Dua Dunia 2

PART II
Allo... masih inget nggak sama cerita ini??? Dua Dunia... Biar nggak bingung baca part 1 nya dulu deh : Dua Dunia Part 1 
Sorry yaa lanjutannya laaaaaaaaamaaaaaaaaaa banget. hehe... Sorry juga kalo ternyata mengecewakan :( ..
Ya udah deh baca aja.. ^^

******   

         “Lo nggak bakal nyesel ditemenin gue!”
            Kata-kata itu kembali terngiang di pikiran Ify, seolah telah tersimpan dalam otaknya dan bisa muncul kapan aja. Rio menghilang begitu saja dan nggak kembali lagi sampai sekarang setelah mengucapkan kalimat itu, membuat pengalaman Ify kemarin seperti hanya mimpi. Dan Ify semakin yakin itu semua memang mimpi, saat sekarang dia sedang duduk di meja makan, memakan roti isi sarapannya, tanpa melihat tanda-tanda Rio.
            Sebagian diri Ify berkata, ‘Bukan! Itu bukan mimpi! Elo tau itu nyata banget!’. Tapi sebagian lagi, yang lebih besar jumlahnya berteriak, ‘Tentu aja itu mimpi! Nggak mungkin banget elo ketemu hantu!! Lagian, dimana dia sekarang?!’
            Whatever.
            Keputusan akhir Ify.
            Setelah meneguk air putih, Ify menyambar tasnya, lalu berjalan cepat menuju gerbang rumah, tempat sopirnya sudah menunggu untuk mengantar Ify ke sekolah.

*****
            Dari jendela mobil yang tertutup kaca, Ify bisa melihat ramainya lalu lintas ibu kota. Gedung-gedung megah tinggi menjulang, terlihat kontras dengan pengemis dan pengamen di pinggir jalan.
            “Ya ampun…” gumam Ify prihatin.
            “Yup! Ya ampun.” sebuah suara bernada ceria terdengar di belakang Ify.
            Spontan Ify menoleh.
            Ify memejamkan matanya rapat-rapat, menggelengkan kepala, lalu membuka matanya lagi. Tapi Rio tetap ada di depannya. Rio memang ada di depannya, sedang memasang senyum ampuhnya yang super manis.
            “Elo…nyata?” tanya Ify.
            “Apanya yang nyata, Non?” tanya Pak Tarjo, sopirnya, yang sekarang sedang melirik Ify dari kaca spion depan.
            “Eh, enggak… ini…”
            Ify menoleh lagi ke tempat tadi Rio berada. Tapi Rio lenyap.
            “Nggak papa kok, Pak. Hehe…” Ify nyengir, berharap Pak Tarjo nggak bertanya lagi.
           
*****
@Sekolah
            “Makasih, Pak.” kata Ify sambil menutup pintu mobil.
            Pak Tarjo hanya tersenyum, lalu memutar mobil dan melaju pergi. Ify memperhatikan mobilnya itu sampai nggak terlihat lagi saat belok di tikungan. Kemudian Ify membalikkan badan…
            “Hah!”
            Ify tersontak kaget melihat Rio sedang berdiri di depannya, tepatnya melayang.
            “L…lo,, k..kok?” Ify tergagap.
            “Haha… kaget yaa?” Rio malah tersenyum jahil.
            “Gimana nggak kaget?! Elo ngilang gitu aja, nggak balik-balik sampai tadi pagi. Di mobil juga, lo muncul terus ngilang lagi. Gue udah nganggap diri gue sendiri gila karena percaya gue bener-bener ketemu hantu! Dan sekarang lo tiba-tiba muncul di depan gue dengan wajah tanpa berdosa kayak gitu! Mau lo apa?!”
            “Weits… santai…. Kemaren gue ke rumah gue. Kangen sama keluarga gue. Soal di mobil, lo mau dianggap nggak normal sama sopir lo karena ngomong sendiri? Mending gue ngilang lahh…”
            Ify mendengus kesal, kehabisan kata-kata.
            “Kenapa? Kangen yaa sama gue? Baru juga semalem nggak ketemu.”
            Ify melotot jengkel pada Rio yang lagi nyengir.
            Tapi itu nggak lama, karena dari badan Rio yang tembus pandang, Ify ngeliat Shilla, sahabatnya, lagi memandang heran ke arahnya nggak jauh dari tempatnya berdiri.
            “Sekarang gue lagi keliatan nggak normal gara-gara dikira ngomong sendiri tau!” bisik Ify sambil memandang Shilla.
            Merasa dipandang, Shilla melambaikan tangannya, kemudian berjalan ke arah Ify. Tanpa disuruh, Rio menghilang dari hadapan Ify, tapi muncul lagi di belakang Ify.
            “Pagi Shil…” sapa Ify begitu Shilla ada di depannya.
            “Eh… Pagi juga Fy. Perasaan tadi gue lihat, elo kayak lagi ngobrol sama orang, tapi nggak ada orang di depan lo, elo…kayak ngomong sendiri.” Shilla bergidik ngeri.
            “Hah? Masa’ sih?”
            “Iya kok, tampang lo kayak marah gitu.”
            “Wahh… Berarti akting gue berhasil dong!”
            “Akting?”
            “Iya… Di RT gue ada pementasan drama, gue jadi pemeran antagonisnya. Gue tadi latihan bentar, soalnya ntar sore udah tampil. Bagus kan?”
            “Bagus sih bagus… Tapi sumpah, Fy! Elo kayak orang gila tau! Kalo mau latihan, lihat-lihat tempat kek! Nggak banget deh, latihan drama di parkiran…”
            “Hahaha… masuk yukk, keburu bel!”
            Shilla mengangguk, walaupun masih heran sama alasan Ify. Please, deh! Pementasan drama di RT? Tapi Shilla memutuskan nggak mempermasalahkan itu. Nggak penting juga! Dia berjalan masuk ke gerbang sekolah bersama Ify. Tanpa tahu ada hantu bernama Rio yang mengekor di belakang Ify.

*****
            “Ssstt… diem deh! Iya-iya, lo pinter…” bisik Ify dengan nada males.
            Dia bosen dari tadi Rio terus-terusan ngoceh kalo soal fisika di hadapan ify –yang membuat Ify mempekerjakan semaksimal mungkin otaknya– itu  gampang banget.
            Gimanapun pelannya bisikan Ify, Shilla, teman sebangkunya, tetep aja bisa denger.
            “Apa Fy?” tanya Shilla.
            “Hah? Apanya yang apa?” Ify balik bertanya, walaupun Ify tau apa ‘apa’ yang Shilla maksud.
            “Perasaan tadi lo ngomong deh.”
            “Perasaan lo aja kali!”
            Shilla mengerutkan keningnya sesaat.
            “Oo gitu, ya udah.”
            Shilla kembali menekuni soalnya sendiri. Ify menghela napas lega.
            Setelah semenit menatap soal di depannya, Ify memutuskan otaknya udah capek. Dia melirik Rio yang lagi asyik membaca Mading kelas Ify.
            “Erhm !” Ify berdeham. Membuat Rio menoleh.
            Ify memberi tanda dengan mata agar Rio mendekat.
            “Apa?” tanya Rio.
            Buat Rio, mudah aja ngomong bebas. Karena Cuma Ify yang bisa mendengar suaranya. Sementara Ify? Nggak mungkin dia ngomong biasa aja ke Rio, bisa dikira nggak waras. Ify menulis di tangannya, lalu menunjukkannya ke Rio – yang sedang ada di sampingnya.

            Kalo emang buat lo gampang, bantuin gue dong. Plis :)

                Ify menatap Rio melas. Tapi Rio membalasnya dengan senyum mengejek yang jahil – yang tetep aja kelihatan keren –.
            “Ogah!” seru Rio.
            Ify menambah intensitas tampang melasnya.
            “No way! Coba deh elo cermatin soalnya. Kalo lo hapal rumusnya, gampang banget tau!” kata Rio.
            Ify menghela napas. Percuma aja. Terpaksa dia memutar otak lagi. Ify mencoba mencermati lagi soal itu. Tapi tetep aja, hanya jalan buntu yang terpikirkan.
            Whatever.
            Keputusan terakhir Ify.
            Ify mencoba mengerjakan semampunya. Nggak peduli caranya benar atau salah. Yang penting lembar jawabannya terisi.

****
            Bel istirahat udah berbunyi sejak lima menit yang lalu. Teman-teman sekelas Ify udah ngacir kemana-mana. Shilla lagi di toilet. Tinggal Ify dan Rio di dalam kelas.
            “Pelit lo!” seru Ify.
            “Heh! Kalo elo gue bantuin ngerjain tuh soal, percuma dong lo sekolah buat nyari ilmu. Sama aja lo nyontek. Kasihan Papa lo yang banting tulang cari uang buat lo sekolah.”
            “Lebai lo! Kalo nggak mau bantuin, dari tadi nggak usah ngoceh dong. Nyombongin diri kalo tuh soal gampang.”
            “Loh, itu kan buat memotivasi lo.”
            “Memotivasi apaan? Nggak mutu!”
            “Udah lah… masalah soal aja diributin.”
            “Bukan soal-nya yang gue ributin, tapi pelit-nya elo!”
            “Hhh… terserah deh!”
            “Heh!”
Rio pura-pura nggak denger, menyibukkan diri baca papan Mading (lagi).
            “Fy?”
            Ify menoleh kaget. Shilla ada di depan pintu, menatapnya curiga.
            “Eh, udah Shill, ke toiletnya?” tanya Ify.
            “Belom, nih gue baru cari sabun buat cebok! Ya udah dong Ify sayangg…!”
            “Iyaya.”
            Shilla menempatkan diri duduk di sebelah Ify.
            “Fy, jujur deh.” ucap Shilla dengan nada serius.
            “Jujur? Jujur apaan ya? Emang gue bohong apa sama lo?” tanya Ify pura-pura heran.
            “Gue kenal lo dari kecil Fy, kita udah satu SD, satu SMP, selalu sekelas pula.”
            “So what ? Maksud lo apa sih Shil?”
            “Lo tau kalo elo bisa cerita apa aja sama gue.”
            “Iya, gue tau. Tapi gue nggak punya cerita apa-apa buat diceritain sama lo sekarang. Lo kok aneh banget sih?”
            “Fy… Kalo lo ada masalah, cerita aja deh.”
            “Masalah? Apaan lagi?”
            “Lo bisa cerita apapun masalah lo ke gue. Gue janji bakal rahasiain kalo lo mau. Gue khawatir sama lo, dari tadi pagi, gue lihat lo ngomong sendiri. Dan gue yakin bukan karena lo latihan drama.”
            “Tap… tapi gue…”
            “Fy… Baru aja gue lihat lo ngomong sendiri lagi. Lo bilang pelit dan sebagainya. Gue denger semuanya. Kalo lo ada masalah, cerita aja. Gue takut elo tambah stress. Sekarang aja lo udah ngomong sendiri. Kalo masalah lo tetep lo pendam, bisa lebih parah Fy.”
            “Ya ampuuuun… Jadi lo kira gue ngomong sendiri gara-gara stress karena ada masalah??”
            Sukses Ify ngakak habis-habisan. Dia kira Shilla mikir yang macem-macem dan udah tau kalo dia dari tadi ngobrol sama hantu.
            “Aduh Fy! Lo kok malah ketawa sih? Jangan-jangan tambah parah ya? Apa kita perlu manggil dokter?”
            Ify berhenti menatap Shilla, tapi melihat wajah Shilla yang serius campur khawatir, Ify ngakak lagi.
            “Hhh…hhh….” Ify capek ketawa terus. “Gue nggak gila Shil!”
            Shilla memandang bingung ke arah Ify.
            “Karena elo udah mergokin gue, dan gue nggak mau lo ngira gue stress, gue bakal cerita sama lo. Dan cuma sama lo, jadi ini rahasia antara kita. Oke?” tanya Ify.
            Shilla mengangguk ragu, masih bingung.
            “Yo,” Ify menoleh ke Rio di sampingnya, yang dari tadi ngakak juga. “Gimana caranya Shilla juga bisa ngeliat lo?”
            “Suruh dia nutup mata.” kata Rio.
            “Tutup mata lo Shil.” pinta Ify.
            “Tutup mata? Elo nggak…”
            “Gue nggak gila Shil! Udah deh, tutup mata lo.”
            Shilla menurut, menutup matanya.
            Rio mendekatkan tangannya ke wajah Shilla, lalu menutup mata. Dia memutar tangannya di depan wajah Shilla sambil komat-kamit. Nggak lama, Rio menyuruh Ify agar Shilla membuka lagi matanya.
            “Udah Shil, buka mata lo.”
            Shilla membuka mata.
            “AAA !!”
            Shilla berteriak kaget dan spontan menjauh begitu melihat Rio yang melayang dan transparan.
            “Hahahahaha!” Ify ketawa. Sementara Rio tersenyum manis.
            “I…itu…” Shilla menunjuk-nunjuk Rio ketakutan.
            “Tenang Shil… Iya, ini hantu. Tapi dia baik kok, gue dari tadi ngomong sama dia.”
            Shilla memandang Rio. Bingung, heran, takut, nano-nano deh…
            “Ada apa nih?” tanya seseorang dari arah pintu kelas.
            Ify, Shilla, dan Rio menoleh. Segerombolan anak berkumpul di pintu, memandang cemas Ify dan Shilla.
            “Tadi siapa yang teriak?”
            “Kenapa?”
            “Kalian nggak papa kan?”
            “Ada apaan?”
            Semua anak melontarkan pertanyaan. Ify dan Shilla saling pandang. Ify mengedipkan matanya pada Shilla.
            “Nggak kok! Tadi ada kecoak. Shilla jadi teriak-teriak, dia kan takut sama kecoak!” seru Ify.
            Gerombolan di depan pintu pun ber-ohhh ria. Beberapa detik kemudian, bel masuk berdering.
            “Lo wajib cerita selengkap-lengkapnya sama gue!” bisik Shilla, masih sambil melirik Rio.
            “Iya-iyaa… Pulang sekolah gue jelasin sedetail-detailnya. Sampe lo puas! Sampe lo neg pingin muntah sekalian!”

*****

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar