Cinta Nano-Nano 5

 PART 5

@ kamar rio.

Rio lagi bikin proposal buat pensi, tiba2 bu manda masuk ke kamar.

” yo, belum tidur? Udah jam 9 lebih loh.” kata bu manda sambil duduk di samping rio.

” bentar lagi ma! tanggung! Dikit lagi kelar, besok harus udah dikasih ke bu ira.” jawab rio tetep asik sama laptopnya.

” besok kemoterapi pertama kamu, kamu mama tunggu jam 2 di rumah sakit, jangan telat pake alasan apapun!”

” iya mama sayang, besok mau rio jemput di kantor?”

“ nggak usah! Mama dijemput sama ray.”

” o..ray ikut besok ma? Emang mama mau diboncengin naik motor?”

“ iya! Siapa bilang naik motor? Ray besok mama suruh naik taksi kok, biar abis kamu kemo dia bisa setirin mobil kamu.”

“ lah?! Rio kan bisa nyetir sendiri ma?”

“ udah! Kamu ikutin mama aja!”

” iya deh!”

” mama ke kamar dulu, kamu istirahat!”

” iya ma! Ini udah kelar kok!” kata rio sambil matiin laptopnya.

Keesokan harinya.

@ smp tunas negara.

Pagi2 ray udah berangkat sekolah.

” pagi oliv..” sapa ray pas lewat bangku olivia.

” pagi.” jawab olivia ketus.

” loe kenapa liv?” tanya ray bingung.

“ menurut loe?” tanya olivia balik dengan juteknya, dia lempar komik yang abis dia baca ke meja.” Ik, gue ke perpus bentar!” pamit olivia ke oik terus dia ngacir. Ray mengalihkan pandangannya ke oik dengan
tatapan pengen tanya’kenapa?’, oik Cuma geleng2 bingung juga. Ray lanjutin
jalan ke mejanya, ozy udah dateng duluan.

“ pagi zy.” Sapa ray seperti biasa sambil banting ranselnya ke meja terus dia duduk. Ozy Cuma liatin ray dengan tatapan sinis terus pergi.

“ lah?! Apa salah gue sih?” kata ray bingung.

Jam istirahat.

Ray beneran gerah dari tadi pagi dicuekin sama ozy, selama pelajaran tadi mereka Cuma diem2an, setiap ray tanya ozy nggak jawab kalo nggak jawab dengan tatapan sinis dan kata
seadanya menjurus ke kasar dan nggak peduli, jam istirahat ozy langsung ngacir
juga, pergi gitu aja.
Ray putusin buat tanya ke deva.

“ dev, salah gue apaan sih? Dari tadi gue dijutekin mulu sama oliv sama ozy, loe tau nggak kenapa?”

” heh?! Loe nggak sadar mereka cuekin loe kenapa?”

” enggak.”

” loe tu bodo, bego, apa dongo?”

“ kok loe malah ngatain gue sih?!”

“ ya elo! Loe ngerti nggak kalo mereka lagi jeles sama loe?”

” emang gue ngapain?”

” ya ampun! Beneran bego ya loe?! Loe kemaren ngapain deket2 sama acha?!”

” huitsh? Gue kemaren nggak ngapa-ngapain! Yang jelas acha kemaren minta gue ngajarin dia ngedrumm, itu doang!”

” tapi loe ngajarinnya pake mesra2an kaya kemaren itu ngapain?”

” ya, namanya belajar ngedrumm kan ya harus dempet2an kaya kemaren, masa gue smsan buat ngajarin acha ngedrumm?! lagian gue udah beneran insap mainin cewe! Gue nggak
bakalan makan temen sendiri, gue juga nggak ada rasa sama acha, tertarik aja
nggak, ya Cuma gue akuin kalo dia cantik, udah itu doang!”

” loe jelasin deh ke oliv sama ozy!”

” heu..tapi kayanya nggak bisa hari ini! Gue ada janji sama nyokap gue!”

Siang harinya.

@ halte bis deket sekolah.

Agni, ify, sivia, sama shilla lagi nunggu bis. Agni harus nunggu bis karena cakka harus ikut ulangan susulan. ify, gara2 rio ada urusan, sivia sama shilla, sengaja minta
alvin sama gabriel nggak nganter pulang karena pengen melakukan aksi
solidaritas.

Tiba2 ada cagiva merah berhenti di depan mereka, yang tak lain pengendaranya riko.

” riko..” sapa agni.

” hai agni, plis loe ikut gue sekarang! Gue pengen ngomong sesuatu ke loe, gue udah bener2 nggak sanggup sembunyiin ag!” kata riko yakin.

” penting banget ya?” agni memastikan.

“ iya! Loe ikut gue buruan!” dengan agak ragu agni naik ke motor riko terus mereka jalan. Ternyata nggak jauh dari situ cakka liat, ulangannya diundur gara2 gurunya ada
acara, cakka langsung gember motornya kejar agni sama riko yang juga lumayan ngebut.

“ k..kk..kak..kak cakka..” kata ify gagap gara2 kaget liat cakka yang tiba2 lewat bawa motor nggak pake aturan.

“ waduh gawat!” ceplos shilla.

“ haduh..semoga mereka nggak ada apa2!” sivia juga ikutan panik.

Di sebuah taman.

Riko bawa agni duduk di bawah pohon.

“ agni, gue pengen ngomong seseuatu ke loe!” kata riko serius.

“ apa?”

“ ag, gue tau loe punya cowo, tapi gue juga nggak bisa bohong! Gue sayang banget sama loe!” kata riko, tiba2 BUK..cakka yang baru dateng, tapi cukup buat denger kata2 riko barusan,
nonjok pipi riko keras banget.

“ cakka..” jerit agni.

“ heh?! Loe siapa?” riko nyolot, dia berdiri, kepalan tangannya gantian mendarat di pipi cakka, bibir cakka berdarah.” Makan tu! Sialan loe nonjok gue sembrangan!” lanjut riko sinis.

” kurang ajar loe!” BUK..tinju cakka mendarat di perut riko.” gue cowonya agni!” bentak cakka emosi tingkat tinggi. BUK.. pukulannya mendarat lagi di perut riko.

” loe pikir gue peduli? Jangan ngarep loe! Gue suka sama cewe loe! Gue mau dia jadi punya gue!”

” kampret loe!” Cakka sama riko akhirnya gebuk2an.

” STOP!!!!!” jerit agni. Cakka sama riko berhenti dengerin jeritan agni.” loe berdua kaya anak kecil tau nggak?! Loe cakka, apa loe nggak bisa percaya sama gue? Buat loe
riko, sory gue Cuma anggep loe temen.” agni langsung pergi, cakka sama riko
Cuma bisa mematung liatin agni pergi.

” ini semua gara2 loe tau nggak?!” bentak cakka sambil narik kerah riko.

“ heh loe! Emang gue nggak tau cerita loe sama agni kaya gimana?!” bentak riko balik sambil nglepasin tarikan cakka kasar.

“ mau loe apa sekarang? Setau gue loe ketua osis, kenapa nggak tau adat ngambil cewe orang?”

“ heh! Ini masalah pribadi gue! Ngapain loe bawa2 yang lain?! Ngrasa kalah loe sama gue?”

” sialan!” cakka emosi tinggkat tinggi hampir aja pukulannya mendarat lagi dimuka riko, tapi ditepis sama riko.” Mau loe apa sekarang?”

” kita tanding! Kalo gue yang menang, loe iklasin agni buat gue! Kalo gue kalah, gue bakal mundur buat kejar agni!”

” tanding apa?”

” balapan motor! Deal?”

” deal!” jawab cakka yang terbawa emosi.

” gue tunggu loe minggu depan di track deket sekolah gue!”

“ oke!” mereka berdua bubar.

@ rumah sakit.

Rio teriak2 nggak karuan nahan sakit yang kebangetan gara2 kemoterapi.

” arghhh...mama...sakit ma...sakit banget ma....” jerit rio sedikit tertahan sambil guling2, tangannya coba peluk badannya sendiri.

” iya mama tau! Sabar ya sayang! rio yang kuat ya!” bu manda memberi semangat, sebenernya air matanya juga mau jatuh tapi buat rio bu manda berusaha kuat.

“ sakit ma..argghh...sakit...rio nggak kuat ma...sakit banget...”

“ iya sayang, rio yang sabar ya! Mama tau rio kuat.” Kata bu manda yang bingung harus ngapain liat rio kesakitan sambil ngusap keringat di muka rio yang udah mangucur deras
gara2 nahan sakit. Tiba2 rio angkat kepalanya buat jauhin tempat tidur, dia
muntah2, abis itu terbaring lemes, tenaganya udah bener2 abis.

Dokternya datengin bu manda dan rio.

“ biar rio istirahat sebentar ibu! Tenaganya pasti terkuras buat kemoterapi ini, tapi rio hebat bu, sampe sekarang kondisinya masih stabil dengan aktivitasnya yang
banyak. Mari ke meja saya sebentar.” Kata dokter, bu manda langsung ikutin
dokter ke mejanya.

Di meja dokter yang diskat sama bed pasien.

Ray udah duduk disana, nggak berani temenin rio, nggak tega juga.

“ ma, gimana kak rio?” tanya ray ke bu manda.

“ lagi istirahat! Kamu temenin sana! kakak kamu udah tenang kok!” suruh bu manda. Ray dengan langkah berat jalan ke tempat rio.

” kak..” sapa ray pelan, rio yang abis manatap kosong keluar jendela liatin ray.

” hmm.” jawabnya lemes.” gue haus.” lanjutnya pelan. Ray langsung ngambilin minum rio, rio minum pake sedotan.

” gimana keadaan loe?”

” mendingan, mama mana?”

” tu lagi sama dokter.”

” gue boleh pulang belom?”

” kata dokter, pulangnya nunggu loe baikan, kalo loe udah baikan ya boleh pulang, tapi jangan dipaksain!”

” gue udah baikan, pulang yuk! Nggak betah gue!” rio bangkit pelan2. terus dia jalan ke meja dokter pelan2 juga+sempoyongan.

“ eh, rio kok udah kesini?” tanya bu manda sambil ngangkat tasnya yang dia taro dikursi buat mempersilahkan rio duduk.

“ rio udah baikan kok.” Jawab rio sambil duduk.

“ gimana rio?” tanya dokter.

“ dok, ada paket yang kemoterapinya enakan nggak? Sakit banget ni dok.” jawab rio sambil cengar-cengir, suaranya masih serak abis teriak2. pastinya dokternya juga
bingung mau jawab apa.” eh ray, dari pada loe nganggur, mending loe pijitin
gue, badan gue pegel banget ni!” suruh rio ke ray.

” heu..” dengus ray.” yang mana?” tanya ray ½ nggak iklas.

” sini deh!” kata rio sambil nepuk pundaknya. Ray pijitin rio sambil dengerin penjelasan dokter.

“ rio, kondisi kamu saat ini stabil, tapi jangan terlalu banyak beraktivitas karena stelah kemoterapi kondisi kamu akan melemah juga, minggu depan jangan lupa, ini ada
beberapa tambahan obat yang harus kamu minum!” jelas dokter sambil ngulurin
resep.

“ ya ampun! Obat lagi!? Tapi dok, minggu depan saya ada ulangan semester, kalo saya bolos seminggu gimana dok?” tanya rio seenaknya.

“ kalau berobat yang bener loe!” sela ray sambil pukul pundak rio.

“ dok, kan ada efek rambut bakal rontok, jangkanya berapa hari ya?” tanya rio lagi.

“ dua-empat minggu setelah ini, tergantung dari ketahanan kamu juga.”

” heu..lumayan! masih bisa basket, pensi, sama ke lombanya ray!” rio menyusun jadwalnya.

” tapi rio, bukan maksud dokter ikut campur, tapi dokter mengusulkan kamu mundur dari posisi yang penting, kamu tau kondisi kamu yang bisa drop kapanpun? Dan kalau posisi itu
tidak kamu tinggalkan, apa yang terjadi kalau kamu down di saat yang
diperlukan?”

” kayanya juga harus gitu deh dok! Tapi selama saya masih kuat saya usahakan yang terbaik.” rio ngeyel.

” baru kali ini saya nemu pasien bandelnya setengah mati, kebanyakan pasien saya, biasanya sudah dikarantina kalau sudah mengidap penyakit seperti kamu, kamu masih saja
nurut mau sendiri.”

” hhe..saya jadi terharu!”

” nggak ada yang muji loe!” sela ray jengkel.

” sudah dok? Kami permisi dulu.” pamit bu manda. Mereka pulang.

Di jalan.

Ray nyetir mobil rio. Rio sama bu manda duduk di joke belakang.

“ ma, rio pengen tidur di pangkuan mama kaya dulu!” pinta rio.

“ sini!” rio tidur di pangukuan bu manda.” Rio udah baikan sekarang?” tanya bu manda sambil ngelus rambut rio.

“ arghh..ma, kepala rio sakit.” Erang rio pelan sambil pegangin kepalanya.

“ aduh, gimana sayang? Sakit banget ya?” tanya bu manda agak bingung.

“ udah nggak terlalu.” Kata rio pelan.” Ray, loe bawa mobil yang bener! Nggak usah nengak-nengok!” lanjutnya, ternyata rio agak nglirik ke ray yang dari tadi
tengak-tengok kawatir sama dia. Beberapa waktu kemudian mereka sampe di rumah.

@ rumah ify.

Agni dateng ke rumah ify sambil nangis2.

“ agni, loe kenapa? Kok sampe nangis2 gini sih?” tanya ify kawatir.

” tadi riko nembak gue, terus..terus..hickz..hickz..” cerita agni terisak.

” loe tenangin diri loe dulu deh! Ini minum dulu!” kata ify sambil nyodorin minum ke agni.

Setelah agni tenang.

“ kenapa loe sampe kacau gini sih ag?” tanya ify lembut.

“ gue tadi ditembak sama riko, terus cakka liat dan dia tau semuanya, mereka berdua tadi berantem di taman, gue suruh mereka berhenti terus gue tinggal mereka ke sini,
gue sebel banget sama mereka berdua!” jawab agni menggebu2.

“ terus loe sama kak cakka gimana?”

” nggak tau! Gue pusing!”

” em..gini, loe mending sekarang pulang loe tenangin diri loe, besok loe bicarain ini baik2 sama2 kak cakka!”

” tapi gimana kalo cakka marah sama gue?”

” gue yakin nggak! Dia sayang banget sama loe! Mungkin tadi dia emosi karena takut kehilangan loe.”

” oke! Gue pulang dulu ya fy! Makasih.” Pamit agni.

“ iya sama2! Ati2 di jalan ya ag!”
bersambung...
Keesokan harinya, jam istirahat.

D’orions dan ify dkk mengadakan meeting di ruang musik buat masalah cakka yang berangkat sekolah babak belur dan abis diinterogasi guru bimbingan koseling, cakka bilang kalo
dia abis jatuh naik motor.

“ cak, agni, loe berdua sekarang cerita sama kita!” suruh rio. cakka sama agni cerita masalah mereka ke yang lain, termasuk tantangan riko ke cakka.

“ terus, sekarang gue tanya ke agni! ag, loe jawab yang jujur! Apa loe juga suka sama riko? Gimana perasaan loe sama dia dan sama cakka sekarang?” tanya rio lagi.

” gue nggak ada perasaan apapun ke riko, gue Cuma anggep dia temen, udah! perasaan gue ke cakka masih sama kaya yang dulu, gue masih sayang sama dia, Cuma sekarang gue nggak
terima dijadiin barang taruhan kaya gini, aturan loe bisa percaya sama gue
cak!” jawab agni yang udah nggak nangis2 kaya waktu sama ify kemaren.

” sory ag! Gue emosi kemaren, gue nggak bisa liat loe sama cowo lain, gue sayang sama loe, gue nggak mau loe ninggalin gue!”

” heu..mana besok udah semesteran lagi!” keluh gabriel.

” hmm..cak, loe nggak bisa batalin balapan loe sama riko?” tanya alvin.

” kalo gue batalin, pasti dia bakal terus ngejar2 agni.”

“ mending sekarang gini, loe berdua tenangin diri kalian dulu! sekarang yang penting loe berdua kan masih sama2 cinta, so, loe berdua harus saling percaya! Buat urusan
balapan kita pikir setelah ujian selese, gue yakin semuanya bakal tetep baik2
aja! Gue tau riko bukan pecundang, dia orang yang mau mengakui kesalahannya.”
Rio memberikan solusinya.

“ tapi gimana kalo riko tetep ngejar2 agni?” tanya ify.

“ hmm..sekarang semua keputusan ada di tangan loe ag, Cuma loe juga yang bisa batalin semuanya.” Kata rio.

“ gue udah bilang ke riko kalo gue nggak cinta sama dia, dan gue bilang sama dia kalo dia harus batalin balapannya! Tapi dia bilang balapan itu bakal tetep terjadi soalnya
cakka udah setuju, sebagai cowo pantang buat narik kata2nya lagi! Satu lagi
ancaman dia, dia bilang dia nggak bakal ganggu gue kalo cakka juga nggak
berhubungan sama gue sampe keluar pemenang balapannya.”

“ ya ampun! Jadi ribet gini urusannya!” keluh cakka sambil obrak-abrik rambutnya sendiri.

“ makanya kalo nglakuin sesuatu jangan pake emosi!” nasehat alvin.

” sory, kayanya gue punya usul tapi emang berat.” Sela shilla.

“ gimana?” tanya yang lain.

“ gimana kalo selama kita nunggu sampe keluar pemenang balapannya, kak cakka sama agni break dulu?”

“ hah?! Break?” cakka-agni kaget.

“ yo, biasanya ide loe brilian buat masalah kaya gini, loe ada ide yang lebih inovatif nggak?” tanya cakka berharap ke rio.

“ sory cak! Kali ini gue sependapat sama shilla, ini buat loe berdua juga, kalo loe tetep berdua dan riko tau, dia bakal gangguin agni, loe nggak kasian ujian agni keganggu? terus apa konsentrasi loe nggak bakal
buyar liat riko deketin agni?
Mending
sekarang kita konsen buat ujian kita dulu!” jawab rio.

“ gue bisa ngiri dong kalo liat loe bertiga mesra2an? Terus gimana kalo gue kangen sama agni?”

” satu minggu doang bro! Loe kan masih bisa liat agni, gue juga udah janji sama bokapnya shilla kalo selama ujian gue nggak boleh saling ganggu, buat kenaikan kelas ni,
agni kan mau penjurusan juga, dan kita mau kelas 3 cak!” jawab gabriel.

” iya deh!” akhirnya cakka sama agni setuju.

@ smp tunas negara.

Latian band hari ini kacau banget, nggak ada kerjasama, ozy dari tadi salah mulu main gitarnya, olivia suaranya nggak ada feelnya, goyah terus nadanya, pak ciko udah negur
mereka berkali2, mereka juga udah minta maaf berkali2, tapi tetep aja salah.

” stop!!!!” teriak ray mulai kesel, yang lain jadi liatin ke dia bingung.” Woy, zy! Liv! Loe berdua niat latian nggak? Bisa profesional dikit nggak? kita juga capek ngledenin loe berdua!” bentak ray.

“ heh! Loe! Loe sadar nggak kalo loe yang bikin masalah ini?” bentak ozy balik. Yang lain bingung liatin ozy sama ray bertengkar kaya gini, nggak biasanya! Biasanya mereka kompak banget.

“ itu masalah pribadi! Loe tau nggak kita disini buat kepentingan sekolah kita?!”

“ terus ngapain loe pake latian kita ini buat deketin acha? Makan temen loe!”

” heh! Gue nggak pernah deketin acha, gue Cuma nganggep dia temen, gue nggak suka sama dia, tertarik aja nggak! Oke! Gue akui dia cantik! Udah! Makanya loe kalo suka sama
dia bilang dong!” ray kelepasan. Setelah itu mereka berdua diem.” zy, sory, gue
nggak maksud ngomong gitu tadi, tapi gue serius, gue nggak ada perasaan apapun
sama acha, dia punya loe, zy!” kata ray pelan.” liv, gue pengen ngomong sama
loe!” lanjutnya ke olivia, ray narik tangan olivia pelan buat keluar ruangan,
olivia ikut aja.

Ozy deketin acha.

” cha, aku juga pengen ngomong sama kamu.” kata ozy yang akhirnya mau bicara sama acha.

Acha yang dari tadi nunduk dengerin perdebatan ray sama ozy, akhirnya liatin ozy.

” em..cha, maaf selama ini gue nggak jujur sama loe, sebenernya gue suka sama loe, gue sayang sama loe, mungkin terlalu cepat buat loe denger pengakuan gue ini, tapi gue nggak
bohong! Gue tulus cinta sama loe, loe cewe pertama yang bisa bikin gue jatuh
cinta.” ozy menyatakan perasaannya, nggak tau tiba2 dia dapet keberanian yang
entah darimana datangnya.

” em..kak, masalah kak ray, acha kemaren Cuma bilang kalo kak ray itu keren, dia drummer nasional, ketua osis, pinter, udah! Acha Cuma kagum sama kak ray, tapi iley
mungkin ngartiinnya salah.” jawab acha pelan.

” terus, gimana perasaan loe ke gue?”

” kak, jujur acha juga suka sama kakak.” jawab acha malu2 kucing.” kakak baik, pinter juga, kakak juga ganteng!”

” em, cha, loe mau jadi pacar gue?” pinta ozy spontan, deva, nyopon, sama iley celangap. Acha diem beberapa waktu.” gimana cha?” acha belum memberi jawaban.

Di luar.

Ray sama olivia ngobrol berdua.

” liv, loe masih marah sama gue?” tanya ray ragu2.

” menurut loe?” balas olivia jutek.

” jangan dong! Loe tadi kan udah denger penjelasan gue, gue Cuma sayang sama loe, loe yang udah berhasil ngrubah gue, Cuma buat loe gue iklas nunggu!” kata ray memelas.

” nggak kok! Gue percaya sama loe! Em..ray penawaran loe bisa berlaku dan bisa gue jawab sekarang nggak? Gue punya
jawaban bagus ni!”

” yang mana?”

” em..yang loe nembak gue!”

” ow..gue tawarin lagi, tapi awas ni kalo ditolak lagi!” kata ray sambil senyum2, tangannya grayangan mau petik bunga mawar yang lagi kembang dibelakangnya. Ray sujud di
depan olivia sambil ngulurin bunganya.” liv, mungkin kamu pernah dengar dari
mereka gimana aku sebelumnya, tapi satu hal yang harus kamu dengar dari aku
saat ini dan aku mohon kamu percaya sama aku, kamu udah ngrubah aku seutuhnya
jadi ray yang baru, sekarang aku tau apa artinya cinta, olivia mau nggak jadi
pacar aku?”

” sebelum aku jawab, aku pengen kasih berita bagus buat kamu, mama-papa udah ngijinin aku pacaran, jadi kita nggak harus backstreet, asal nilai2 kita nggak turun yang
kedua, aku mau jadi pacar kamu.” kata olivia sambil nerima bunga dari ray, dia
cium bunganya, dan tiba2..

” ray...ada uletnya..” teriak olivia panik sambil lempar bunganya.

” haduh..maaf, gue nggak liat!” kata ray ikutan panik sambil buang jauh2 bunganya.

Kembali ke dalam.

” gimana cha?” tanya ozy sekali lagi.

“ em..kak, acha nggak bisa...” ozy lemes.” Acha nggak bisa kalo nggak terima kakak!”

” yang bener cha?” tanya ozy girang, acha ngangguk. Ozy lari ke deva terus peluk deva.

“ deva..gue jadian sama acha, i loph yu!” kata ozy sambil lompat2.

” iya! Gue ikut seneng! Tapi loe jangan kaya gini dong!” kata deva sambil dorong badan ozy.

” ray dimana?”

” di luar sama oliv.” Jawab deva datar. Ozy lari keluar, acha sampe nggak dipeduliin.

“ ray mamen..gue seneng!!! Makasih banget bro...” kata ozy sambil peluk ray.

” eh..heh..loe ngapain? Loe kesambet apaan?” ray bingung sendiri, dia usaha minta bantuan ke olivia buat lepasin ozy, tapi olivia juga bingung harus ngapain. Akhirnya ray
dorong badan ozy.

” ray..gue jadian sama acha!!” cerita ozy dengan semangatnya.

” yey..selamet dah bro!!” jawab ray juga semangat.” loe nggak mau kasih selamet ke gue juga?” lanjut ray sambil lirik ke olivia yang lagi senyum2.

” loe? Loe udah jadian sama oliv?” tanya ozy memastikan.

” yoi!” jawab ray.

” jiah! Sohib2 gue pada punya cewe sekarang?! Tinggal gue dong high quality jomblonya?” sela deva sambil rangkul ray sama ozy.

” hha..gimana sama keke loe itu?”

” hmm..gue bakal bikin acara penembakan terspektakuler! Loe liat berdua!” kata deva bangga. Mereka ketawa bertiga.

Selama seminggu d’orions sama ify, shilla, sivia, dan, agni, konsen sama ujian semester mereka, nggak basket dan nggak ngeband, gara2 aksi solidaritas buat cakka-agni, mereka
ber8 jarang ngumpul dan masing2 pasangan jarang pacaran juga.

Ray sama bandnya terus sibuk latian dengan semangat xtra!

Hari ini hari terakhir ujian, d’orions ngumpul di rumah leader tanpa pengangkatan mereka, pastinya rio.

“ bro, gue nggak siap buat besok, gimana kalo gue nggak menang lawan riko?” kata cakka yang lagi duduk di jendela kamar rio yang modelnya geseran.

“ bukannya loe paling jago kalo buat balapan?” tanggap alvin yang duduk di lantai sambil nyandar di tempat tidur rio sambil main psp rio.

“ tapi ini beda vin, ini taruhannya cewe gue!”

“ mampus dah loe!” jawab alvin.

“ apa maksud loe?” omel cakka.

“ ini karma loe kali! Loe kan sering banget mainin cewe! Sekarang giliran loe yang cinta mati ada aja penghalangnya!”

” sabodo tueing! Yang penting sekarang gue udah insap! Berani dicium kambing kalo gue macem2 sama agni, beneran Cuma dia di hati gue, sebenernya dari dulu juga Cuma dia, Cuma
agni cewe yang bisa ngertiin dan nyambung sama hobby gue! Biar tomboy dia itu
manisss..banget, apalagi sekarang, widih...gayanya! tomboy2 cantik girly gimana
gitu! Manteb dah! Cewe loe lewat semua! gue nggak pernah bosen liatin dia.”

“ hah! Lelaki buaya darat..” gabriel nyanyi.

“ busyet!!” sambung alvin.

“ apa lagi?!”

“ seinget gue loe juga bilang kaya gitu ke kita waktu sama mantan2 loe! Buat nama baik cowo tercemar loe! Padahal nggak semua cowo kaya loe!”

“ oke gue ngaku salah! Tapi gue serius sama agni, biar dia nggak secute sivia atau secantik ify, atau semodis shilla, buat gue dia yang terbaik! Dia buat gue nggak ngaruh
sama sekali sama kehadiran shilla, sivia, ify, coba kalo agni nggak masuk sma
putra bangsa juga?! Udah gue embat tu cewe2 loe!”

“ wah..kalo sampe kejadian loe mainin sivia, rasain ni bogem gue! Eh, berat ni! Loe udah beneran insap kayanya, salut buat agni dah!”

“ kita hajar sama2 ni bocah kalo kejadian!”

” yang penting kan nggak! Terus gimana pertandingan gue besok? Gue nggak yakin ni?!”

“ ini namanya loe lagi krisis pd! Gue yakin loe bakal menang cak!” tambah gabriel yang lagi tengkurep di kasur rio.

“ seger dah!” kata rio oot, dia abis mandi.

“ heh! Nggak nyambung loe!” saut gabriel sambil lempar bantal.

“ apaan sih?” tanya rio sambil duduk di meja belajarnya.

“ masalah cakka no!” jawab alvin.

” halah! Loe pasti menang cak! Loe pegang dah kata2 gue!” kata rio memberi semangat.” Besok jam berapa?”

“ jam 9 pagi!”

“ agni dateng?”

“ iya! Katanya dia mau bawa ify, shilla, sama sivia juga!”

” loe pd aja! Gue tau loe paling jago buat balapan!”

“ oke! Thanks!”

Keesokan harinya.

Cakka sama riko udah stand by di atas motornya, siap2 buat balapan. Agni yang jadi jurinya langsung.

“1..2..3.go!!!” seru agni sambil angkat benderanya.

Balapan dimulai susul menyusul seru banget, tapi fair! Agni di garis finish harap2 cemas, gitu juga yang lain, nggak lama dari jauh udah kliatan dua motor yang siap melesat ke finish, tapi kecemasan agni bertambah
pas liat riko yang didepan, tapi tiba2 WUING... cakka nyelip riko, dan finish
duluan.

“ cakka...” teriak agni sambil lari ke cakka.” Selamet ya!” ucapnya sambil peluk cakka dari samping.

” iya! Ini buat loe!” jawab cakka sambil obrak-abrik rambut agni.

Tiba2 riko menghampiri mereka.

” loe menang cak! Gue bakal tepatin janji gue! Loe jaga agni yang bener! Dia nggak pantes disakiti!” ucap riko.

“ iya! Gue bakal jaga dia!” jawab cakka datar.

Ditempat yang tidak jauh dari situ yang lain lagi merencanakan sesuatu buat mereka, setelah rencana matang mereka nyamperin cakka-agni yang udah ditinggal sama riko.

“ woy! Selamet ya! Nggak jadi mandek di tengah jalan kalian! Hha..” ucap alvin

“ sialan loe nyet!” kata cakka ngambek.

” kurang ajar loe panggil cowo ganteng kaya gue nyet!” alvin ikutan ngambek.

” kita punya rencana buat rayain kemenangan loe cak!” kata gabriel.

” apaan?” tanya cakka-agni penasaran.

” ada deh! pokoknya loe dandan yang keren.” Jawab rio.

“ loe juga ag, dandan yang cantik.” Tambah shilla.

“ gue request, loe pake gaun ya ag! Skali2 buat gue!” bujuk cakka.

“ suka2 gue dong!” jawab agni.

“ udah! kita tar malem janjian di nice love caffe, jam 7!” kata gabriel.

“ oke!” jawab yang lain kompak.

Sore harinya di rumah deva.

Deva udah dandan seganteng2nya, ray sama ozy juga udah ngumpul.

“ ray! Loe culik keke sekarang!” suruh deva.

Ray nurut, dia kerumah keke, nggak lama dia bawa keke ke deva yang udah nunggu di belakang rumahnya,

“ apaan ni?” tanya keke bingung.

” hey, ke?” sapa deva.

” gue tinggal dulu, good luck bro!” ucap ray terus dia masuk ke rumah.

“ em..ke, gue pengen ngomong sesuatu ke loe.” Kata deva pelan.

“ apa?”

“ em..ke, gue sayang banget sama loe, gue cinta sama loe.” Deva membuat pengakuan, keke melotot.” loe itu wanita terindah yang pernah gue temui, cinta gue ke loe jauh lebih kuat daripada batu intan, lebih indah dari
permata, ke, loe mau nggak jadi pacar gue?”

“ loe serius dev?”

“ he’emh!” deva ngangguk2 yakin.

“ iya deh! Gue mau!” jawab keke lembut. Spontan deva peluk keke.

“ eh, dev, nggak enak pada diliatin!” kata keke kaget.

“ jiah! Cie...” seru ify, ray, sama ozy kompakan, dari tadi mereka ngintip.

” mana pjnya?” tagih ify.

” apaan?! Loe sama kak rio aja belom ngasih pj ke gue kok! Loe berdua juga! Aturan loe berdua duluan yang kasih pj ke gue!”

” hhe.. iya dah! Gue pulang duluan, udah magrib ni.” pamit ray.” Kak ify, loe cantik banget! tumben? Hha..” lanjutnya ke ify.

“ mau dinner ni.” Jawab ify datar.

“ sama kak rio?” tanya ray lagi.

” nggak! Sama justin bieber! Ya iya lah!”

“ o..gue pulang dulu deh! Yuk zy!” ray sama ozy pulang.

@ rumah rio.

Nggak tau kenapa ray pengen cepet kasih kabar ke rio kalo ify hari ini cantik banget. Dia langsung nylonong ke kamar rio tanpa permisi.

“ kak..kak rio..” panggilnya, rio nggak nyaut. Dia jalan ke deket kamar mandi rio. Tiba2.

“ kak rio...” teriak ray panik liat rio lagi pingsan di dekat pintu kamar mandi, ada bekas darah di hidungnya. Ray tolongin rio, dia tampar pelan pipi rio.” Kak, bangun
kak!” katanya panik. Ray ambil hpnya terus telphon papanya.

“ pa, kak rio kambuh pa! Dia pingsan! Buruan pulang pa! Ray takut!” cerocos ray setelah telponnya diangkat.

“ iya! Papa pulang! Kamu tenang dulu! Jagain kak rio!” kata pak putra. Pak putra langsung buru2 ke parkiran, terus ngebut pulang.

Sampe rumah.

Pak putra lari nolongin rio, terus mereka bawa rio ke rumah sakit.

@ rumah sakit.

Rio lansung dibawa ke icu.

Ray sama pak putra nunggu di ruang tunggu.

“ gimana rio?” tanya bu manda yang baru dateng dengan paniknya.

“ belum tau! Masih diperiksa dokter.” jawab pak putra

” ray, gimana critanya sih?” tanya bu manda lagi.

“ ray juga nggak tau ma! Tadi pas ray pulang kak rionya udah pingsan, ni ma, hpnya kak rio masuk bak kamar mandi.” Jawab ray sambil ngulurin bb rio yang mati.

@ rumah ify.

Ify mulai sebel nungguin rio yang nggak dateng2, udah telat 15 menit sama waktu yang dijanjikan buat ketemuan. Ify coba sms nggak masuk, ditelphon nomernya nggak aktif.

@ nice love caffe.

Alvin-sivia sama gabriel-shilla yang bertugas nyari tempat udah siap di meja mereka, nunggu ify-rio dan pastinya cakka-agni. Dari jauh mereka liat cakka-agni dateng.

“ itu cakka!” kata alvin sambil nunjuk ke cakka.

“ hey..” sapa cakka-agni kompakan.

” hey..duduk gi!” jawab shilla.

” lah? Rio sama ify mana?” tanya cakka.

” nggak ngerti!”

” aturan mereka kan dateng duluan dari pada gue!” keluh cakka.

Sesungguhnya dia ada di dekatmu..suara hp alvin.

“ ify telphon!” kata alvin, terus dia angkat telphonnya.

” hallo fy.”

” hallo kak, kak rio udah disana belum?” tanya ify.

” belum! Kok loe malah tanya ke gue?”

” dari tadi dia nggak jemput gue! Gue sms pending, gue telphon nggak aktif!” kata ify agak jengkel.

“ hah? Kok gitu?”

“ nggak tau! Kakak coba deh!”

“ iya bentar!” alvin jauhin hpnya.” yel loe coba telphon rio!” suruhnya ke gabriel, gabriel ikutin.

“ nggak masuk vin!” jawab gabriel, cakka ikut2an nyoba.

“ gue juga nggak bisa!” tambah cakka.

“ hallo fy, loe masih disitu?” alvin balik ke ify lagi.

“ iya kak! Gimana?”

“ nggak nyambung juga!”

“ heu..kak rio kemana sih? Ngrusak acara aja tu orang!” gerutu ify.

“ terus gimana fy? Nggak biasanya rio kaya gini!”

“ emh..kalian mulai tanpa gue sama kak rio aja deh! Tar kalo kak rio dateng gue nyusul.”

“ nggak papa fy?”

“ iya!”

“ kita nunggu loe aja deh!”

” terserah kalian aja deh!” ify tutup telphonya, dia nunggu rio di ruang tamunya tapi nggak dateng2, sampe ketiduran.

Alvin, cakka, gabriel, shilla, sivia, sama agni juga udah sampe jamuran nunggu, tapi nggak dateng juga. Mereka Cuma ngalamun sambil liatin kosong ke lilin, lama banget.

” gimana ni?” tanya gabriel.

” udah lah! Sekarang loe jelasin rencana kita yang berantakan ke cakka, besok kita minta penjelasan ke rio!” jawab alvin.

” heu..kenapa tu bocah!? Nggak biasanya kaya gini, oke lah! Cak, agni sebenernya kita mau bikin candle light dinner buat loe berdua tapi semua rencana yang nyusun rio, kita
semua tinggal nyiapin tempat, sekarang rionya malah ngilang, jadi acara kita
batal!” jelas gabriel dengan berat hati.

” heu..makasih buat acaranya! Walopun batal gue seneng kok! Kalian emang sohib terbaik gue! Tapi gue beneran penasaran rio
kenapa? Ngilang kaya gini bukan dia banget!”

“ mending sekarang kita pulang! Besok kita cari penjelasan ke kak rio!” usul shilla.

” iya deh! Udah malem juga!” jawab gabriel.

bersambung...
@ rumah sakit.


Setelah sekian lama meriksa rio, akhirnya dokter keluar juga.


“ gimana anak saya dok?” tanya pak putra spontan.


“ rio kritis pak! Saat ini dia koma, kita berdoa semoga dia cepat membaik, kami juga banyak berharap dari jiwa fighting rio pak.” jawab dokter dengan berat
hati.


” kok bisa dok?” tanya pak putra setengah nggak percaya.

setiap orang punya batas untuk menghadapi rasa sakit, dan rio mungkin karena rio tubuh rio tidak sanggup menerima dosis obat yang diberikan untuk
penyembuhannya.”


” boleh kami jenguk rio pak?” sela bu manda.


“ silahkan!” bu manda, pak putra, sama ray buru2 masuk ruangan.


Bu manda shock liat kondisi rio yang terbaring koma, nangis di pelukan pak putra. Nggak tau dapet keberanian dari mana, ray yang biasanya nggak tega liat rio
sakit kali ini berani deketin rio.

kak rio, ini gue, ray! Gue yakin loe bisa denger gue! Loe bangun dong! Tunjukin semangat seorang mario yang buat semua
orang bangga dan kagum sama loe! Loe nggak kasian liat mama nangis?
Dan loe tau?! Kak ify udah dandan cantik banget buat loe, loe nggak
mau liat dia lagi? Plis kak, bangun!” kata ray datar dari samping
rio, berharap rio bakal bereaksi, ternyata nggak. Malem ini ray, bu
manda, sama pak putra nginep di rs nunggu rio.


Keesokan harinya.


@ rumah sakit.

Ray nggak mau berangat sekolah gara2 mau nemenin rio, bu manda juga nggak kerja, pak putra tetep kerja seperti biasa. Rio masih belum sadar.


@ sma putra bangsa.

Alvin, cakka, gabriel, shilla, sivia, agni, dan terutama ify berharap banget dapet penjelasan dari rio hari ini, tapi ternyata rio nggak berangkat.

Pulang sekolah mereka meeting lagi.

rio kemana sih? Kemaren batalin janji tanpa keterangan, hari ini alfa gitu aja! Untung otak dia bisa diandelin jadi nggak ada remid yang harus dia
ikutin.” kata gebriel.


” fy, loe beneran nggak tau rio kemana?” tanya cakka ke ify.

gue nggak tau! Gue juga lagi bingung! Kak alvin loe kan sohibnya rumah loe juga paling deket, masak loe nggak tau kak rio kemana?” kata ify.

tadi pagi gue ke rumahnya, tapi bener2 kosong nggak ada orang, ray nggak ada, om putra juga, tante manda juga nggak ada, rionya apa lagi.” jawab alvin.

hah! Kemana sih tu bocah?! Nggak biasanya banget!”


Dua hari kemudian..


Masih sama, belum ada yang dapet informasi dimana rio. Hari ini anak basket yang meeting ngomongin rio.


“ gimana ni? Rio sarap dah! Seenaknya dia kabur gitu aja!” omel gabriel.


“ loe semua kenapa baru sekarang ngomong sama gue kalo rio ngilang? Hah?” tanya septian.


“ gue kira dia Cuma pergi sebentar, nggak taunya berhari2 gini, lagian masak ify nggak ngomong sama loe?” Jawab alvin.

ify ngomong sama gue, tapi gue nggak tega minta kejelasan kenapa rio sama dia, ify sedih banget, harusnya loe semua juga ngomong sama gue! loe ada yang
tau nggak rio kemana?”

nggak! Kata ozy pas gue tanya gimana kabar ray, raynya juga ngilang gitu aja!” jawab gabriel.

oke! Sekarang gini, irsyad loe gue masukin sebagai pemain tetap! Hari ini loe semua latian! Tinggal beberapa hari lagi, gue
bakal cari kejelasan dimana rio.” septian memberi instruksi.


“ oke! Tapi loe harus bawa berita dimana rio!” jawab alvin yakin.

gue usahain.” septian langsung pergi.


Di rumah rio.

Septian berkali2 ketuk pintu rumah rio, nggak ada yang jawab atau bukain pintu, sampai septian akhirnya yakin kalo rumahnya kosong, dia mutusin buat nunggu,
agak lama dia nunggu, akhirnya mobil pak putra masuk ke halaman
rumah, septian nyambut pak putra.


“ sore om.” Sapa septian datar gara2 liat ekspresi pak putra yang kecapekan.


“ sore, ada perlu apa ya?”

em..saya temennya rio om, saya mau cari tau dimana rio om.” Kata septian sesopan mungkin.


“ kamu tau soal kondisi rio?”

maksud om, soal penyakitnya? Kalo iya saya tau om!” jawab septian.


“ hemh..kamu tunggu sebentar! Nanti saya bawa kamu ke tempat rio!” septian nunggu beberapa waktu.


“ ayo!” ajak pak putra sambil nepuk pundak septian dari belakang.

iya om! Saya ikutin om pake mobil saya.” Mereka berangkat ke rumah sakit.


@ ruang icu.


” ayo nak!” ajak pak putra sambil nutup pintu kamar, septian Cuma bengong liat siapa yang lagi terbaring tak sadar di tempat tidur.” rio koma.” lanjut pak
putra datar pas sadar septian agak kaget.


” udah berapa lama om?”

3 hari.” septian deketin rio.

yo, ini gue septian, loe bisa denger gue kan? Loe kapan mau bangun? Udah cukup istirahatnya bro! Temen2 loe udah uring2an gara2 loe ngilang gitu
aja! Ify udah sampe bengkak matanya nangisin loe, dia kangen berat
sama loe, gue udah capek dieminnya!
Dia
besok ulang tahun bro, loe inget kan? Dia pengen banget ngrayain sama
loe, Kemana semangat loe? Masak baru gini aja loe nyerah? Bangun ya
yo!” bisik septian di telinga rio. tiba2 septian liat jari rio
gerak.

om! Jari rio gerak!” seru septian. Pak putra buru2 pencet bel rs buat manggil dokter. Nggak lama dokter dateng.


“ kenapa pak?” tanya dokter.


“ tadi jari rio gerak dok!” jawab pak putra.

kalau begitu, kalian keluar dulu sebentar! Kami akan periksa.” usir dokter. Septian sama pak putra nunggu di depan pintu. Nggak lama bu manda
sama ray yang baru dari kantin dateng.


” kok pada disini?” tanya bu manda agak panik.


” tadi jari rio gerak, terus sekarang dokter lagi melakukan pemeriksaan!” jawab pak putra. Bertepatan dengan selesainya penjelasan pak putra dokter keluar
dengan muka sumringah.


” gimana rio dok?” saut bu manda.


” rio sudah lepas dari masa kritisnya, tapi dia masih belum sadar.” jelas doter.


“ terima kasih tuhan..” ucap ray, septian, pak putra, dan bu manda.

boleh kami masuk dok?” tanya pak putra.


“ boleh!” bu manda dan pak putra masuk duluan.


Ray sama septian masih ngobrol di luar.


“ ray, loe punya nope gue kan?”


“ iya!”


“ loe kasih tau terus perkembangan rio ke gue ya!”


” iya deh!”


” masuk yuk! Gue pengen pamitan sama bonyok loe!” septian sama ray masuk ke kamar lagi, setelah pamitan septian pulang.


Keesokan harinya.


Septian nyuruh alvin, gabriel, cakka, shilla, sivia, agni, dan ify ngumpul di depan sekolah.


” hemhh..gue pengen ngomong penting sama kalian, kayanya emang udah waktunya kalian tau dimana dan kenapa rio, fy sory kalo loe harus tau ini semua di hari
ulang tahun loe.” kata septian.


” kak rio kenapa? Dia dimana?” tanya ify mulai panik.


” dia..” zrrtt..zrrtt..omongan septian diputus sama getar hpnya.


From : ray


Kak, kak rio udah sadar!


” dia kenapa?” tanya alvin makin penasaran.


” gue bakal kasih tau semua tapi gue minta loe semua bisa saling nguatin ya! Jangan sampe rio liat loe semua sedih! Gimana?” yang lain ngangguk.


” oke! Loe semua ikut gue!” mereka semua berangkat ke rumah sakit dengan bonceng2an motor.


@ depan ruang icu.

semua, rio lagi sakit di dalem! Lebih jelasnya rio yang punya hak buat jelasin, loe semua tunggu di sini bentar ya! Jangan
masuk sebelum gue suruh!” kata septian, yang lain pasrah ikutin
kata septian.


Di dalam.

hey yo.” sapa septian. Rio yang lagi ngeliat ke luar jendela langsung noleh.


“ yan.” Balasnya pelan.


“ gimana keadaan loe?”

lumayan.” Jawab rio sambil senyum.


“ yo, gue rasa ini saatnya loe bilang ke ify sama yang lain tentang penyakit loe, dan loe nggak bisa nolak! Mereka ada di depan, gue sengaja nggak ngasih
mereka masuk biar loe siap2 buat jelasin ke mereka, mereka tau loe
disini tapi mereka masih nggak tau loe kenapa.”


“ tapi hari ini kan ultahnya ify?!”

” emang! Dia pengen banget rayain bareng loe!”

em..bentar! jangan suruh mereka masuk dulu! Gue bakal jelasin semua nanti, tapi sekarang gue pinjem hp loe!” septian ulurin hpnya. Rio telphon ray.


” hallo kak tian.” sapa ray.


” gue rio! loe dimana sekarang?”

kenapa kak? Gue di rumah ambil baju.”

Ray gue minta tolong loe beliin kue tart sama mawar putih sama yang merah ya! Buat ify, loe ketuk puntu dulu kalo mau masuk kamar gue, kalo gue bilang
masuk baru loe masuk!”

“ iya!”

“ thanks bro!” rio tutup telphon dan dia balikin lagi ke septian.” Thanks yan! Sekarang mereka boleh masuk! Loe jangan bilang ke ify tentang rencana gue tadi!” septian
keluar.

“ hey, loe semua udah boleh masuk! Tapi inget kata2 gue tadi!” suruh septian. Mereka semua masuk.

hey..” sapa rio pelan, tapi nadanya tanpa dosa. Nggak ada yang jawab, masih speechless liat rio yang terbaring lemah dan masih lengkap dengan
infus dan selang alat bantu pernafasan.” loe semua kenapa? Nggak
pernah liat orang ganteng nggak berdaya gini ya?”


” r..rio..” kata gabriel gagap.


“ apa? Loe pangling sama gue? Baru juga 3 hari gue tinggal tidur.” Kata rio sambil senyum.


“ tidur?” ceplos alvin.


“ rio koma 3 hari.” Jawab septian.


” koma?” kali ini ify yang nyeplos.

heu..sini loe semua! Dengerin persconfrens gue! Tapi awas kalo ada yang nangis! Fy, loe duduk sini.” Kata rio sambil lirik
kursi di sebelah bednya. Ify ikut aja.” Hemh..gue bingung mau mulai
dari mana, oke! Pertama gue minta maaf udah hancurin acara kita buat
agni-cakka kemaren, penyakit sialan ini kumat lagi, badan gue sakit
banget, nggak tau gimana gue sampe disini, kedua, hp gue nyemplung
bak kamar mandi gue gara2 gue udah nggak sanggup kontrol diri gue,
makanya loe semua nggak bisa hubungin gue.”

banyak omong loe! Ngomong aja susah gitu!” sela alvin.


” iya! Sekarang intinya loe sakit apa?” tambah gabriel.

gue kena leukimia stadium 4.” jawab rio pelan. Pyar..gleder..kaya ada petir yang nyamber kuping yang denger. Ify langsung terpaku liatin rio,
matanya makin lama makin penuh sama air mata yang siap netes
kapanpun, agni yang baru dirangkul cakka Cuma bengong, pengen nangis
juga tapi susah, dia rasain badan cakka jadi lemes dan gemetaran,
tambah berat rangkulannya. Gabriel nunduk dan pegangan ke pembatas
bed, alvin, dia Cuma bangong nggak percaya, matanya juga mulai
banjir.


” rio! Loe anggep gue apa? Loe sohib gue dari orok! Loe pasti ada kalo gue butuh loe, tapi kenapa loe nggak percaya sama gue? Kenapa loe nggak cerita masalah
beban seberat ini ke gue?” alvin luapin amarahnya tapi tetep masih
ditahan sisanya.

gimana gue mau cerita coba? Kalian liat diri kalian sekarang? Ekspresi loe lebih ancur daripada
gue pas divonis dokter dulu!”


“ gimana kita nggak sedih coba?” kali ini ify bersuara sambil ngusap air matanya yang dleweran.

ya karena gue nggak sedih! Gue aja masih semangat! Malu2in gue loe semua, apalagi loe bertiga, pake nangis lagi?! Siapa yang suruh kalian nangis?”


Agni, sivia, shilla Cuma bisa diem bingung liatin cakka, alvin, gabriel yang mereka kenal paling anti nangis kali ini mereka beneran nangis.

woe! Jangan diterusin! Kaya cewe kalian! Jadi kebalik kan? Harusnya kalian yang ngasih semangat ke gue!” kata rio marah-marah.” kaya gue mau
kemana aja!
Loe denger gue semua, gue janji
gue bakal sembuh dan bakal tetep ada sama kalian, lap tu mata! jangan
sampe gue ikutan nangis! Mau ditaro dimana wibawa gue kalo gue
nangis!?”


” narsis loe!” kata gabriel sambil ngelap air matanya.

gue pegang janji loe yo!” tambah alvin.” Gue sebagai kapten basket sma putra bangsa minta loe mundur dari team!” lanjut alvin.


“ oke! Gue mundur! Tapi loe janji bawa piala buat putra bangsa!” jawab rio yakin.


“ kita janji bakal bawa piala buat putra bangsa dan buat loe!” jawab cakka.

kaya apa deh gue! Hhe..” rio nyengir.” Rasanya gue pengen kabur dari sini tau nggak? Bosen banget gue disini.”


“ kenapa nggak loe lakuin?” tanya ify sewot denger kata rio barusan.


“ kalo gue bisa, gue kabur dari kemaren2, sekarang gue bangun aja nggak bisa!”

sukur dah! Loe suruh istirahat aja ngeyel! Loe inget sesuatu nggak kak?”


“ apaan?”


“ loe beneran nggak inget ini hari apa?”

walopun gue abis koma tapi gue masih inget ini hari apa, hari kamis kan?” kata rio tanpa dosa. Ify manyun.


” loe nyebelin ah..”


” masak gue nyebelin? gue kan ganteng.”


“ nggak nyambung!” kata ify sewot.

“ biarin! Yang penting loe tetep sayang sama gue.”


“ siapa bilang? Orang abis ini gue kabur.”


“ boleh! Sono dah! Nggak jadi gue mau ngomong sesuatu.”


“ nggak jadi deh! Loe mau ngomong apa?”


“ hmm..ada maunya aja!”


Tok..tok..tok..pintu diketuk.

“ masuk!” jawab rio agak teriak. Ray masuk bawa kue lengkap sama lilin di sampingnya ada deva, sama ozy yang lagi bawa mawar pesenan rio.

“ surprise..happy birthday ify..” seru rio disambung nyanyian happy birthday dari yang lain.

Happy birthday ify..happy birthday ify..

Happy birthday, happy birthday, happy birthday ify..

Ify bingung, mau seneng apa sedih.

“ hhe..selamat ulang tahun alyssa, gue sayang banget sama loe!” ucap rio.

“ ah..loe nyebelin deh!” kata ify sambil pukul perut rio.

“ heh?! yang masalah nggak inget ultah loe gue emang bohong, kalo yang lain gue serius, sakit ni! Dari tadi perut gue nggak karuan malah loe pukul.” Omel rio sambil
cengar-cengir kesakitan.

“ aduh kak, maaf! Gue nggak sengaja, reflek!”

“ iya!”

“ ini semua kak rio yang buat kak ify!” sela ray.


“ makasih kak!” kata ify girang.


” iya, sama-sama!” jawab rio sambil ngacak2 rambut ify.


” heh..malah pacaran! Buruan tiup lilinnya! Keburu ngiler, pegel gue bawanya!” kata ray lagi.


Ify bangun dari kursi dan siap2 niup lilin.


” make a wish dulu kali fy!” sela agni.

eh! Gue lupa! Gue punya ide! Kita buat satu harapan sama2 aja yuk! Biar kak rio cepet sembuh!” ajak ify. Mereka semua merem dan berdoa buat
kesembuhan rio.


” fush..” ify tiup lilin.

Potong kuenya..potong kuenya..yang lain nyanyi lagi. Setelah selese motong kue partama.

potongan pertama gue mau kasih buat kak rio.” Kata ify terus dia deketin rio lagi.” Ni buat loe kak! Makasih buat semuanya, gue sayang banget sama loe,
gue janji gue bakal ada saat loe butuh gue! Satu lagi gue minta sama
loe, loe jangan pernah ngumpet2 atau nahan lagi kalo loe sakit.”
lanjut ify sambil senyum.

iya! Loe boleh bagi sakit loe ke kita semua yo!” tambah alvin.


” thanks semua! Makasih fy, loe udah mau terima gue apa adanya gue, maaf juga kalo hari ini jadi hari ulang tahun yang menyedihkan buat loe, gue juga minta satu
hal sama loe, loe jangan nangis lagi ya! Loe nggak boleh jadi cewe
cengeng lagi! Buat gue.”


” iya, gue janji!”

kak, kak rio punya ini buat loe.” Sela deva sambil ngulurin rangkaian mawar merah-putih.

“ wi..bagus! kak rio so sweet..” kata ahilla sama sivia barengan.


” praktek pelajarannya cakka tu!” sela gabriel.


“ apa maksud loe?” omel cakka.


” itu kan dari pelajaran loe yang bab 1 cak! Ngrayu!” jawab alvin.


” sialan loe nyet..nyet..”


” kurang ajar loe bilang kita nyet.” omel gabriel.


” hhe..fy, sory Cuma itu yang bisa gue kasih ke loe, sory gue nggak bisa nyiapin kado spesial buat loe, gue mau loe tau bunga mawar yang merah itu kaya cinta gue
ke loe yang bakal terus cerah secerah mawar itu, dan bunga yang putih
itu lambang terimakasih gue ke loe buat sayang loe yang tulus sama
gue, em..sory juga kalo akhirnya jadi kaya gini, tapi gue janji,
apapun keadaan gue sekarang gue bakal tetep jagain loe.” kata rio
yang bikin satu kamar mengharu biru.

heu..jangan diterusin! Bisa2 gue langgar janji gue sekarang kalo loe terusin!” kata ify setelah rio diem. Rio senyum.

happy birthday ify sayang, semoga panjang umur, sehat selalu, tambah dewasa, tambah cantik, tambah rajin, dan tambah sayang sama gue! Wish you all the
best my cinderela.” ucap rio.


“ makasih buat semuanya kak rio, gue sayang banget sama loe, cepet sembuh ya, my prince!” balas ify. setelah itu semuanya gantian ngucapin selamat ke ify.

yo, fy, kita pulang dulu! Gue ada perlu, loe cepet sembuh yo! happy birthday fy.” Pamit alvin sambil nepuk pelan pundak rio terus salamin ify.” yuk
vi!” ajaknya ke sivia.


” iya! Makasih kak!” jawab ify.


Alvin langsung pacu motornya keceng2, tapi bukan ke arah rumahnya atau rumah sivia.


Di sebuah pemakaman umum.


Alvin beli seikat bunga terus dia masuk ke makam, sivia ikutin dia, dari tadi sivia nggak tanya apapun, dia tau alvin lagi terpukul tapi dia coba kuat buat
rio.


Di samping sebuah nisan.


Alvin duduk dan naro bunga yang dia beli.

hallo mama..” ucap alvin sambil ngusap nisan.

oh, makam mamanya kak alvin.’ Batin sivia baru ngerti. Sivia ikut duduk dan berdoa.

ma, maafin alvin ya, jagoan mama yang ganteng ini sekarang jarang namuin mama disini, tapi alvin selalu berdoa buat mama kok, ma, kenalin ini sivia, pacar
alvin ma! Cantik ya?” kata alvin sambil liatin sivia yang lagi
kusuk berdoa.” mama pasti sekarang lagi liat alvin kan? Pasti mama
tau perasaan alvin sekarang, alvin nggak tau harus kaya gimana, rio
sakit parah, dia kena leukimia stadium akhir , alvin nggak mau
kehilangan lagi ma, rio udah jagain alvin selama ini, dia udah
kembaliin semangat alvin, ma, mama tolong bilang sama tuhan ya,
jangan ambil rio dulu! Kita disini masih perlu rio, alvin sama temen2
yang lain nggak tau mesti gimana kalo rio pergi juga!” air mata
alvin akhirnya tumpah, denger suara alvin nahan tangis sivia tutup
doanya.

kak alvin..” kata sivia pelan. Alvin langsung peluk sivia.

vi, gue bingung, gue mesti gimana sekarang? Rio itu salah satu orang yang penting di hidup gue, gue nggak tau apa jadinya gue sekarang kalo nggak ada
rio!” kata alvin dengan suara serak, tapi tangisnya udah berhenti.

kak, kakak berapa tahun kenal kak rio sih? Dari kecil kan?!” kata sivia lembut. Alvin lepas pelukannya dan liatin sivia.” menurut kakak,
kak rio gimana?”


” rio? keras kepala, suka nggak peduli sama diri sendiri, tapi peduli banget sama orang lain, nggak pernah nyerah dalam hal apa pun, buat gue dia kakak yang
baik!”


” itu kakak tau! Via yakin banget kalo kak rio nggak bakal nyerah gitu aja sama penyakitnya, dia pasti nggak bakal nyerah juga buat kesembuhannya,
isn’t it?”

hhe..iya juga, orang gila kaya dia pasti bakal lakuin sesuatu buat kesembuhan dia.”


” itu kakak tau! Yang kak rio butuh sekarang itu semangat dari kita semua, bukan air mata kaya gini, via yakin kalo kak rio liat kakak nangis kaya gini, kak
rio pasti malah merasa bersalah sama dirinya sendiri karena udah
ngomong semuanya ke kita.”


” iya! Makasih banget ya vi, mama di surga pasti senyum juga denger kata2 loe barusan, kita pulang yuk! Udah sore, kayanya bakal ujan juga ni!” ajak alvin.


” ayuk! Tante kita pulang dulu yah!? Via janji via bakal ingetin kak alvin buat sering kesini dan via yang bakal ngawal tante!” kata via sambil ngusap
nisan mama alvin.


” hhe..mama kita pulang dulu!” alvin sama sivia langsung pulang.


bersambung...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar