh, jangan deh. Se-kelas 7.3
“Mario..” panggil gua sambil ngibas-ngibasin suratnya.
“Kenapa, Vin? Siapa yang ngga masuk?”
“Ozy. Nih, suratnya.”
“Hah? Ozy..? sini, suratnya.”

Rio membaca surat itu. Terus dicatat di buku agenda.

“Vin, lo tau rumahnya Ozy?”
“Tau.”
“Ntar pulang sekolah kalo bisa tengokin ya?”
“Hmm, oke.”

>>>PULANG SEKOLAH/font>

“Alvin! Mo nengok Ozy, ya?” tanya Deva
“Iya.”
“Kita ngikut dong?” tanya Ray.
“Oke. Ayo. Eh, bentar gua SMS Ozy dulu.”

To:Achmad Fauzy Adriansyah gendheng
Zy, gw, Dedev ama Ray mo ke rumah lo!

Tak berapa lama kemudian Ozy bales..

To:Alvin Jonathan Kodok-kodokan
Itu roti atasnya raisin
Makan sendiri ga bagi-bagi
Ga usah pake minta izin
Ke sini aja lagi

Hahaha, Ozy maen pantun nih sekarang!

To:Achmad Fauzy Adriansyah gendheng
Oke, gw ke sana sekarang! Lo lg di rmh kan?

To:Alvin Jonathan Kodok-kodokan
Itu odol berbunyi cekit-cekit
Iya dodol org gw lg sakit!

To:Achmad Fauzy Adriansyah gendheng
Ok, see you soon!

Perumahan HampKay.. RT 017.. Jalan Oh Tidak.. nomer.. nomer berapa, sih? *scroll page ke part 5* nomer 17. Oke!! Sampe di rumah Ozy~

“Ozy!! Maen yuk!” panggil Deva.
“E buset! Ngelawak lo! Kita mo jenguk, bukan maen!” sergah gue. Tiba-tiba seseorang yang gue kenal keluar kamar, yap, ibunya Ozy!
“Cari Ozy, ya?” Tanya ibunya Ozy. Kita ngangguk.
“Iya, tante. Ozy-nya ada kan?” Tanya gua.
“Hmm, Ozy lagi gantiin tante arisan. Ntar pulangnya maghrib.”

GUBRAAAAKK!! Tiang listrik jatoh langsung. E buset dah!

“Tante.. serius..?” Tanya Ray heran.
“Ngga, lah.. Ozy ada di dalem. Masuk, yuk.”

Kami masuk ke dalem rumahnya Ozy. Ibunya Ozy langsung nyuruh kita ke kamar Ozy di lantai dua. Sakit apa sih Ozy..?

TOK TOK TOK

“Ozy..buka dong?” panggil Deva.
“Buka aja kali pintunya.” Usul Ray.

Akhirnya Deva memutar kenop pintu dan fwala! Ngga kekunci! Terlihat Ozy duduk di kasur dan kakinya masih ditutup selimut. Tangannya megang HP. Mukanya pucat. Bahunya turun. Rambutnya berantakan, pertanda baru bangun. Matanya sayu, nggak terang kayak biasanya. Lemes 98.05% Tapi gitu ngeliat kita, dia langsung tersenyum memamerkan giginya.

“Masuk, masuk. Tutup pintunya dong.” Suruh Ozy. Kami masuk dan gua nutup pintu kamarnya Ozy.
“Lo sakit apaan, Zy?” Tanya Ray.
“Kurang tau ya saya orang baru di sini.” Jawab Ozy sambil ngelebarin senyumnya.
“Sialan lo.” Ujar Ray sambil ketawa.
“Gua flu.. hahaha. Gatau juga, gua jarang sakit soalnya.” Jawab Ozy.
“Mo sakit, mo nggak, senyum lo itu masih bisa tetep lo jaga, Zy.” Gua berusaha ngehibur. Ozy mulai tersenyum lagi, senyum malu.
“Hahaha, kodok bisa aja…” ujar Ozy.
“Iya, Zy. Senyum lo kayak malaikat!” tambah Deva.
“Iya bener.. senyum maut, tuh.. anak Freenzy histeris lho liat elo kayak gitu..” tambah Ray juga.
“Senyum malaikat.. senyum maut.. senyum malaikat maut, dong!” ujar Ozy akhirnya.

Kita diem-dieman selama 20,15 detik. Ahh, sepi. Ozy bener-bener keliatan sakit, kasian gua ngeliatnya…

“Zy, sekarang lo maen pantun ya?” Tanya gua membuka pembicaraan.
“Ada Maya bawa kedondong. Iya dong.” Jawab Ozy.
“Hahaha, gila! Jago, tuh!” puji Deva.
“Ada orang gila ditimpuk batu. Iya lah, gue gitu.” Aseekk.. Ozy, sakit-ga sakit sama aja..
“Lo sakit beneran kan, Zy?” Tanya Ray oon.
“Maya ngomongnya medok. Iya g***ok.” jawab Ozy ketus.
“Emang berapa suhu lo?” Tanya gua.
“Engg, gatau. Tadi kayaknya udah 93 koma..”
“Hah?! 93°?!”
“Salah, salah.. maskud gue 39 koma..”
“Ye..”
“Zy, liat hape lo.” Pinta gua. Ozy langsung ngasih hapenya tanpa ragu.

Dengan iseng gua liat daftar kontak.. nih beberapa : – Alvin Jonathan Kodok-kodokan – Oppa Deva Ekada – Muhammad Raynald drum panci – Mr.Chitato pupbay Haling – Halilintar Mahaputra dodol – Nova Chintya cewe rese – Cakka Kawekas BOLOT Nuraga – kak Shilla centhil – Gabriel Keke pacaRio – Obiet BOLOT Panggrahito

“Hahaha, ada aja lo ngasih nama kontak, Zy.” Sindir gua.
“Iya, dong. Mana yang paling kocak namanya?” Tanya Ozy.
“Yang kocak itu gua, Rio, ama Cakka.” Jawab gua.
“Hahaha, kalo Cakka gua bingung. Julukannya cuman BOLOT doang. Kalo Rio.. beuh, bejibun!”
“Apa aja?”
“Mr.Chitato, Pupbay, Mario ga bisa berenang, Mario bandul, Mario juragan jaket, Mario item pait, Mario jail, masih banyak deh pokoknya!”
“Kalo Rio denger, ngamuk lho..” goda Deva.
“Ngga, lah. dia kan penyabar.” Jawab Ozy.
“Trus dia juga dewasa.. tapi lebih berkesan sok dewasa..” ujar Ray.
“Bentar, kenapa jadi ngomongin KM?!” Tanya Ozy.
“Heh? Iya, ya..”

Kita diem-dieman lagi. Sumpaah! Ozy yang biasanya paling jago bikin suasana gak sepi malah sekarang kebalik 400°..eh, salah ya? Yang bener berapa,sih? Penulis oon bener dah.. tiba-tiba seseorang membuka pintu kamar Ozy ..

“OOOOOOOOOOOOOOZZZZZZZYYYYYYYYYY!! MY COUSIN!”

Oh tidak. Coba scroll dikit ke atas, deh pembaca. Liat daftar kontak di HP Ozy yang terakhir gua sebutin. Nah, itu orangnya.

“Ozy! Gimana kabar lu, dek? Baek? Masih sakit? Masih demam? Masih kesemutan? Masih pegel? Masih gatel? Masih sarap? Masih lemes?” jes gjes gjes gjess.. lo nanya apa narik kereta api jurusan Amrik?!
“Obiet! Lu nanya jangan kayak truk gandeng 5, deh! Sampe-ngomong-lagi-gua-gorok-leher-lu-pake-gembok!!” bentar? Ada ye gembok buat gorokin leher?
“Ehm. Yodah, apa aja deh. Gimane kabar lu? Udah baikan?” Tanya Obiet akhirnya.
“Ngga, sama aja.” Jawab Ozy lemes.
“Hmm, obatnya diminum kan?”
“Iya lah.”
“Pantesan! Makanya obatnya diminum! Biar sembuh!”

Nyambung ga? Nyambung ga? Gua tanya lagi pembaca, nyambung ga?

“Obatnya minum berapa hari sekali?” Tanya Obiet.
“3 kali setahun.” Jawab Ozy sengaja ngelantur.
“Siang tadi udah minum belom?”

Nyambung ga? Nyambung ga?

“Hmmhh. Belom.” Jawab Ozy akhirnya
“kok belom?”
“Kan dari pagi gua di kamar terus.”
“Hah?! lo udah sholat dzuhur belom, Zy?! Kalo belom, sini, gua sholatin!” ujar Ray. nah loh?
“Nyahaha.. sialan lo Ray..ya udah lah!”
“Lho? Katanya lu di kamar terus?”
“Ya gua sholat di kamar!”
“Wudhu nya?”
“Tayamum! Bentar, kenapa jadi berkelamin?”
“Gatau.. bentar, tadi  lo bilang apa? Berkelamin?” (ehm. Maaf. Kamsudnye berkelahi)
“Iya. Emang nape?”

Ray ngelirik penulis. Penulis ngelirik gua. Kampret dasar lo penulis sialan. Oke, gua lirik Ozy. Ozy lirik Deva. Deva lirik Obiet.

“Woi! Maksudnye apa, nih?! eh, Zy. Gua ambilin obatnya, ye.” Ucap Obiet.
“Apa kata elu, dah.” Jawab Ozy.

Obiet keluar kamar. Ozy mengehela napas, bahunya turun lagi.

JGEEEEERRRR!! CTAAAAARRRR!! DZIIGH! BUAKH!

“Suara apaan, tuh?” Tanya Ray sambil celingak-celinguk.
“Nada dering HP gua.” Jawab Ozy sambil liat layar HP-nya. E buset.. yang bener tuh Ozy..=..=

Kak Shilla centhil is calling

“Halo? Iya …..Baru dateng ….. nggak, lagi ke bawah …. Males ngasihnya, kak …... Aahh, ntar kalo udah balik gua suruh nelpon, deh …. Mana gua tau! … yaudah terserah lo, kak ….. OK, bye.”
“Siapa?” Tanya gua.
“Shillaa….” Jawab Ozy sambil mainin HP-nya.
“OZY!!” Obiet masuk sambil bawa beberapa kotak obat + 1 gelas air minum.

Tunggu, Obiet bawa 4 kotak obat. Di dalemnya bermacam-macam obat tablet dan kapsul, yang masih dibungkus, pastinya.

“Biet.. ngapain lo bawa bejibun ga karuan gitu?”
“Iya, Zy! Berat banget!”
“Dodol! Dodol! OBIET BOLOOOOTT!!”
“Hah? ngga, Zy. Deket sini ga ada yang jual dodol. Jauh.”
“….bolot lu, dasar.”
“Iya, Zy. Gue bawain obat segini banyak buat lo.”
“Jangan sampe gua geplak pake gembok lu, Biet!!” perasaan daritadi gembok mulu..?
“Apa, sih?! Lo mo make gembok buaat ngunci pintu kamar lo?!”
“Au ah.. males lama-lama gua ngeladenin lo.”
“Zy, sebenernya gua bawa obat segini banyak soalnya gua gak tau obatnya yang mana.”
“jiiaaaahh… tape deeehh!!”
“Hah? Zy, banyak maunya lo.. tadi dodol, sekarang, tape..”
“Obiet Panggrahitoo…kan elo bisa nanya ke emak guee.. hmm? Kenapa ga nanya, Obiet? Sepupu-gue-yang-paling-BOLOT?!”
“Terserah lo, Zy!! Nih, cari sendiri obatnya!”

Ozy dengan bersungut-sungut mulai mengacak-ngacak kotak obat itu satu-persatu. Setelah kotak ke-4 Ozy masih belom nemu obatnya. Dia ngelirik Obiet  dengan sinis dan penuh ancaman.

“Obiet-Panggrahito-sepupu-gue-yang-cakep-tapi-BOLOT-obatnya-kaga-ada-di-sini-TAU !!”
“Oh? Baguslah. Ayo cepet diminum biar sembuh.”

DHUUUUUUUUUUAAAAAAAAAAAAARRRRR!!

Terdengar suara ledakan yang besaar dari kepala Ozy. Obiet yang takut langsung keluar dengan membawa ke-4 kotak obat yang dibawanya tadi.. sementara Ozy cuma bisa terlentang lemes di kasur..

“Ehm, Zy. Gue aja deh yang ngambilin obatnya.” Tawar gua sambil jalan ke pintu. Ozy langsung duduk.
“Waa! Ngga usaah!”
“Gapapa.”
“Udah, lah Vin.. ga usah.. ngerepotin aja.. biar gue ambil sendiri.” Ozy pun turun dari kasurnya.
“Gapapa, nih Zy? Lo kan belom sehat?” Tanya Ray.
“Emang ga sehat, bukan berarti gua harus dilayanin!” jawab Ozy yakin.

Ozy jalan tertatih-tatih keluar kamar. Lalu berdasarkan pendengaran gua, Ozy udah berhasil turun ke bawah dengan sukses..

1 menit..
2 menit..
3 menit..
4 menit..
5 menit..
……

“Woi, Ozy kemana, nih? Masa minum obat doang segini lamanya?” Tanya Deva.
“Gua liat dulu ya.” Tawar gua lagi. Ray Deva ngangguk.

Dan betapa kagetnya gua..ngeliat Ozy lagi terduduk lemes di tangga.. padahal itu baru anak tangga ke 6 ato 7. Tapi kayaknya dia udah ga kuat.

“Ozy?! Lu gapapa?” Ozy ngangkat kepalanya.
“Ahh.. gua ga kuat naik lagi, Vin.. kepala gua berat banget..”
“Obiet kemana?”
“Pulang.. tadi Shilla nelpon lagi, katanya ban mobilnya bocor, jadi ga bisa jemput. Jadinya mak gua yang nganter Obiet.”
“Oh.. yodah, gua bantuin naik!”
“Ngga, Vin.. gua lagi nunggu keajaiban..”
“Ha? Keajaiban apa..?”
“Siapa tau tiba-tiba gua diterbangin sampe kamar.. ato superman/spiderman dateng bantuin gua naik..”

……

……

GUBRAAAAAAAAKK!! Kepala gua miring dan gua jatoh terjungkal ke bawah. Untung belom tinggi!!

“Vin..lo..gimana, sih.. mo bantuin gue, malah jatoh..PAYAH. lama, lo. Ude, ah. Gua naik sendiri.” Ozy berdiri. Gua pengen nyegah, tapi dia udah naikin tangga itu satu-satu sampe atas. Gua dengan kaki cenut-cenut ngikutin dia ke kamar.

“JAATOOOHH??” Tanya Ray+Deva ga percaya.
“Iya, bego banget ya si Alvin..” tambah Ozy.
“Iya, nih Alvin.. mo bantuin orang malah jatoh..” sambung Deva.
“Alvin takdirnya ga bagus, nih..” Ray ngikut.
“Bukan cuman badan gua yang jatoh! Harga diri gua jatoh juga!” bentak gua.
“Harga diri jatoh? Jadi berapa?” Tanya Ozy. Heh, tambah capek gua ngeladeninnya.

“Zy, kita pulang dulu, ya..” pamit gua.
“Makasih, Zy! Makasih tante..” sambung Deva.
“Daah..makasih ya! Assalamualaikum!” tambah Ray. Ozy melambaikan tangannya. Ibunya juga…

>>>ESOK HARINYA DI SEKOLAH

“Haaaaiii!!”

anak itu masuk kelas. Matanya terang. Alisnya terangkat seperti biasa.. senyumnya mengembang bak malaikat maut. Rambutnya yang tebel tertiup angin. Dengan gaya anak yang belom waras dia menuju mejanya dan duduk di kursi.

“Lu udah sembuh…Ozy..?” Tanya Rio.
“Hahaha, menurut lo…?” Ozy balik nanya.
“Hmm, udah, sih..”
“Yodah. Ga usah kasih komentar apa-apa lagi. Ngasih komentar di FB/Twitter aja. hahaha”

Nova nyamperin Ozy. Ozy belagak biasa. Nova nempelin punggung telapak tangannya ke dahi Ozy (entah kenapa gua bayangin kalo Nova nempelin punggungnya ke jidat Ozy xD)

“Ozy.. lo masih panas..” kata Nova.
“Boam. Gua pengen sekolah.”
“Kok ortu kamu ga ngelarang..?”
“Gua boong.”
“Boong? Boong gimane?”
“Gua bilangnya gua udah sembuh.. padahal belom”
“Kok gitu?! Ntar kalo kenapa-kenapa gimana?”
“Udah.. kenapa lo yang panik, sih..gua sendiri kok yang bakalan bertanggung janab.”
“Ada juga bertanggung jawab, kali..”
“Boam. Suka-suka gua, ah.”
“Ish.. tapi kalo ada apa-apa aku pasti jagain kamu, Zy!”
“Ga usah Nov.. di mana-mana adanya cowok yang ngejagain cewek..”
“Sekali-sekali.. kan aku sayang kamuu..”
“Oh.. ok deh. Haha.”


“Ozy, ntar kalo pusing ke UKS aja, ya.” Pesan Rio pas istirahat. Ozy ngangguk pelan.
“Eh, Alvin, Deva, mo ke kantin..?” Tanya Ozy.
“Iya. Kenapa?” Deva balik nanya.
“Nitip, dong.”
“Nitip apa..?”
“air mineral yang gelasan. Gopek sisanya buat lo berdua. Pajak jalan.” Pinta Ozy sambil nyodorin duit seribu.

Kita jalan ke kantin.

“gopek mo diapain, Vin..?” tanya Deva.
“Beli aja permen. Kan dapet 4 tuh. Gua 3 lu 1.”
“Heh! Dapet dua-dua doongg…”
“Becandaa.. percaya aje lu.”
“Iihh.. koko gituu..”

“Ozy, nih minumnya.”
“Oke, thanks Oppa Kodok.”

Tak lama kemudian Nyopon dateng sambil bawa seplastik siomay. Dia nggak duduk di sebelah Ozy, tapi duduk di depan kelas sambil selonjoran. Ozy baru minum seperempat gelas, dia langsung berhenti dan melototin Nyopon.

“Pulang!” suruh Ozy. Ehm, nadanya kayak ibu lagi manggil anaknya buat pulang..
“Nggaak..” Nyopon geleng.
“Pulang! Ayo pulang! Siapa suruh main di sini?!”
“Siapa aja boleh..” jawab Nyopon santai.

Kalian warga 7.3, mestinya tau seberapa pinternya Ozy ngelawak dan akting.. Ozy langsung nyamperin Nyopon, terus telinga kirinya dijewer.

“Pulang! Pulang!” Ozy menarik telinga Nyopon keluar kelas.
“Aduuuhh.. sakit.. iya, bu.. iyaaa! Aku pulaaang!!” rintih Nyopon.
“Haha, maaf, ya ganggu. Biasa, anak kecil..udah! ayo pulang!”

Pembaca langsung pada tepok tangan sambil teriak “orang gilaaa.. orang gilaaa”

>>>PULANG SEKOLAH

“Alvin…tungguin gue dddooongg..” panggil Ozy. Gua nengok. Ozy lari terseret-seret.
“Kita mo ke rumah Alvin, Zy. Ngikut ga?” tawar Ray.
“Iya, Zy. Ngikut aja, yuk?” tambah Deva.
“ada limau ada kedondong. Mau dong.”

Ozy jalan terhuyung-huyung. Kayak.. eng.. bolak-balik mau jatoh, gitu. Sendinya ga bener, kali tuh.. ganti aja kaki gajah. Lho? Itu penyakit, deng. Kaki jerapah, biar tinggi. Kaki jerapah bukan penyakit, kan..? yodah, hahaha.

“Ray..gua lemes.. pegangin gua, doong..”
“Haha, gimane sih lu. Masih sakit malah sekolah..”
“OZY?! KOK LU SEKOLAH?!” teriak si Panggrahito BOLOT. Tiba-tiba dia muncul di depan kita.
“Suka-suka gua, biet..” jawab Ozy.
“Eh, tapi lu udah gapapa?” Tanya Obiet lagi. Wuidih, tumben?
“Ehm, masih pusing, sih..”
“Oh, gitu. Pantes udah masuk. Kirain masih sakit. Muke lu masih pucat..”

Nyambung ga?

“Obiet! Ayo, pulaaaangg!!” nah loh, si Nuraga BOLOT teriak lagi. sekarang duo bolot udah lengkap.
“Tenang, Cakka.. gua lagi ngobrol ama Ozy.”
“Hah? gua kan cuman manggil elu. Kapan kita ngobrol?”
“Dih? Ozy ga manggil. Gua lagi ngobrol ama dia.”
“Lha? Perasaan yang manggil elu gua doang, deh. Ozy kaga.”
“Ya emang elu kaga ngajak gua ngobrol, Cak.”
“Iya, tapi gua kan manggilnya tadi, Obiet..”
“Iya Cakka.. maksud gue itu.. kita lagi ngobrol sekarang..”
“Lha iya dong! Kan gua manggil elu tadi! Ngajak pulang!”
“Lha iya emang si Ozy mau pulang!”
“Iya makanya gua ngajakin elo pulang tadi, Obiet Panggrahito..”
“Woi! Iya emang tadi gua udah mo pulang Cakka Kawekas Nuragaa.. cuman kan elo manggil!”
“Iya Obiet kita lagi ngobrol sekarang!”
“Kita ngga bisa ngobrol sambil nge-beat Cakka!”
“Tapi gua manggil elo tadi!!”
“Makanya itu si Ozy mau pulang!”

Gua cengo. Ozy cengo. Deva cengo. Ray cengo. Penulis masih ngetik. Pembaca? Apa responnya sama Obiet BOLOT Panggrahito sama Cakka Kawekas BOLOT Nuraga yang lagi ber-bolot ria? Oh, sebelumnya penulis mau minta maaf sama D’bieterz dan C~LUVers soal sisipan kata BOLOT. Itu ngga ada di pelajaran Bahasa Indonesia Bab kata sisipan. Dijamin 100%. Kata penulis ada kamusnya sendiri tapi sama dia ga dicetak..

“Udah, sob. Pulang yuk. Tuh, supir gua udah dateng.” Ajak gua sambil nunjuk mobil minibus silver yang udah parkir di depan gerbang.
“Ayok.”

Kita pun meninggalkan Cakka dan Obiet yang masih berbolot ria..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar