Cinta Sandal Jepit 2

PART 2

next day, smp tunas negara.

Baru nyampe kelas ray langsung heboh cari oik.

“ dev, loe liat oik nggak ?” tanya ray ke deva yang lagi asik dengerin ipod, deva diem aja.

“ dev, loe liat oik nggak ?” tanya ray lagi dengan nada agak keras. Deva Cuma
nengok sebentar ke arah ray terus asik lagi sama lagunya.

Ray jangkel dan copotin headsetnya deva.

“ woe ! loe tau oik nggak ?” teriak ray di telinga deva.

“ apa2an sih loe ! budeg kuping gue !” jawab deva marah2. “ tadi dia ke perpus !” lanjutnya.

Ray langsung cabut ke perpus.

Di perpus.

Ray liatin oik yang lagi mau pinjem buku, terus dia samperin.

“ oik gue minta maaf karna gue udah nyakitin loe dan satu lagi, ini semua bukan salah oliv !” kata ray melas.

“ gue udah maafin loe sama oliv kok !” jawab oik sambil senyum.

“ beneran ?” tanya ray girang.

“ iya ! gue kemarin Cuma sedikit nggak terima aja loe putusin gue gitu aja, dan alasannya karna loe suka sama oliv ! tapi
sebenernya gue..” kata oik ragu.

“ leo kenapa ?”

“ nggak jadi deh !” jawab oik.

” udah ngomong aja ! loe masih anggep gue teman kan ?” kata ray sambil tepuk pundak oik. Nggak taunya dia lagi ngalamun.

” gue suka kak rio !” ceplos oik kaget.

” jadi loe terima gue biar bisa ketemu kak rio ?” tanya ray kaget.

” pertamanya gitu, tapi lama2 nggak kok ! aku tau aku salah !” jawab oik yang merasa bersalah.

” santai aja lagi ! gue nggak papa ! sekarang kita temenan ya ?” tawar ray
sambil acungin kelingkingnya yang terus disambut oik plus senyumannya.

” ke kelas yuk ! mau masuk ni !” ajak ray.

= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =

di kelas.

Ray nyamperin olivia di bangkunya sambil gandeng oik.

“ liv, gue udah berhasil buat bujuk oik ! dia udah maafin loe ” kata ray sambil atur berdirinya oik.

“ beneran ik ?” tanya olivia ke oik dengan senangnya.

” iya !” jawab oik sambil senyum

” makasih ik ! loe duduk sini lagi ya !” kata oik sambil peluk oik.

” oke !” jawab oik.

” liv soal perasaan gue gimana ?” tanya ray melas.

” gue pikir2 dulu ya ray !” jawab olivia ragu.

“ digantung lagi gue !” kata ray agak kecewa terus ke bangkunya.

Pelajaran dimulai.

= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =

di kelas rio.

Pelajaraan bu winda.

“ siapa tidak masuk ?” tanya bu winda mngawali pelajaran sambil ngitung jumlah
siswa dikelas. ” kemana alvin ? pasti dia bolos lagi karena belum
potong rambut !” katanya
lagi. Nggak ada murid yang jawab.

” biarkan saja ! sekarang kita mulai pelajaran, buka halaman selanjutnya.”

Saat bu winda menerangkan rio jadi nggak bisa diem, rasanya bibirnya nggak mau berhenti senyum ngebayangin ify.

Dan tiba2,

” rio ! kenapa dari tadi kamu tidak mendengarkan ibu malah senyum2 ?” bentak bu winda.

” anu bu !” jawab rio kaget lamunannya diganggu.

” kerjakan soal di papan !” suruh bu winda.

’ mati gue !’ pikir rio.

Rio Cuma berdiri di depan papantulis.

“ saya nyerah bu !” kata rio.

” kenapa kamu ? tidak biasanya seperti ini ? cepet bardiri satu kaki sambil
jewer kuping kamu di depan pintu kelas !” suruh bu winda lagi.

” aduh bu..masak ketua osis di pajang bu ?” kata rio ngeles dengan tampang memelas.

” salah siapa kamu tidak mendengar ? hukum tidak pandang bulu ! cepat lakukan !” suruh bu winda lagi.

Dengan terpasksa rio menjalankan hukuman.

Nggak berselang lama,

” ah pusing !” kata cakka keras sambil nggebrak maja, dari tadi cakka nggak denger pelajaran mikirin agni sambil acak2 rambut.

” kenapa cakka ?” tanya bu winda.

” ng..nggak bu !”

” kamu keluar ikuti rio !” suruh bu winda yang udah kesel dari tadi ada2 aja masalahnya.

” yah ! bu ?” cakka memelas.

” cepet !”

Dengan langkah males cakka jalan ke tempat rio.

” ngapain loe cak ?” tanya rio yang lagi menjalankan hukuman.

” dihukumlah !” jawab cakka kesel.

Cakka dan rio menjalankan hukumannya dengan bersungut2.

“ tu anak lagi ! bisa diledekin abis gue !” kata rio sambil berusaha nunduk
nyembunyiin mukanya waktu liat ify sama agni jalan lewat lorong sekolah.

“ siapa yo ?” tanya cakka bisik2.

“ tu !” jwab rio sambil ngarahin bola matanya ke arah ify.

“ ngapain kalian ?” tanya ify waktu lewat di depan cakka sama rio.

“ gara2 loe berdua tu !” jawan cakka agak kesel.

Rio malah diem mikirin kata2 cakka.

“ kok salah kita ?” tanya agni sewot.

“ nggak usah dipikir !” jawab cakka.

“ kak rio ?” panggil ify dengan tatapan mengejek terus ketawa, “ masak ketua osis
dan salah satu murid kesayangan guru dihukum ? nggak matching deh !”
kata
ify sambil narik tangan agni
“ kabur !” serunya sambil lari.

“ awas loe ntar !” teriak rio jengkel
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
di kantin waktu istirahat
“ masih berani bolos aja loe !” kata gabriel nepuk pundak alvin yang dari tadi bolos di kantin.

” ntar kalo gua nggak bolos rambut gue yang keren bisa jadi pitak2 sama bu winda !” jawab alvin

” gapain yo ? cak ?” tanya alvin lagi pas liat cakka sama rio lemesin otot yang kaku gara2 dihukum.

” mereka dapet rejeki nomplok dari bu winda gara2 nggak ngedengerin !” cerita gabriel.

” cappucinno satu bu ” rio mesen minup ke penjaga kantin. ” pegel semua badan gue !”

” loe kan belom pernah dihukum kaya gini ! kalo gue sering !” kata alvin menanggapi rio.

Dari depan kliatan ify dkk masuk kantin.

” hai kak iyel, hai kak cakka, hallo kak alvin ” sapa ify satu-satu.

” hei ify ” jawab cakka, gabriel, dan alvin barengan.

” ehhemm !” rio nyindir.

” ow kak rio ada juga toh ?” kata ify tapi tetep cuek.

” gue ke perpus dulu minjem buku !” kata agni yang mau melarikan diri dari cakka.

” eits..tunggu !” kata cakka sambil narik tangan agni.

” apa lagi sih ?” tanya agni males.

“ masalah kemaren gue belom jadi ngomong sama loe !”

agni cuma diem.

“ pokoknya gue mau loe maafin gue !” kata cakka maksa.

” ogah !” kata agni terus pergi.

“ dasar keras kepala ! cewe aneh !” cakka marah2 sendiri.

“ kok aneh kak ?” kata sivia bingung.

“ buat cakka itu namanya aneh ! cewe lain kejar2 dia ini malah kabur terus !” kata rio sambil ketawa.
” besok rencana kemaren jadi ?” cakka mengalihkan perhatian. rio dkk + anak2 osis kemarin merencanakan sesuatu.
” nggak tau gue ! katanya sih gitu !”

” dasar ketua osis yang nggak bermutu !” kata ify.

” biarin ! suka-suka gue !”

” emh.kumat lagi !” shilla mendengus.

” iya tu ! bisa nggak sih fy loe akur sama kak rio ? kalo akur kan liatnya enak !” tambah sivia.

” liat aja nanti ! gue mau berhenti kalo kak rio udah balikin sandal gue !” jawab ify.

” katakan tidak untuk berdamai denganmu ! orang loe sendiri yang buang tu sandal !” jawab rio.

” tapi kan waktu itu loe mau nyrempet gue !”

” gue kan nggak tau ! rese banget sih loe !”

“ loe !”
” loe !”

“ loe !”

” stoop !” shilla mencoba memisahkan perkelahian.

” biarin aja lagi ! mungkin cara mereka pdkt tu kaya gitu ! hha...” kata cakka terus ngakak. Kali ini ify sama rio pasrah.

Teet..tet...teeettt..bel masuk istirahat bunyi.

” gue ke ruang guru dulu mau pastiin acara campingnya !” pamit rio.

” gue tadi dipanggil pak duta ! bareng yo !” kata alvin.

“ ya udah kita ke kalas yuk !” ajak shilla.

” ayuk !” jawab sivia.

” gue bareng !” kata gabriel.

” eh ify gue pengen ngomong bentar !” kata cakka narik tangannya ify. Tinggal mereka berdua di kantin.

” kenapa kak ?”

” gue minta no. Loe ! gue pengen cerita sama loe !”

” ehmm..sini pinjem hp kakak !”

Cakka langsung ulurin hpnya ke ify.

” ini kak !” kata ify setelah ngetik nomer hpnya.

” oke ! thanks ! gue kekelas dulu ! mau bareng ?”

“ iya deh !”

@ ruang guru.

“ bu ira saya mau memastikan acara camping besok hari sabtu !” kata rio setelah menghadap bu ira.

“ oh iya ! baru ibu mau mencari kamu ! ini garis besar acaranya dan tolong kamu buat susunannya, disana juga ada susunan panitianya ! kamu baca dulu !”

“ katuanya gabriel bu ?”

“ iya kamu saya tempatkan di seksi acara !”

’enakan jadi ketua tinggal nyuruh ! seksi acara=ribet !’ pikir rio.

” ini daftar pesertanya !” kata bu ira sambil nyerahin kertas ke rio, rio baca pesertanya beberapa anak kelas sebelas dan beberapa anak kelas
satu, matanya berhenti di
sebuah nama alyssa saufika umari.

’aduh tu anak bener2 kaya hantu ! tersiksa jiwa dan raga gue !’ pikirnya.

” sudah bu ?” tanya rio lagi.

” iya !”

” kalo begitu saya pamit ke kelas bu !”

” iya ! silahkan !”

Alvin yang lagi ketemu pak duta..

” vin ! saya mau kamu menyusun jadwal latihan untuk kejuaraan basket bulan depan !”

” bulan depan pak ?”

” iya ! saya yakin walaupun waktunya pendek kalian mampu !”

” baik pak, nanti saya bicarakan dengan teman2 ! sekarang saya pamit ke kelas dulu pak !”

” iya !”

Di jalan ke kelas.

” kenapa vin ? loe bikin ulah lagi ?” tanya rio.

” nggak ! gue disuruh buat jadwal latian basket buat kejuaraan bulan depan !”

” ow..gitu ! tapi masak Cuma 1 bulan ?”

” nggak tau deh !” kata alvin sambil naikin bahu.

” eh vin loe masuk peserta ni !”

” gue ?” tanya alvin bingung.

” ya iya lah ! emang yang mananya alvin jonathan sindunata selain loe siapa ?”

” nggak ada sih !”
@ smp tunas negara


Ttet...tet...teett...bel pulang sekolah, ray buru2 lari keluar kelas kejar olivia yang udah pulang duluan.

“ liv.olivia...!” panggilnya.

“ apa ?” olivia balik badan buat cari sumber suara.

“ gue tar sore ke rumah loe ya ?” tanya ray.

“ boleh ! tapi ngapain ?”

“ gue denger kemaren kak rio mau ketemu sama kak cakka di rumah loe !”

“ he..kak rio ?” kata olivia sambil senyum2.

” loe kenapa ?” tanya ray heran.

” nggak kok ! oke ! aku tunggu nanti sore ! dadah...!” kata olivia sambil melambaikan tangan dan masuk ke mobilnya.



Sore harinya di rumah rio.

Ray udah dandan abis gara2 mau ketemu olivia.

“ kak rio..buruan !” teriaknya dari garasi.

Rio pun keluar dengan dandanan seadanya, celana jeans pendek, kaos, jaket, sandal+ipod kesayangan.

“ ya elah..ckckck...!” rio liatin adiknya dari atas sampe bawah dengan tatapan bingung.

“ mau kemana loe ? keren amat ?” lanjutnya.

“ ketemu olivia !” jawab ray cuek.

” jiah ! loe beneran suka sama olivia ya ?”

Ray Cuma nyengir.

” ya udah ! buruan naik !” suruh rio yang udah nangkring di motor.

Mereka pun berangkat.

@ rumah cakka.

Rio langsung jalan ke depan pintu.

” biar gue kak !” kata ray nyela.

Tok..tok..tokk...

Olivia yang denger langsung bukain pintu.

” eh kak..rio..ray !” sapanya sambil senyum.

” kak..kak rio !” panggil ray bisik2.

“ hem..!” jawab rio sambil deketin kupingnya ke ray.

“ perasaan olivia kalo liat loe jadi manis banget ya ?” tanya ray bingung.

“ perasaan loe aja kali !” jawab rio cuek.

” ada apa kak, ray ? ada yang aneh ?” tanya olivia yang lagi bingung sama kelakuan rio-ray.

” nggak kok ! cakkanya ada ?” kata rio.

” ada ! kalian masuk dulu ! aku panggil dulu !” kata olivia terus masuk ke dalem rumah.

Ray sama rio duduk di ruang tamu. Rio baca2 buku olivia yang berantakan.

“ wush...pelajaran fisika loe baru kaya gini ? Cuma seujung jari ini mah !” rio berkomentar.

“ apaan ? pelajaran kaya setan gitu loe bilang seujung jari ! gue aja yang selalu ranking udah 2 kali remidi !” jelas ray bangga (jiah! Remidi bangga !)

“ bego loe !” kata rio sambil jitak kepala ray pelan.

“ seneng banget sih loe jitakin pala gue !” marah ray sambil manyun.

” loe tu udah segede gini ! pacar loe banyak, tapi tetep kaya adik gue yang masih teka dulu !” kata rio sambil ketawa kecil.

Cakka sama olivia turun dari lantai atas, olivia langsung ke dapur ambil makanan sama minuman buat mereka berempat.

” sory yo ! kalamaan !” kata cakka sambil duduk di sebelah rio.

” nggak papa !” jawab rio santai.

” minum dulu kak, ray !” suruh olivia sambil naro minuman di meja.

” iya ! loe juga remidi liv ?” jawab dan tanya ray.

“ he’em ! nggak ngerti gue sama bab yang ini !” kata olivia sambil buka bukunya lagi. “ loe ngerti ? gue ajarin dong !” lanjutnya.

“ bah ! boro2 dah ! sama aja nasibnya kaya loe ! nggak ngerti kemarin pak dave ngomong apa !” jawab ray panjang lebar.

“ loe kan pinter ?” tanya olivia ragu.

” iya ! tapi yang ini gue nggak ngerti ! kenapa nggak loe minta ajarin kak cakka ?”

” loe nyindir, ngejek, apa mau nginjek2 ?” sambung cakka yang tersinggung sama omongan ray.

” kak cakka mah dong2 abis !” timpal olivia.

“ ye ! nggak gitu juga kali !” kata cakka sambil ngacak2 rambut olivia.

“ kak cakka rese ah !” keluh olivia manja.

” udah sini gue ajarin !” kata rio menengahi.

Akhirnya rio kasih privat ke olivia.

” loe nggak mau gue ajarin sekalian ?” tanya rio ke ray yang malah mainan psp-nya.

” nggak !” jawab ray jutek, panas liat olivia sama kakaknya.

Setelah beberapa kali menerangkan,

” gimana ? udah paham ?” tanya rio. Olivia cuma diem sambil liatin rio dengan tatapan super kagum.

“ heh ! liv..loe paham nggak ?” rio ulang pertanyaannya sambil gebrak meja pelan.

“ eh..iya kak..oliv paham !” jawab olivia glagapan.

“ hha..oliv naksir sama loe tu !” kata cakka sambil ngakak. Rio lirik ke ray yang lagi nunduk dan kepalanya ditutupin pake kerudung jaket gara2 cemburu
abis, rio
kasih isyarat ke cakka biar berhenti ketawa, jaga perasaan adiknya. Rio terus
bersikap sebiasa mungkin.

” udah ngerti beneran ? coba dulu deh !” suruh rio. Olivia yang jadi ikut nggak enak ati terus kerjain soal yang ditunjuk rio.

Beberapa saat kemudian..

” udah kak !” kata olivia semangat.

” mana gue liat !” rio ambil bukunya olivia terus dia periksa.

“ sib ! bener ni ! pinter loe !” kata rio sambil senyum.

“ iya dong kak !” jawab olivia bangga.

“ ergghh...!” ceplos ray.

“ cak gue pulang dulu deh ! masalah kita besok pagi aja !” pamit rio yang ngerti adiknya lagi badmood. “ kita pulang ray !” ajaknya ke ray.

“ liv, kita pulang dulu !” pamit rio sambil keluar rumah diikuti ray..

” iya kak ! makasih ! ati2 kak, ray !” jawab olivia yang merasa bersalah.

Di jalan ray Cuma diem, nggak satupun kata keluar dari mulutnya. Hatinya panas banget kaya air mendidih. Rio ngerti adiknya butuh ketenangan,
dia juga nggak ngomong apapun ke ray.

Nyampe rumah ray langsung lari masuk ke kamarnya, dia banting pintu kamarnya.

Rio tau pasti kalo ray cemburu abis sama dia, rio mutusin buat jelasin ke ray besok kalo dia udah nggak terlalu emosi.


@ kamar.

Ray langung banting badannya ke kasur yang berantakan sama stick drumm, baju, selimut yang belum di lipet, pokoknya kaya kapal pecah.

Dia ngumpat macem2 soal rio sambil pukulin kasur.

” rese banget sih ! kenapa semuanya kak rio ! kak rio ! mario lagi !mario lagi ! apa nggak ada yang mau ngertiin gue ?” ray jadi inget semua kejadian yang kadang2 dia
dibandingin sama kakaknya.

” oik terima gue gara2 kak rio ! sekarang oliv ! sialaaan !” ray marah2 makin jadi.

Gara2 cape marah2 ray ketiduran sampe pagi.

@ kamar rio.

Rio jadi kepikiran sama perasaan adiknya.

” jangan2 ray bener2 cinta mati sama oliv sampe dia kaya gitu ! hah ! pusing gue, mikiran perasaan bocah2 yang lagi cinta2an ! ray pake marah sama gue lagi ! bikin
masalah aja ! bisa diceramahin mama gue !” rio ngedumel sendiri.

” hah ! mending gue tidur ! besok gue selesein ! masalah kaya gini aja jadi ribet !” kata rio sambil nutupin kepalanya pake bantal.


@ rumah ify

Ify ahari ini ngrasa capek banget, dia banting badannya ke kasur.

“ hembh...capek banget gue hari ini !” keluhnya.

Tiba2 hpnya geter.


From : 085743431330 (no. pengarang !)

Cakka’s number.

Sory fy, gw ganggu g?

*

To : kak cakka

g k’! ada pa ?

*

From : kak cakka

Mau tanya soal agni, boleh ?

*


To : kak cakka

Mau tanya pa?
*
From : kak cakka

Loe ada waktu g skarang ?

Gw ke rumah lo ya ?

*


To : kak cakka

Iya deh !

*


From : kak cakka

Meluncur !

15 menit kemudian...

” kak ify loe dicari temen loe tu !” kata deva dari depan pintu kamar ify.

“ iya ! suruh tunggu bentar gue ganti baju dulu !”

Nggak lama ify turun.

“ eh kak cakka ! sory lama !” kata ify sambil duduk di bangku sebrang tempat cakka duduk.

“ nggak kok !”

“ mau minum ?”

“ nggak usah repot2 ! tapi kalo ada juga nggak papa, aus banget ni !”

“ ya udah gue ambilin dulu, mau apa ?”

“ cappucinno float deh satu !” kata cakka bercanda.

“ ye..serius ni !”

“ ya loe pake nawarin ! apa aja deh !”

“ tunggu bentar !”

Nggak lama ify balik bawa sirup orange yang seger...

“ ini kak diminum ! tadi mau tanya apa ?” kata ify sambil naro minum di meja.

“ em..setau loe agni sekarang udah punya pacar belom ?”

“ setau gue sih belum kak ! soalnya dia pernah cerita kalo dia bakal pilih2 kalo suka sama orang!"


“ emangnya kenapa ?” tanya cakka sambil ambil minumnya.

” katanya dia itu pernah sakit ati banget sama cowo, beratnya lagi cowo itu cinta pertamanya dia kak !”

” kenapa ?” tanya cakka lagi terus nyruput minum.

” tu cowo bilang suka sama sohibnya dia di smp, padahal tu cowo bilang juga cinta ke agni, pengen gue sambel tu cowo !”

PROOT...air yang diminum cakka nyemprot gara2 kaget denger cerita ify.

” uhuk..uhuk..” cakka keselek.

” aduh ! pelan2 kak !” kata ify sambil ngasih kotak tisu ke cakka.

” eh..” cakka malah bingung sendiri.

” nggak papa kak ?”

” nggak kok ! terus dia masih suka nggak sama tu cowo ?”

” nggak tau deh ! tapi feelingku dia masih cinta banget sama tu cowo, soalnya kalo dia cerita masalah ini masih suka sedih, terus kalo udah lupa ngapain
dia nggak buka hati
buat cowo lain ?” kata ify panjang lebar.

” fy, gue mau buat pengakuan ! tapi loe jangan marah sama gue ya ? loe jangan ngamuk ya !” kata cakka memelas.

” apa ? emangnya kenapa gue harus marah ? nggak bakal deh, janji !”

” sebenernya cowo itu gue !” kata cakka pelan.

“ ya ampun kak ! pantesan agni sebel banget sama loe ! trus gimana ?” kata ify agak sewot.

“ iya makanya gue tau gue salah ! bahkan salah banget udah nyia2in cewe kaya agni ! gue ngrasa jadi cowo paling bego sedunia, makanya gue ke sini
pengen minta bantuan loe
biar agni maafin gue !”

“ tapi loe barani janji apa ke gue kalo loe nggak bakal nyakitin agni lagi ? gue kasian sama dia ! gimanapun dia itu kan cewe !”

“ apa aja ! asal loe bantu gue buat bujuk agni .”

Karena liat keseriusannya cakka akhirnya ify mau bantu.

“ oke ! gue bantu, tapi awas loe nyakitin agni lagi, berurusan sama gue loe !”

“ makasih banyak fy !” kata cakka girang banget.

Setelah itu cakka pamitan pulang.
Keesokkan harinya, di ruang makan
keluarga rio.
Rio, papanya, dan mamanya lagi sarapan. Ray turun dari kamarnya dengan tampang ogah2an.

” makan dulu sayang !” suruh mama rio-ray sambil ngelus rambut anaknya yang berdiri di sampingnya.

” nggak usah ma ! ray mau langsung berangkat !” kata ray dengan nada bosen dan tatapan sinis ke rio. Rio jadi ngrasa nggak enak lagi.

” pa, ray berangkat !” pamit ray sambil nyalamin papanya terus nylonong gitu aja.

” loe nggak mau bareng gue ?” tanya rio berusaha bersikap sebiasa mungkin. Ray nggak jawab dan terus pergi.

” kamu apain adik kamu ?” tanya mama curiga.

” nggak papa ma ! tenang aja ! masalah anak muda !” jawab rio menenangkan orang tuanya.

” punya anak dua aja kerjaanya berantem melulu !” keluh papa rio.

” rio berangkat ma, pa !” pamit rio ke orang tuanya sambil salamin satu2.

” iya ! ati2 nak !” jawab papa rio. Rio langsung berangkat sekolah.
@ jalan kompleks

Hari ini ify berangkat naik angkot gara2 nggak ada yang nganter. Pas lewat jalan komplek ada seseorang yang nyapa dia pake ninja biru yang nggak asing
lagi.

” eh..ada nona cantik jalan kaki .” kata rio sambil ngegas pelan motornya.

” ye..bukannya ngasih tumpangan malah ngledek !”

” kasih tumpangan ke loe ? no thanks deh !”

“ rese !”

“ kan gurunya elo ! gue duluan yaa..” kata rio sambil ngencengin gasnya.

“ pergi sono !” teriak ify marah2.

Nggak lama ada orang lagi yang menyapanya, tapi kali ini motor ninja item itu berhenti.

“ eh.. kak alvin .” sapa ify.

” loe jalan fy ?”

Ify ngangguk.

” naik gi ! bareng gue aja !” suruh alvin sambil malingin mukanya ke joke belakang motornya.

” nggak papa kak ?”

Kali ini alvin yang geleng. Ify naik ke boncengan alvin.

Di jalan mereka ngobrol macem2, tapi tetep ify yang banyak ngomong.

“ kakak lagi deket sama sivia ya ?”

” iya ! dia belom punya pacar kan ?”

“ setauku malah belom pernah pacaran .”

“ ow..!”

Lima menit kemudian mereka nyampe di sekolah. Ify ikut alvin ke parkiran, alvin taro motornya di deket motor birunya rio.

“ waduh ! emang kakak itu soulmatetan banget ya sama kak rio, kak cakka, sama kak gabriel ?”

“ emang kenapa ?”

“ no ! motor aja sama semua tapi warnanya beda2 ! itu punya kak rio warnanya biru, punya kakak item, kak cakka ijo, punya kak gabriel merah !” kata
ify kaya absen motor
sambil nunjuk satu2 urut.

“ pokoknya mereka itu sahabat terbaik yang pernah ada !” jawab alvin sambil senyum.

“ yang bener kak ? tapi kak rio kan rese !”

” berarti loe belom kenal dia ! buat gue dia itu bener2 the best lah !” kata alvin sambil melangkah pergi ninggalin ify yang lagi bingung.

“ eh...kak..maksudnya ?” tanya ify sambil lari kejar alvin.

“ loe nggak bakal ngerti kalo belom deket sama dia ! gue duluan !”

“ emh..bingung gue ! gimana bisa deket orang baru ketemu aja udah perang !” kata ify sambil garuk2 kepala.

@ kelas ify.

Gabriel sama rio masuk kelas.

“ selamat pagi semua ! kami berdua ingin mengumumkan sebuah pengumuman, silahkan saudara rio !” kata gabriel mengawali pengumuman.

“ untuk menanggapi undangan dari dinas perhutanan untuk kegiatan
pelestarian hutan maka kami dari osis akan menyelenggarakan camping yang akan
diikuti beberapa siswa terpilih, bagi yang saya sebut namanya harap menuju ke
ruang osis " lanjut rio.
bersambung..



“ untuk menanggapi undangan dari dinas perhutanan untuk kegiatan pelestarian hutan maka kami dari osis akan menyelenggarakan camping yang akan diikuti
beberapa siswa terpilih, bagi yang saya sebut namanya harap menuju ke ruang
osis. Ify, sivia, agni, dan shilla .” lanjut rio.

“ ha..gue ?” tanya ify pelan ke agni yang disebelahnya.

“ ya iya lah ! lebih tepatnya kita !”

“ sekian pengumuman dari kami, terima kasih !” tutup gabriel.

Rio sama gabriel jalan di belakang agni, shilla, sivia, dan ify.

“ yo kok bisa pas mereka sih ? loe yang pilih ya ?” tanya gabriel.

“ bukan ! bu ira yang milih ! gue juga bingung kok bisa mereka ! kalo gue yang milih tu nenek lampir nggak gue ikutin !”

“ ow.. !”

@ ruang osis

udah ada alvin, cakka, irsyad, kiki, rahmi, dan zahra.

” udah pada kumpul semua ?” tanya gabriel.

“ udah !” jawab semuanya semangat, terkecuali agni.

“ loe kanapa sih ?” tanya ify ke agni.

“ masak gue harus ketemu cakka lagi ?”

” emang gue nggak tau masalah loe sama kak cakka itu kaya gimana, tapi gue mau kasih saran mending sekarang kita have fun aja ! gue juga kok !” kata ify
sambil senyum.’

” iya juga ya ? ngapain gue capek2 mikirin dia !”

“ gitu dong ! baru namanya temen gue !” kata ify sambil acungin jempolnya.

“ oke kita mulai teem kita !” kata rio menghentikan keributan. ” kita akan dibagi menjadi beberapa kelompok yang tiap kelompok terdiri dari dua orang satu
laki-laki dan satu perempuan. Kebetulan jumlah anggotanya pas, dan disini sudah
dibagi oleh bu ira. Saya akan bacakan, shilla-gabriel, sivia-alvin, zahra-septian,
kiki-rahmi, rio-ify..ha..” rio baca sambil kaget.

“ ha..gue sama dia ?” tanya ify ke shilla yang lagi seneng gara2 satu kelompok sama gabriel.

“ udah jodo kali !”

“ hemb... nasib !” dengus ify.

” maaf ! saya lanjutkan lagi ! pasangan terakhir agni dan cakka, diharap keprofesionalannya. Ada pertanyaan ?”

“ kak !” kata agni sambil angkat tangannya.

“ iya ?”

“ boleh tukar pasangan nggak kak ?”

“ e..ini sudah keputusan sekolah !” jawab rio.

Cakka, gabriel, alvin mulai ngobrol di belakang.

“ agni bener2 ogah sama loe ya cak ?” kata alvin.

“ ya emang gue yang salah ! mudah2an acara camping besok dia bisa agak lunak deh !”

“ ya udah good luck bro !” gabriel yang tau semua masalah antara cakka sama agni.

@ smp tunas negara.

Murid2 lagi heboh sama kabar pemilihan ketua osis dan salah satu calonnya adalah ray.

“ ray ! loe jadi calon ketua osis tu !” kata ozy menyambut sahabatnya yang baru berangkat dengan rangkulan dan senyuman.

“ ha..gue ?” tanya ray kaget.

“ ya iya lah ! emang siapa lagi yang namanya m. raynald prasetya selain loe ?” kata ozy sambil liatin brosur pengumuman calon ketua osis.

“ eh iya ! beneran ! tapi kok pak dave nggak ngomong ke gue ya ? gue kan belom siap !” kata ray ragu.

“ gue percaya loe bisa jadu ketua osis !” ozy memberi semangat ke ray.

“ gue ke ruang guru dulu !” kata ray sambil nylonong pergi.

@ ruang guru.

Ray menemui pak dave untuk mencari penjelasan dan kejelasan soal pencalonannya jadi ketua osis.

“ pak, bapak kok nggak ngomong ke saya kalo saya dicalonkan jadi ketua osis ?” tanya ray.

“ oh iya ! kemarin saya mau bilang ke kamu tapi saya cari kamu sudah pulang !” jawab pak dave sambil merapikan buku yang baru selesai ditelitinya.

“ tapi bapak nggak bisa gitu dong ! kan saya belum ada persiapan !” kata ray agak emosi.

“ bapak yakin kamu bisa ! kakak kamu dulu bisa menyumbangkan banyak prestasi waktu dia menjabat ketua osis diisini !”

‘argh..kak rio lagi !’ batinnya bener2 kesel.

“ saya ini raynald bukan mario pak !” kata ray sambil tahan emosi gara2 dibandingin lagi sama rio.

” oke ! tapi saya yakin kamu bisa seperti kakak kamu !” jawab pak dave sambil nepuk bahu ray.

” permisi pak !” ray pamit karena emosinya bener2 memuncak, terus dia nylonong.

@ lorong sekolah.

Ray ngomel2 nggak jelas, kakinya nendang2 apa aja yang dia temui.

“ sialan ! kak rio lagi ! ada yang nyadar nggak sih kalo gue itu bukan dia !” omel ray.

Sampe pulang sekolah ray Cuma diem nggak enak mau ngapa2in, ozy sama deva jadi bingung sama sahabatnya yang biasanya ribut sendiri jadi kalem abis tambah juga uring2an.

@ gerbang sekolah.

Deva sama ozy memutuskan buat tanya sama ray kenapa dia jadi pendiam dan uring2an.

“ ray, loe kenapa sih ? seharian kerjaan loe uring2an mulu ! kita ada salah ke loe ?” tanya ozy sambil nyenderin tangannya ke bahu ray yang lagi tunggu bis.

“ gue nggak papa !” jawab ray agak ketus.

“ loe ada masalah ? kalo loe mau bisa cerita ke kita kok !” tambah deva.

“ bukan urusan kalian !” kata ray jutek sambil nyetop bis yang lewat. ” gue pulang dulu !” lanjutnya terus naik ke bis.

Deva ozy jadi tambah bingung.

“ zy, gue punya salah apa ya ke dia ?” tanya deva heran.

“ gue juga bingung ! perasaan gue, dari tadi gue biasa aja deh ke dia ! apa gue salah ngomong ya ?” ozy juga bingung.

“ ya udahlah ! pusing gue ! besok kita tanya ke ray aja ! sekarang kita pulang .” kata deva.

@ rumah rio.

Ray mutusin buat kurung diri di kamar, males ketemu rio bawaannya emosi mulu.

Dikamar, ray liat mamanya lagi beresin tempat tidurnya.

“ eh mama ! nggak usah diberesin ma ! tar ray beresin sendiri !” ucapnya.

“ gimana nggak diberesin ? orang kamar kamu udah kaya kena bom atom gini !” kata mamanya sambil ngomel2.

“ yah ma..kan keren kaya gini ! penuh seni !” kata ray bangga.

” keren gimana ? kamu liat dong ! kamar kakak kamu aja rapi bersih gitu !”

” mama ! ini raynald ma ! bukan mario ! ray itu ya ray ! jangan terus disamaain sama kak rio dong ! kita beda !” ray marah2. sebenernya, ray biasanya nggak marah kalo
kamarnya yang kaya kapal pecah dibandingin sama kamar rio yang rapi, tadi saat
ini kondisi sedang tidak kondusif. Ray banting tasnya terus pergi gitu aja.

” nak mau kemana kamu ? mama minta maaf !” kata mamanya bingung campur bersalah.

” pergi bentar !” tariak ray ketus.

Di jalan keeluar rumah ray ketemu rio yang juga baru pulang sekolah.

” udah pulang bro ?” sapa rio ramah.

” dah !” jawab ray singkat ditambah tatapan sinis, terus dia nylonong lagi.

Rio bener2 bingung sama adiknya hari ini, ’pasti gara2 kemarin dan pasti ada tambah masalah ni !’ pikirnya.

” ma...rio pulang !” teriak rio.

” eh yo ! bagus kamu pulang cepet ! kamu susul adikmu gi ! mama yakin dia lagi ada masalah, soalnya tadi mama nggak sengaja bandingin kamu sama dia, dia kelihatannya marah
banget ! kamu ada masalah sama dia ?” jelas mama rio panjang lebar dengan nada
agak panik.

“ iya sih ma ! rio ada sedikit masalah sama ray ! tapi rio nggak tau kalo ray beneran jadi marah banget !” curhat rio.

“ ya sudah ! cepat kamu selesaikan !” suruh mamanya.

” iya mah ! rio pergi dulu !” jawab rio.

Rio tau persis kemana ray pargi kalo lagi badmood kaya gini. Tapi sebelum dia pergi dia putusin buat ketemu deva, ozy, dan yang paling penting olivia. pertama dia gas
swift merahnya ke rumah ify yang pastinya rumah deva juga.

@ rumah ify.

“ permisi..!” TOK..TOK...rio ketuk pintu. Ify yang baru aja pulang sekolah dan lagi duduk di sofa langsung bukain pintu.

” loe kak ! mau ngapain ? kangen ya sama gue ?” rio lansung diberondong pertanyaan sama ify.

” najong dah ! gue mau ketemu deva ! buruan panggil ! penting !” suruh rio dengan nada males dan agak jutek.

“ bentar gue panggilin ! loe duduk dulu !” suruh ify dengan nada males juga.

Nggak lama deva turun.

“ eh kak rio ! cari deva ya ? ada pa ?” tanya deva sambil jalan ke arah rio duduk.

“ loe duduk dulu gi !” seruh rio sambil geser duduknya buat tempat duduk deva. “ ray hari ini bertingkah aneh nggak ?” tanya rio to the point.

“ iya kak ! dia uring2an banget ! pa lagi kalo ada yang nyebut nama loe ! pusing juga gue liatnya !” jawab deva.

“ loe ikut gue sebentar ya !” ajak rio.

“ kemana kak ?”

“ pokoknya loe ikut gue ! gue yakin tar juga loe ngerti !” kata rio sambil berdiri. “ buruan !” lanjutnya sambil jalan. Deva ikuti rio.

“ kak ify ! gue pergi bentar sama kak rio !” deva pamit sambil teriak2.

“ ya !” jawab ify singkat.

Rio sama deva langsung tancap gas ke rumah olivia dulu yang lebih deket.

@ rumah cakka-olivia.

Tok..tok.. rio ketuk pintu. Pembantu rumah cakka yang bukain pintu.

” eh ! den rio ! cari den cakka ya ?” tanya pembantu cakka ramah gara2 udah sering ketemu rio.

” nggak bi ! saya mau ketemu olivia !” jawab rio sambil memberikan senyumnya.

” bentar den saya panggil dulu !” pembantu cakka langsung panggil olivia, rio sama deva nunggu di depan pintu. Nggak lama olivia keluar.

” liv !” sapa rio sama deva barengan.

“ kak rio , deva, tumben cari oliv ?” tanya olivia bingung.

“ boleh duduk dulu ? nggak enak ngomongnya kalo berdiri gini !” kata rio sambil nunjuk kursi di depan cendela rumah olivia.

“ eh iya kak !” kata olivia mempersilahkan duduk.

” liv ! maaf sebelumnya, kamu nggak suka sama kakak kan ? dan satu lagi, kakak mau tau gimana perasaan kamu sama ray ?” tanya rio dengan tatapan hangatnya.

” em..kak ! sebenernya oliv juga suka sama ray, dan.. sebenernya oliv itu Cuma ngefans aja sama kakak, soalnya kakak itu kan keren, ganteng, pinter, baik lagi ! nggak lebih
kak ! beda sama perasaan oliv ke ray, Cuma oliv belum siap pacaran !” jawab
olivia panjang lebar.

” ya udah ! nggak papa ! sekarang kamu ikut kakak !” ajak rio sambil berdiri.

” kemana ?” tanya olivia bingung.

” tar kamu juga paham !”

Akhirnya olivia ikutin rio sama deva.

@ mobil.

” dev, loe tau rumahnya ozy ?” tanya rio.

” merdeka 1 kak !” jaawab deva.

Mobil rio langsung dipacu ke alamat yang disebut deva.

Sampai depan rumah.

” dev buruan panggil ozy buat ikut kita, gue mau puter mobil dulu !” suruh rio.

” oke kak !” jawab deva.

Rio puter mobilnya. Pas nyampe di depan rumah lagi, deva sama ozy udah nunggu.

“ buruan masuk !” suruh oliv sambil buka jendalanya.

Deva sama ozy buru2 masuk mobil.

“ kak, kok kita diculik kaya gini sih ?” tanya ozy.

“ gue mau sadarin ray ! loe semua bantu gue ya ! plis ! dia uring2an itu intinya gara2 ogah disamain sama gue ! gue yakin kalian udah cukup gede buat ngerti semua !” jawab
rio sambil tetep konsen sama nyetir.

“ terus kita harus ngapain kak ?” tanya olivia.

” kalian tar ...(rio jelasin semua rencananya..) pokoknya kalian itu kan sahabatnya, tunjukin aja kalo kalian sayang sama ray itu ya dengan ray apa adanya, bukan
karena dia kaya siapapun !” terang rio panjang lebar.

” lha kan emang kita temenan sama ray itu tulus kak !” jawab deva.

” bagus kalo gitu !” kata rio sambil parkirin mobilnya.

” nyampe kak ?” tanya ozy

” iya ! ini tempat biasa dulu gue sama ray maen !” jawab rio. ” turun yuk !” ajak rio.

Mereka berempat turun terus rio berhenti di bawah pohon besar.

” kok berhenti kak ?” tanya ozy.

” tu !” jawab rio sambil nunjuk ke ray yang lagi duduk di batu gede di pinggir sungai. ” loe semua tunggu di sini aja ! tar kalo waktunya, gue panggil !” jelasnya lagi, rio
terus ke tempat ray.

Begitu sampe di tempat ray, rio langsung duduk di samping ray. Ray yang sadar didatengin kakaknya langsung nengok.

” mau apa loe ? masih inget tempat ini juga ?” tanya ray ketus sambil tetep liatin sungainya.

” pastilah gue inget sama tempat ini ! hem..maafin gue, ray !” jawab rio pelan.

“ buat apa ?” tanya ray lagi dengan nada tetep ketus.

“ gue nggak bisa jadi kakak yang baik buat loe !” jawab rio serius. Ray langsung liatin rio dengan tatapan nanar yang dalem banget.

“ akhir2 ini gue jarang banget buat temenin loe main, ngobrol kaya dulu lagi, apa lagi pas loe butuh gue sebagai kakak loe, gue malah sibuk sama urusan gue sendiri !” kata
rio lagi dengan senyuman pahit.

“ kak..” kata ray denga nada sedih campur bingung. “ sebenernya emang akhir2 ini gue ngrasa jauh sama loe ! gue juga iri kenapa semua orang itu nganggep loe tu perfect, mereka
semua selalu ngebandingin loe sama gue !” lanjutnya sambil lemparin kerikil ke
sungai.

“ bro..hari ini kita ngomong sebagai seorang laki2 bukan cowo ! sebenernya yang harusnya iri itu gue !” jawab rio sambil naro tangannya ke pundak ray.

“ ngapain loe iri sama gue ? jelas2 siapa gue dibandingin loe !” jawab ray agak ketus.

“ hem..banyak orang yang suka sama gue gara2 mereka bilang gue itu ganteng, manis, keren..emm !” kata rio sambil mikir.

“ narsis !” ceplos ray.

“ belom selese, tapi giliran mereka tau kekurangan gue mereka kabur gitu aja, mereka Cuma manfaatin gue ! nah loe ? loe punya banyak temen, sahabat yang suka, yang
sayang sama loe lengkap dengan kekurangan loe, nggak peduli loe kaya apa !”
jawab rio sambil menyunggingkan senyumnya, terus dia balik arah dan panggil
temen2 ray.
Mereka langsung nyamperin.

“ kak ?” kata ray penuh arti.

” one more, you always make me proud of you, my little brother !” lanjut rio sambil acak2 rambut ray.

“ maksud kakak ?” tanya ray bingung.

“ siapa yang jadi drummer nasional ? ray kan ? yang selalu jadi juara dan selalu bikin gue disemprot mama papa, loe juga ! dan satu lagi, loe tu kadang2 jauh lebih dewasa dari gue ! gue nggak ngerti kenapa loe sekarang jadi kaya anak tk
lagi, pake iri2an segala !” kata rio panjang lebar.

“ iya ray ! dengerin tu apa kata kakak loe !” sahut ozy sambil tepuk pundak ray.

“ kalian ! kok disini ? ada olivia juga lagi !” kata ray bingung.

” kita diculik kakak loe !” jawab olivia manja.

” loe rese ah kak ! masa gue lagi nggak oke gini loe bawa oliv segala !” kata ray sewot.

” nggak papa kok ! gue kan tetep suka sama loe ! kalo gue suka Cuma gara2 masalah oke mah gue naksir kak rio aja !” sambung olivia sambil ketawa kecil.

” eh..jadi loe suka sama gue ?” tanya ray girang. Olivia Cuma ngangguk malu.

“ mau nggak loe jadi pacar gue ?” tanya ray to the point.

“ tapi maaf ray, gue belom diijinin pacaran sampe lulus smp !” jawab olivia sedih.

“ udah tunggu aja bro ! lagian kalian kan masih kecil !” rio nyambung sambil nepuk pundak ray.

“ liv ! denger janji gue ! gue bakal tunggu loe sampe loe boleh pacaran !” kata ray sambil suer.

“ oh iya ! sebenernya ada satu lagi kekurangan loe !” kata ray spontan sambil taro jari telunjuknya ke kening.

“ apa ?” tanya rio penasaran.

“ loe kan cupu ! masa sempe sekarang cewe aja nggak punya ! hha...” jawab ray sambil ketawa.

“ sialan loe !” rio jitak kepala ray.

” aduh ! sakit kak !” kata ray sambil nyengir kesakitan.

” sama kak ify aja kak !” sambung deva.

” waduh ! patut dikaji 617 kali tu ! hha....” kata rio sambil ketawa. mereka semua ketawa bareng.

” thanks my best big brother !” kata ray sambil tepuk bahu rio.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar