Cinta Nano-Nano 3

 PART 3
@ smp tunas negara.

Ray dari tadi Cuma diem, nggak bawel dan nyeplos aneh2 kaya biasanya, jam istirahat juga dia nggak ke kantin, satu yang dia pikirin, rio. Ozy sama deva juga jadi bingung,
kali ini masalah sama kakaknya apa masalah patah hati lagi.

“ loe kenapa lagi ray? Ada masalah sama kak rio lagi? Atau sama oliv?” tanya ozy mengintrogasi.

“ gue nggak papa! Gue sama kak rio atau sama oliv baik2 aja kok.” jawab ray.

“ tapi kok loe dari tadi diem? Sakit gigi loe?” tambah deva.

“ lagi nggak mood aja! Ngomongin yang lain aja deh! Loe sama acha gimana zy?”

“ belom ada kemajuan sama sekali.” Jawab ozy.

“ hah..itu mulu jawaban loe tiap hari! Cepetan keburu diambil orang!” kata ray mulai semangat.

“ gue beneran nggak yakin sama diri gue!”

“ kayanya gue hampir nyerah sama loe bro! Gue bawa loe ke pakarnya cewe mau?” tawar ray.

“ siapa?”

“ kak cakka! Kakaknya oliv, menurut gue dia itu masternya playboy walopun sekarang dia insap, segala bentuk cewe udah pernah dia taklukin, dari yang lembut sampai
yang tomboy blasteran judes, gue yakin kalo loe belajar sama dia, nggak nyampe
satu minggu loe udah dapetin si acha.” Terang ray.

“ kayanya perlu dicoba tu !” tanggap deva.

“ nggak ah ! ngapain pake gituan segala?”

“ ya makanya loe maju dong! Setau gue ini yang dinamakan krisis pd bro !” jawab ray.

“ ya udah deh! Bawa gue ke kak cakka aja!” ozy akhirnya pasrah.

Sore harinya.

Rio bawa mobil swift merah kesayangannya buat temuin aren, ify sama shilla udah di dalem mobil. Setelah shilla nunjukin rumah aren, rio turunin mereka di taman deket
rumah aren.

“ loe berdua tunggu di sini! pasti bakalan susah bujuk aren buat mau ketemu sama gue kalo ada kalian, tar gue bawa aren ke sini.” Jelas rio.

@ rumah aren.

Tok..tok..tokk..rio ketuk pintu rumah aren. Nggak lama ada ibu2 yang seumuran sama bu manda bukain pintu.

“ sore tante..” sapa rio ramah sambil senyum dan sedikit bungkukin badannya.

“ sore, siapa ya?” tanya ibu2 itu agak kebingungan.

“ saya temennya aren tante, arennya ada?”

“ ada! Mau ketemu?”

“ iya tante, saya rio.”

“ sebentar saya panggilkan, masuk dulu!”

“ saya tunggu disini saja tante, urusannya nggak lama kok.” Ibu2 itu masuk ke rumah, nggak lama aren muncul sendirian.

“ sore ren..” sapa rio sambil senyum.

’ngapain dia senyum kaya gitu segala sih? Bikin nggak bisa marah!’ pikir aren.

“ s..sore..” jawab aren gugup.

“ sory gue ganggu loe! Sekarang loe ada waktu nggak? Gue pengen jelasin semua ke loe.”

“ jelasin aja!”

“ tapi nggak disini, nggak enak sama nyokap loe! Ditaman depan gimana?”

“ boleh deh.”
bersambung...
nyem..gimana rio dan masalahnya selajutnya?? baca terus deh!

@ taman.

Rio ngajakin aren duduk di salah satu bangku taman, nggak jauh shilla sama ify nguping pembicaraan mereka.

“ ren, maaf kalo gue terlalu to the point sama loe, apa loe beneran suka sama gue?” rio memulai pembicaraan.

“ iya! Gue beneran suka sama loe, bahkan gue cinta banget sama loe.” Jawab aren agak keras.

Hati ify yang denger dari jauh jadi panas banget. Shilla gandeng tangan ify, shilla tau yang ify rasain saat ini, dia juga tau kenapa ify tadinya nggak mau ikut, ify takut kalo dia
nggak sanggup liat rio deket sama cewe lain yang terang2 suka sama rio, tapi
ify tetep nggak mau egois.

“ tapi maaf ren, gue nggak bisa bales cinta loe, waktu itu gue nggak ada maksud apapun kecuali nolong loe dan mengurangi rasa bersalah gue ke loe gara2 gue hampir nabrak loe,
maaf kalo loe jadi nangkepnya lain.” Rio berhenti ngomong sebentar gara2 liat
aren mulai nangis, dia ulurin sapu tangannya.” Buat usap air mata loe! Loe
masih sanggup denger penjelasan gue?” aren ngangguk.” Di hati gue Cuma ada 1
cewe, dia ify, cewe yang waktu itu, gue cinta banget sama dia, gue udah janji
sama dia bakal setia dan jagain dia apapun yang terjadi, gue tau loe juga cewe,
loe bisa bayangin perasaan ify sekarang, kalo dia liat cowo yang paling dia
sayang, yang dia cinta banget duduk berdua sama cewe yang jelas2 suka sama
cowonya, tapi dia iklas biarin gue jelasin semua sama loe, bahkan dia yang
nyuruh gue ke sini.” Lanjut rio pelan2.

“ yo, apa gue salah suka sama loe? Gue salah cinta sama loe? Dan loe tau begonya gue sampe bisa mikir kalo gue bakal iklas loe jadiin yang kedua biarpun loe nggak cinta sama gue?!”
Rio kaget denger pangakuan aren.

Air mata ify bener2 nggak bisa ditahan denger pengakuan aren, dia nangis di pelukan shilla.

“ fy maafin sodara gue ya! gue tau loe kuat!” bisik shilla.

“ ren, tapi maaf, gue beneran nggak bisa bales perasaan loe atau terima tawaran loe! Gue laki2 dan gue harus tepatin apa yang udah gue ucapin, dan gue tau loe bakal lebih
tersiksa seandainya loe bisa milikin gue tapi loe nggak milikin hati gue! Hati
gue seutuhnya punya ify.” Jelas rio.” Gue bersedia kok jadi temen loe, sahabat
loe, atau kakak loe, tapi gue mohon loe jangan minta lebih, itu Cuma bakal buat
loe sakit hati terus2an ren.”

Ify nggak tahan dan dia keluar, shilla berusaha nahan tapi nggak bisa, akhirnya dia ikutan keluar.

“ aren, gue ijinin loe temenan atau sahabatan sama kak rio, loe juga boleh anggep dia kakak loe.” Kata ify.

“ gue terima tawaran loe.” Jawab aren pelan.” Yo, boleh gue peluk loe?” tanya aren pelan, terus dia liatin mata ify, ify nunduk yang dianggap persetujuan sama aren. Aren peluk
rio.

Rio ngelirik ke ify yang lagi nunduk nggak sanggup liat cowo yang dia sayang malah dipelukan cewe lain, kali ini ify bener2 ngrasain yang namanya cemburu, sakit hati yang bener2
sakit. Tangan kanan rio pegang tangan ify buat kuatin ify. Aren lepas
pelukannya.

“ makasih fy, makasih yo.” Ucap aren.” Gue permisi.” Pamit aren terus dia jalan.

“ biar kita anter.” Jawab ify cepet, lagi2 bikin mata rio sama shilla melotot nggak ngerti. “ loe kan udah jemput aren, aturan loe balikin lagi dia ke rumahnya.” Kata ify ke rio.

Rio nganter aren pulang, kali ini didalem mobil ada 4 orang, rio yang lagi nyetir, ify yang duduk disampingnya, sama shilla dan aren yang duduk dijoke belakang.

Setelah nganter aren, rio nganter shilla pulang.

@ depan rumah shilla.

“ kak rio, ify, makasih ya, gue juga minta maaf banget kalian dan hubungan kalian jadi kebawa sama masalah gue.” Ucap shilla tulus dari luar kaca mobil sebelah ify yang kebuka.

“ iya! Nggak papa! Toh kan emang awal masalahnya gue.” Jawab rio.” Kita pamit ya shil, sory nggak sempet mampir, salam buat orang rumah loe ya!” pamit rio. Setelah dia tutup
cendela dia jalan.

Di jalan.

Ify Cuma nunduk sambil mainin jarinya, nggak kaya biasanya yang udah bawel setengah mati ngomongin apa aja, apalagi sekarang mobil rio lagi kotor2nya dan berantakan abis. Biasanya
ify udah ceramah panjang lebar, kali ini dia diam tanpa kata.

“ sakit banget ya fy rasanya?” tanya rio. Ify Cuma liatin rio bentar terus dia nunduk lagi.” Pasti sekarang hati loe lagi nyut2an, nyeri nggak enak banget, gimana gitu kan?”
tebak rio yang 100% bener.

“ emang hati gue kesleo apa?” kata ify pelan.

“ gue tau sekarang loe lagi bingung sama perasaan loe.” Kata rio lagi sambil naro tangannya di kepala ify.

“ kak, loe tau apa yang gue pikirin saat ini ?”

“ nggak! gue kan belom pernah berguru sama deddy corbuzier buat baca pikiran.”

“ apa loe masih tetep nolak permintaan aren buat jadiin dia yang kedua walopun loe nggak cinta sama dia seandainya gue nggak ada disitu ?”

“ menurut loe gimana ?”

“ kak rio..” kata ify sebel.

“ kayanya emang sia2 deh nolak aren, dia cantik, dia juga rela nglakuin apapun buat gue, tapi sayangnya gue udah ngrasa kalo loe itu anugrah terindah yang diberikan tuhan buat gue,
masak gue mau gadein itu gitu aja? loe masih percaya sama gue kan?”

“ basi deh gombalan loe!”

“ siapa bilang gue lagi nggombal? Gue tulus tau.”

“ nggak percaya! Gue butuh bukti bukan janji!”

“ ya udah! Terserah loe aja! Emang gue harus buktiin kaya gimana? Everything i do for you dah!”

“ terserah loe juga buktiinnya gimana!”

“ hhe..aneh loe! makan es krim yuk! Biar adem pikiran kita.” Usul rio.

“ boleh! Di depan ada kedai es krim enak banget! Gue sering kesana.” Jawab ify semangat lagi.

“ loe denger es krim semangat banget sih fy? Senengan mana denger kata es krim sama denger kata mario?”

“ enak tau! Cuma orang bego yang nggak doyan es krim, em..buat loe sama es krim, tinggal mood gue aja! Sekarang gue lebih seneng dan lebih mood denger kata es krim.” Jawab ify yang udah
kumat bawelnya.

“ jadi mending es krim ni daripada gue?”

“ untuk saat ini sih gitu kak!”

“ rese loe! Aturan kalo loe cinta sama gue, gue salalu berarti dong buat loe, kapanpun, ini malah es krim lagi saingannya.” Rio sewot.

“ aturan darimana tu? Kayanya gue belum teken kontrak buat tu aturan deh?”

“ rese loe!”

“ loe yang rese buat aturan nggak jelas!”

“ rese!”

“ rese!”

“ loe !”

“ loe !”

“ loe !”

“ terserah deh !”

“ udah nyampe, mau turun nggak loe?” tanya rio jutek sambil buka pintu mobilnya.

Mereka masuk ke kedai es krim, bangunannya masih jadul banget. Setelah pesen ify sama rio duduk di meja deket stage kecil yang diatasnya ada piano.

“ kak, loe tau nggak cita2 gue?” tanya ify sambil liatin piano di meja.

“ setau gue loe pengen jadi pianist terkenal, bener nggak ?” tanggap rio sambil ikut liatin piano di meja.

“ kok loe tau?”

“ tar gue bilang gue nggak tau, loe ngambek sama gue gara2 loe kira gue nggak care sama loe.”

“ ya loe tau dari mana?”

“ banyak sumber, termasuk nyokap loe, kapan2 loe main buat gue ya!” pinta rio.

“ iya deh.”

“ loe kalo punya cita2 kejar yang bener, gue juga pengen liat loe konser pardana, dengan bintang tamu penyanyi muda yang sangat berbakat mario stevano aditya haling.”

“ tumben ceramah loe mutu? Tapi belakangnya tetep aja narsis!”

“ hha..loe aja yang nggak pernah meresapi omongan gue! Fy gue boleh tanya sesuatu nggak sama loe?”

belom jadi ify jawab pembicaraan mereka dipotong sama pelayan yang nganterin pesenan. Setelah pelayannya pergi.

“ boleh.” Jawab ify disambung nyuap es krimnya.

“ kalo seumpama gue jadi cowo penyakitan dan nggak bisa diandalin, kalo gue nggak seoke sekarang, gue jadi lebih jelek dari sekarang, loe masih sayang nggak sama gue?” tanya rio
becanda setengah serius.

“ loe mau gue jawab jujur atau jawab yang bikin loe seneng?”

“ kalo bisa yang jujur tapi nyenangin gue!”

“ gue kabur kali dari loe.” Jawab ify becanda tapi nadanya serius. Rio melotot.” Nggak lah! Gue sayang sama loe apa adanya loe, gue janji gue bakal tetep terima loe, kalo gue
Cuma mau loe yang perfect dan nggak mau terima kekurangan loe namanya gue nggak
cinta tapi Cuma obsesi dan itu artinya gue egois.”

“ jawaban loe asik dah fy! terus apa yang bakal loe lakuin kalo seumpama gue nggak bisa penuhi janji gue buat ngejaga loe, buat selalu ada buat loe, bahkan gue nggak bisa jaga diri
gue sendiri lagi, apa yang bakal loe lakuin ?”

“ loe kenapa sih kak? pertanyaan loe dari tadi aneh2 mulu?!”

“ pengen tanya aja sekali2, loe jawab dong !”

“ gue bakal tetep berusaha jadi yang terbaik buat loe, mungkin jawaban gue nggak nyambung sama pertanyaan loe, tapi apa kita bakal tau apa yang bisa kita lakuin di depan?”
rio Cuma senyum denger jawaban ify.

“ kak nggak tau kenapa kalo gue liat loe gue pasti inget sapi.”

“ eh, enak aja loe nyamain gue sama sapi?!”

“ beneran deh! Apalagi kalo loe lagi cengar-cengir! Hhi..”

“ mending gue kaya sapi daripada loe kaya kebo, suka pasang tapang bloon walopun aslinya emang bloon, malesan lagi!”

“ enak aja loe katain gue kebo?! Dasar sapi jelek!!”

“ kebo!”

“ sapi!”

“ kebo!”

“ sapi!”

“ bentar kak! Kok lidah gue enak ya panggil loe sapi, gue panggil loe sapi ya? Itung2 panggilan sayang gitu?!”

“ ye..nama bagus2, mario, loe ganti sapi! Ogah! Dasar kebo!”

“ sapi..sapi..wleek..” ledek ify kaya anak kecil.

“ abisin yuk es krimnya keburu sore!”

“ tumben loe inget sore? Biasanya yang loe inget Cuma malem, itu aja gara2 pesenan bonyok gue.”

“ hhe..kemajuan dong!” jawab rio sambil nyengir. ‘makanan penutup gue dirumah udah nunggu! Gue telat minum tu obat bisa nggak tidur gue semalem gara2 badan gue sakit semua.’ Pikir
rio.

Setelah nganter ify pulang, rio langsung pulang.

“ rio pulang semua..” teriak rio.

“ makan kak..” jawab ray yang juga teriak. Rio ke ruang makan sambil lemesin badannya yang dari tadi pegel2.

“ pegel ya yo?” tanya bu manda.

“ dikit ma!” jawab rio sambil duduk.

“ jangan kecapekan makanya!” sela pak putra.

“ rio seharian nggak ngapa2in pa, osis libur, rio nggak ngeband, nggak basket pula.” Jawab rio.

“ nggak ngapa2in jam segini baru pulang, dari tadi pagi Cuma pulang minum obat sama ganti baju.” Sela ray.

“ loe kenapa ikut2an mulu?” tanya rio sewot.

“ lah loe dibilangin orang tua ngeles mulu! Sok kuat loe.”

“ jangan diterusin!” sela pak putra.” Yo, sumsum kami nggak cocok sama kamu.” Lanjut pak putra pelan.

“ tenang pa! Masih ada jalan lain kan?” jawab rio sambil senyum.

“ kamu mau kemoterapi yo?”

“ yah, kalo emang jalannya gitu mau gimana lagi? Semoga rio nggak berakhir kaya kakek dulu deh!”

“ loe nunggu gue sampe gue gedean dikit aja kak! dua tiga tahun lagi! gue donorin deh sumsum gue.”

“ heu..” rio menghela napas panjang.’iya kalo gue masih sanggup tahan!’ batin rio. “kok malah ngobrol ayo makan!”

“ besok kita ke rumah sakit ngatur jadwal kemo kamu.” Kata bu manda.

“ iya !” jawab rio sambil nyuap makanannya. Selese makan obrolan berlanjut.

“ pa, ma, besok ray mau latian ngeband buat festival band smp sejakarta, besok pemilihan ketua osis di sekolah, ray jadi calonnya.”

“ jiah! gayanya yang drummer nasional, dapet kompensasi apa lagi loe dari sekolah?” tanggap rio.

“ biasanya ketua osis nggak boleh gondrong gue boleh dong!” jawab ray bangga.

“ hebat loe bro! Eh, tapi emang loe udah yakin loe yang bakal jadi?”

“ yakin dong! Kalian besok dateng ya pas ray manggung!”

“ iya!” jawab rio, bu manda, dan pak putra barengan.

” Asal nggak malu2in aja!” tambah rio.” Eh, ma, rio baru inget besok ada rapat koordinasi buat pensi, kita ke rumah sakitnya sorean ya! masak ketuanya nggak dateng? Nggak
lucu dong!”

“ iya, tapi kamu jangan kecapekan! kamu kan punya hak veto buaat berhentiin rapat.”

“ yah mama! Hak veto juga makenya kan kalo urusannya emang udah kelar.”

“ gue kasian sama loe kak!”

“ kenapa emang?”

“ loe kan paling ogah ke rumah sakit gara2 kakek dulu, sekarang loe musti bolak-balik ke rumah sakit, dan..em..loe punya penyakit sama kaya kakek dulu.” Kata ray pelan.

“ emang udah takdir gue kali bro!” jawab rio enteng.

“ kenapa sampe sekarang loe nggak ngeluh sama sekali sih kak? gue pernah baca tentang penyakit loe dan itu kalo kambuh itu sakitnya luar biasa, kaya ditindes tronton, efek leukimia
itu bisa kambuh dibagian tubuh manapun.”

“ soalnya gue belom pernah ngrasain ditindih tronton, gimana gue bisa bilang kaya ditindih tronton, loe kok malah tau rasanya bro? Yang gue tau Cuma satu, gue nggak bakal sembuh
kalo gue ngeluh terus2an.” Jawab rio.

“ Apa loe nggak pernah ngrasain sakit?”

“ sakit bro? Banget! Loe taukan kalo penyakit gue ini bisa kambuh dengan berbagai reaksi, kadang kepala gue kaya diremes2, kadang badan gue tiba2 lemes, perut gue mual banget, badan
gue kaya pengen copot semua, paling ringan pegel2, tapi nggak usah dipikirin!
Kalo loe nggak ngrasain juga nggak bakal ngerti, tapi jangan sampe deh loe
ngrasain!”

“ sabar ya kak! gue yakin loe pasti sembuh!”

“ amin.” Jawab rio.

Keesokan siangnya.

@ smp tunas negara.

Sedang diadakan penghitungan perolehan suara pemilihan ketua osis, ray ditemenin ozy nunggu pengumuman dikantin sambil makan kacang dengan santainya tapi tetep ngarep kalo dia yang
jadi. Dan..jeng..jeng.. diakhir perhitungan guru yang menjadi saksi memberikan
pengumuman dari speaker.

“ dan akhirnya ketua osis smp tunas negara tahun ini adalah M. Raynald Prasetya, dan pelantikan akan dilaksanakan pada upacara bendera hari senin”

“ siapa tadi bro?” tanya ray yang bener2 nggak denger.

“ M. Raynald Prasetya.” jawab ozy datar, masih nggak nyadar kalo yang dipanggil itu sohibnya.

“ em..” tanggap ray juga datar, nggak nyadar kalo itu namanya.” Hah? Siapa tadi bro? M. Raynald Prasetya? Itu nama gue kan?” kata ray girang setelah sadar kalo itu namanya.

“ oh iya! Selamat bro!” kata ozy girang juga setelah itu dia peluk ray.

“ ray mamen..loe jadi ketua osis bro!” sorak deva yangbaru dateng abis jadi saksi perhitungan. Terus dia peluk ray.

“ kalian berdua gue masukin kabinet gue ya!?” tawar ray belagak kaya presiden.

“ gaya loe bro!” kata ozy sama deva sambil noyor ray.

“ tapi boleh deh! Itung2 berbakti pada nusa dan bangsa.” Tambah deva.

“ heh! Loe mau jadi pengurus osis doang! Bukan mau jadi mentri.” Kata ozy ke deva.

“ biarin! Siapa tau dari pengurus osis gue bisa jadi pengurus negara?!”

“ gue amin aja dah! Sukur kalo tu mimpi kecapaian!” kata ray.

Olivia sama oik dateng ke kantin nyariin ray buat kasih selamat.

“ ray, selamet ya! jaga tanggung jawab loe!” ucap oik sambil nyalamin ray.

“ makasih oik..” jawab ray sambil senyum.

“ selamat ya ray!” olivia ngulurin tangannya.

“ iya oliv, makasih ya!” jawab ray sambil jabat tangan olivia.

“ jangan disalahgunakan kepercayaan yang dikasih buat loe ya ray!” nasehat olivia sambil senyum.

“ beres miss raynald prasetya.” Jawab ray sambil mainin alisnya.

“ hoek...hoek..” deva sama ozy pura2 pengen muntah.

“ apa loe berdua? Ngiri?”

“ najong dah omongan loe!”

Setelah itu semua anak yang ditemui ray ngucapin selamat.

“ bro, pegel tangan gue, gue pinjem tangan loe dong?!” Bisik ray ke ozy.

“ derita loe deh bro!” bisik ozy sambil terkekeh.

@ sma putra bangsa, kelas d’orions.

Cakka, alvin, sama gabriel lagi bicarain pensi sama pelatih basket, rio lagi nyebar pengumuman buat pengurus osis lain.

“ bro, gue tadi dapet pesen dari pak duta buat cari pelatih basket buat kita lomba nerusin por sejakarta kemaren, kita maju ke nasional.” Alvin memulai pembicaraan.

“ serius loe? Nasional?” gabriel memastikan dengan muka girang.

“ iya! Sekarang siapa pelatihnya?” jawab dan tanya alvin lagi.

“ satu orang yang selalu buat gue kesengsem sama permainan basketnya, gue dulu pernah dibantai abis2an sama sekolah dia, dia kakak kelasnya rio.” Cakka menanggapi.

“ siapa?” tanya alvin sama gabriel barengan.

“ loe masak nggak inget yel? Loe masih inget kapten basket smp tunas negara sebelum rio nggak? Setau gue rio aja kalah telak one on one sama dia, namanya septian kalo nggak salah.”
Jawab cakka.

“ yah, itu juga gue tau dan gue lagi pikirin, tapi setau gue dia lagi di aussy deh!”

“ nggak! Dia udah balik, tepatnya lagi balik.” Sela rio yang udah selese sama tugasnya.

“ udah yo? Loe kenapa? Abis maraton loe?” tanya gabriel ½ kaget liat rio yang agak pucet+keringetnya banyak banget.

“ iya! Loe kira ini sekolah Cuma segede lapangan basket?” jawab rio sambil ngelap kringetnya pake sapu tangannya.” Kalian tadi ngapain ngomongin septian?”

“ kita, tepatnya alvin, disuruh pak duta nyari pelatih basket, nah kita kepikiran kalo minta septian jadi pelatih kita, diakan super jago kalo basket.” Jawab cakka.

“ boleh tu!” tanggap rio semangat.”terus gimana?”

“ ya kalo septiannya ada, kita minta sama dia buat jadi pelatih kita, kan enak juga punya pelatih seumuran, jadi ngerti sama kita, siapa ya yang bisa kasih tau dia?”

“ gue! Gue kan sekarang lumayan sering ketemu sama dia, Emang gue belom pernah cerita kalo septian itu bffnya ify?”

“ belom! Tapi itu sih urusan loe, deal ni kita minta ke septian?” alvin memastikan.

“ deal!” jawab gabriel, cakka, rio kompakan.

“ besok gue kerumah dia.” Tambah rio.” Tar sore jangan lupa rapat, tinggal beberapa minggu ni pensinya.”

“ iya pak ketua !” jawab alvin, cakka, gabriel.

“ kita manggung kan?” tanya cakka ngarep.

“ maunya gimana?” tanggap rio.

“ iya dong!” jawab alvin, gabriel, cakka semangat.

“ oke ! kita manggung!” rio ikutan semangat.” Latiannya abis tes semester II ya?!”

“ oke!” jawab gabriel.

Sorenya.

@ ruang musik smp tunas negara.

Pak chiko lagi ngumumin susunan band.

“ sekarang bapak bacakan personilnya, vokal deva dan olivia, gitar iley dan nyopon, bass ozy, keyboard acha, dan drumm ray.”

Ray, ozy, sama deva malah sibuk bisik2 sendiri.

“ bro kok loe nggak ngomong kalo acha ikutan?” tanya ozy.

“ ya mana gue tau?! Loe manfaatin aja deh !”

“ bro, kok gebetan loe pada ikutan semua, gue bakal dicuekin ni?!” deva ikutan nimbrung.

“ makanya loe cari cewe yang banyak, bisa disini, bisa dirumah!” suruh ray.

“ gue tipe cowo setia kali! Nggak kaya loe! gue tinggal nembak keke, tapi besok aja kalo ozy udah sukses dapetin acha.” Deva nyengir.

“ sekarang latian dimulai!” perintah pak chiko yang membuat obrolan ray, deva, ozy terputus.

bersambung..
@ ruang osis sma putra bangsa.

Rapat sedang berlangsung dibawah pimpinan rio. Lagi serius kondisi tidak menguntungkan, rio lagi2 ngarasain pusing+mual-mual.

‘sialan ! pake kumat segala lagi, gue mesti ngapain ni?’pikirnya cari akal.

“ oke! Sekarang kalian mantapkan kegiatan kalian perseksi! saya harap bagaimana jalannya acara dan dana serta persiapan yang dibutuhkan selesai hari ini.” Perintah rio biar
yang lain sibuk dengan diskusi masing2. setelah rio liat semuanya sibuk dia
ngomong ke gabriel, gabriel wakilnya jadi tugasnya batuin yang lain kalo butuh
bantuan, kalo lagi nggak ada yang dia Cuma kasih pengarahan.

“ gue kebelakang bentar.” Pamit rio ke gabriel.

“ yo, loe kenapa lagi? Pucet amat muka loe?”

“ Cuma perasaan loe aja kali.” Jawab rio sambil jalan keluar. Rio cepet2 ke kantin.

@ kantin.

Rio lansung duduk di bangku kantin, nunduk, tangan kanannya pijit pelan kepalanya, tangan kirinya pegangin perut yang udah nggak karuan rasanya.’untung udah sepi, kalo rame bisa
diinterogasi macem-macem gue kalo mereka liat tampang gue kaya mayat hidup
gini.’ Pikir rio pas liat mukanya di kaca.

“ loh, mas rio kok malah disini?” tanya penjaga kantin.

“ eh, iya bu.”

“ mas rio sakit? Pucet banget mas? Mau ibu kasih obat?”

‘hah obat? Obat gue belum gue minum! Pantesan badan gue rasanya nggak karuan gini.’ Pikir rio.

“ eh, nggak usah bu, ada air putih sama roti nggak bu?”

“ iya sebentar ibu ambil.” Ibu kantin terus ke tempat dia nyimpen roti, dengan tergopoh2 dia nyamperin rio.

“ ini mas, mas rio beneran tidak papa?” tanya ibu panjaga kantin kawatir. Rio Cuma geleng sambil senyum, trus dia makan rotinya terus dia minum obat yang dia bawa di
sakunya. Setelah istirahat bentar dan memastikan dia udah baikan, dia balik
lagi.

@ ruang osis.

“ dari mana loe? Lama banget?” cegat alvin.

“ dari belakang, perasaan nggak lama-lama banget kok.”

“ loe abis buang air apa angkat barbel sih sampe kringetan gitu?” cakka ikut2an.

“ abis narik becak gue.” Jawab rio enteng.” Semua, gimana selesai balum?” tanya rio dengan suara keras, biar nggak banyak ditanya lagi.

“ dah...” jawab yang lain kompak.

“ bisa dikumpulkan dan nanti saya buat proposalnya, sekarang mari kita tutup rapat kita hari ini.” Lanjut rio. Setelah berdoa mereka bubaran. Rio dibantu gabriel
masih tinggal buat rapiin kertas hasil rapat.

“ bro, ada yang loe sembunyiin dari kita?” tanya gabriel sambil beresin kertas2.

“ apaan?” rio pura2 nggak ngerti.

“ gue juga nggak ngerti itu apa, tapi gue rasa ada sesuatu yang loe sembunyiin dari kita aja.”

“ aneh loe!” omongan rio dipotong sama getar hpnya. 1 messege.

From : mama

Rio, mama tunggu di rs!

“ bro, gue mau jemput nyokap gue, udah selese kan?”

“ iya, ni !” jawab gabriel sambil ngulurin tumpukan kertas ke rio.

“ gue duluan yel!” pamit rio sambil ngambil tas terus pergi.

@ rumah sakit.

Di lorong rumah sakit rio dapet sms lagi.

From : mama

Langsung ke ruang dokter budi aja!

Rio langsung ke ruang dokter.

@ ruang dokter.

“ siang dok..” sapa rio ramah sambil duduk di samping mamanya.

“ siang yo..” jawab dokter sambil nulis sesuatu.” Gimana?”

“ gimana apanya dok?” tanya rio becanda.

“ ya keadaan kamu sekarang? Nggak kambuh kan?”

“ panjang umur deh ni penyakit dok, barusan juga kepala saya kaya abis digebukin, perut saya kaya abis naik rollercoaster 16 kali, obatnya bikin ketergantungan ya dok?”
tanya rio seenaknya, masa harus bohong sama dokter.

“ iya, kamu lupa minum obatnya?” tanya dokter lagi.

“ dikit dok!”

“ heu..” dengus mamanya.” Nggak Cuma lupa lagi dok, saya yakin kalo rio juga belum makan apalagi istirahat.” Dokternya geleng2. rio malah nyengir.

“ ini jadwal kemoterapi rio, saya harap keluarga dapat mendukung dan bukan hanya keluarga tetapi juga orang-orang disekitarnya, efek samping kemoterapi bukan hanya
beberapa berubahan fisik dan rasa sakit yang luar biasa tapi mungkin juga perubahan
psikis.” Kata dokter sambil ngurulin kertas.” Minggu depan kemoterapi pertama
kamu.” Lanjut dokter.

“ oke dok! Saya pasti dateng deh! Nggak usah kangen sama saya dok, tenang saja!” canda rio.“ sudahkan dok?” tanya rio.

“ iya!”

“ kami permisi dokter.” Pamit rio.

@ mobil

Bu manda liat kertas yang dikasih dokter tadi, disana tertulis apa itu kemoterapi, cara, dan efek sampingnya, buat bagian terakhir bu manda baca dengan berkaca-kaca. di
halaman paling belakang baru jadwal kemoterapi rio.

“ yo, kalo mama bisa mama mau gantiin posisi kamu sekarang, mama bersedia penyakit kamu dipindah ke mama.” Kata bu manda pelan.

“ sayangnya rio yang nggak bakalan rela ma! Rio sanggup tahan sesakit apapun itu, tapi rio nggak pernah bisa tahan liat mama nangis apa lagi sampe rio liat mama ngrasain
sakit yang rio sering rio rasain akhir-akhir ini.” Jawab rio sambil senyum.

“ kalu begitu kita berbagi, mama mohon kalo kamu ngrasain sakit kamu bilang ke mama, kamu boleh peluk mama sekanceng2nya buat melampiaskan sakit kamu.”

“ kaya anak kecil dong rio?”

“ buat mama kamu masih tetep rio kecil mama yang bandel dulu.”

“ yah, ray jadi bayi mulu dong ma?” canda rio. Tiba2 hp rio bunyi. Alvin calling..

“ iya vin? Kenapa?” tanya rio setelah angkat telphonnya.

“ loe sekarang dimana yo? Gue lagi di rumah loe ni, ray bilang loe lagi jemput nyokap loe?” kata alvin dari ujung telphon.’untung ray nggak ngomong!’ batin rio.

“ itu loe tau gue dimana, ngapain?”

“ loe buruan balik! Kita ke rumah septian sekarang! Pak duta bilang pertandingan abis semesteran.”

“ hah? Cepet bener vin?”

“ gue juga nggak ngerti, makanya loe buruan! Biar mulai besok kita bisa latian.”

“ iya! Gue udah di depan komplek ni.” Tutt..tutt..suara telphon ditutup.

“ siapa yo?” tanya bu manda.

“ alvin ma.”

“ mau pergi lagi?”

“ iya! Bentar doang, janji makan malam rio udah ada di ruang makan.” Nggak lama mereka nyampe di rumah rio.

“ ma, tolong bilang ke alvin, rio tunggu di mobil.” Kata rio pas mamanya mau turun. Nggak lama alvin keluar dari rumah dan masuk ke mobil terus mereka ke rumah septian.

Di jalan.

“ yo.”

“ hmm..”

“ loe pernah ke taman langit nggak sekarang?”

“ beberapa hari yang lalu gue kesana cari angin, kenapa?”

“ kirain loe lupa sama tu tempat khayalan tingkat tinggi kita.”

“ hha..ya gue inget lah! Waktu kita alay, main layangan abis itu kaya orang abis cari rumput, hha..gue masih inget loe yang masih punya angka 11 diidung!”

“ loe aja kali sama adek loe nggak usah ngajak2 gue!”

“ yang ngajakin gue kan loe!”

“ loe tau apa yang paling gue inget waktu kita tk?”

“ apaan?”

“ nyokap kita bujuk kita buat nyanyi sampe pusing sendiri, karena waktu itu ray masih bayi jadi loe dititipin sama nyokap gue dan yang bikin gue paling inget loe udah
dandan keren2 taunya loe dangdutan, dan yang bikin gue bingung kenapa abis itu
malah cewe2 mau kasih bekal sama buku ceritanya ke elo?!”

“ hha..masih inget juga loe, berarti seumur idup gue, gue liat loe terus2an dong.”

“ dengan kata lain, sampe pengen muntah gue liat loe mulu, tiap hari jadi saingan gue ganteng2an, tapi nggak papa sih, tiap hari juga gue yang menang.”

“ narsis loe!”

“ biarin! Gue seneng ini!”

“ sivia hebat ya vin?”

“ emang! Dia runner up perempuan terbaik yang pernah gue temui, soalnya juaranya tetep nyokap gue, dia udah balikin diri gue balik ke alvin yang dulu, yang tiap hari
disayang oma dan nggak doyan bikin gara2, dia cantik, lucu, imut, baik, sabar,
lembut, jago masak lagi! satu lagi, gue berasa jadi cowo terganteng sedunia
kalo deket dia!”

“ Nggak nyambung!”

“ kan tadi gue bilang, yang penting gue seneng! Nah, buat gue ify juga hebat bro, dia bisa naklukin hati loe, yang gue tau sebenernya jauh lebih dingin dari sikap gue
dulu, nggak ada orang ngerti dalemnya hati loe, semua orang ngganggep loe itu
orang yang logis, realistis, lebih suka main pikiran daripada perasaan, susah
nembus perasaan loe, apa lagi baca pikiran loe, gue yang sohib loe dari orok
aja sampe sekarang masih nggak ngerti!”

“ dan ify bisa nembus semua, bahkan udah ngacak-acak pikiran sehat gue.”

“ iya, makanya sekarang loe tambah sedeng!”

“ hhe..emang gitu ya? Udah nyampe ni.” Kata rio sambil markir mobilnya. Terus mereka turun.

“ ketuk pintunya vin!” suruh rio ke alvin yang jalan duluan. Alvin ketuk pintunya. Nggak lama ada yang bukain pintu.

“ sore, mau cari siapa ya?”

“ ini mbok jum, ya?” tanya rio ramah.

“ iya mas, mas ini siapa ya? mau cari mas septian ya?”

“ saya rio, mbok, ini temen saya, alvin, kita ini temennya septian, kita mau cari septian. Septiannya ada mbok?”

“ mas septiannya lagi pergi sama mbak ify den.” Jawab mbok jum.

“ udah lama mbok?” tanya alvin.

“ dari tadi siang, kayanya juga sebentar lagi pulang mas.”

“ ya sudah mbok, saya telphon septiannya dulu.” Rio langsung telphon septian.

“ hallo yan, loe dimana sekarang?” rio langsung nerocos begitu telphon diangkat.

“ kak rio, gue ify, loe kalo telphon jangan nerocos dulu dong!” ternyata ify yang angkat.

“ septian dimana fy? Loe sekarang dimana?”

“ septian lagi ke toilet, gue lagi makan sekarang di deket rumah septian, ada pesen apa loe mau manjer telphonnya?” belom sempet rio jawab.” Jangan ditutup! Septian udah
balik.”

“ hallo yo, kenapa?” septian ngambil alih telphonnya.

“ loe bisa pulang sekarang nggak? Gue ada perlu penting sama loe.”

“ iya! Bentar lagi gue balik, gue abisin makanan gue bentar ya?! tanggung!”

“ iya! Buruan! Gue tunggu.” Rio tutup telphonnya.

“ mbok, kita mau nunggu aja.” Kata rio ke mbok jum.

“ iya mas, silahkan masuk!”

@ rumah cakka.

Ray sama deva bener2 nganter ozy ketemu cakka buat berguru. Mereka berempat lagi meeting sekarang.

“ kalian ngapain kesini? Kalo ray gue ngerti dia mau ketemu oliv, nah, loe berdua ngapain?” Tanya cakka.

“ pertama, ada yang salah sama teori loe, gue nggak mau ketemu oliv hari ini, kalo ketemu namanya bonus, terus gue mau jawab pertanyaan loe, gue udah putus asa temen gue
yang satu ini, namanya ozy, dia naksir sama cewe, adek kelas gue, tapi buat
deketin aja nggak berani, gue udah nurunin ilmu gue tapi nggak mempan, kali ini
gue akui loe masternya playboy, loe ajarin dia ya!?” terang ray panjang lebar.

“ heh? Maksud loe gue acarin dia jadi playboy? Itu emang udah bakat orok kali, gue juga nggak pake belajar!”

“ siapa bilang gue nyuruh loe ngracunin dia?! Gue mau loe kasih dia petunjuk cara dapetin cewe!”

“ lah?! Cewenya kaya gimana?” tanya cakka ke ozy.

“ cantik lah!” jawab ozy singkat.

“ bego! Maksud gue dia gimana tipenya? Buat gue Cuma ada tiga tipe cewe, yang pertama, kita kejar dia lari, kita kejar-kejar dia tapi dia malah menghindar mulu, kita kasih
sinyal susah nangkep, tipe ini buat gue paling nyenengin, ada tantangannya,
yang kedua, kita diem dia kejar, cewe model ini kalo buat gue bagusnya Cuma
buat mainan, apaan? Cewe kok nggak gengsi kejar-kejar cowo, atau kita kejar dia
pasrah, ini tipe paling lucu, mau tapi malu! Nah tu cewe yang mana? Tar kalo
udah ketemu, baru gue kasih cara deketinnya.”

“ yang jelas nggak mungkin yang nomer dua.” Jawab ozy.

“ terus?”

“ kayanya yang ketiga lebih dia deh!” ray ikutan nimbrung.

“ hmm..berarti loe harus maju duluan.”

“ itu dia masalahnya!” sela deva.

“ kalo di depan cewe nyali gue ilang kak!” tambah ozy.

“ heu..payah loe! Loe gue adepin cewe gue atau oliv keder idup loe!”

“ gue aja keder tu kak! terus loe ada solusi nggak?” sela ray.

“ masalahnya kalo kaya gini bukan soal cewe, tapi soal kepdan loe! Loe mesti pd dong! Loe ada nopenya nggak?”

“ ada.”

“ pinjem hp loe!” pinta cakka, ozy ngulurin hpnya.” Siapa namanya?”

“ acha.” Jawab ozy. Cakka ngutak-utik hp ozy.

“ gue smsin! Nggak pake nolak, sms nggak liat muka aja takut!” dia kirim sms ke acha.

To : acha.

Hi acha, sory ganggu, aku ozy, Kenal kan?

*

From : acha.

Oh, kak ozy? Kok tau nopeku?

“ heh? Loe tau nopenya darimana?” tanya cakka ke ozy.

“ dari ray, dia yang minta ke acha.” Jawab ozy. Cakka geleng-geleng sambil bales sms acha.

To : acha

Aku tau dari temenku,

nggak ganggu kan?

“ ni gue balikin! Loe lanjutin deh smsannya! Sekarang loe bisa pulang, loe kalo ada masalah atau perkembangan boleh lapor ke gue.” kata cakka sambil balikin hp.

“ kak, Cuma gitu doang?”

“ iya! Loe aja yang bego! Ozy itu palingan Cuma ngrasa nggak enak gara2 belom kenal banget, kalo smsan ginikan lama-lama enak ngobrolnya, lah dia Cuma ragu buat mulai, kalo
udah terlanjur, kan dia pasti ngrasa nggak enak buat cuekin sms balesannya.”
Terang cakka.

“ iya juga ya!” kata deva sama ray barengan.

“ kalo gitu kita pulang dulu kak, thank you so much kak!” pamit ozy sambil senyum2.

@ ruang tamu rumah septian.

Rio sama alvin duduk nungguin septian.

“ mereka tadi dimana yo?” tanya alvin ketimbang diem.

“ sekarang lagi makan.”

“ ify sama septian deket banget ya yo? Kok loe nggak cemburu?”

“ loe sekarang banyak nanya ya?”

“ daripada gue sesat di jalan.”

“ banyak nanya juga idup loe tetep sesat, hha..”

“ mau jawab nggak?”

“ iya! Ify sama septian itu sohib dari kecil, rumah depan itu dulu rumahnya ify sebelum pindah ke komplek kita, kaya kita gitu lah, tapi bedanya kalo mereka dibilang pacaran
itu normal, walopun sekarang jangan, kalo gue udah cape bilang amit-amit
dibilang hombreng sama loe.”

“ hha..ogah juga gue sama loe! Najong tralala dah!”

“ eh kayanya udah pulang tu.” Kata rio pas denger suara motor.

Nggak lama septian masuk nenteng helm, ify ikutin dengan bawaan yang super banyak.

“ hhe..nunggu lama ya? sory deh! Ada apa kalian ke sini?” kata septian sambil duduk di kursi depan rio.

“ darimana aja kalian?” rio malah balik nanya.

“ shopping!” jawab ify sambil duduk di samping rio.

“ abis dirampok duit gue sama cewe loe yo!” sela septian jengkel.

“ loe kan kalah taruhan bola sama gue, janji loe ditepatin dong!” jawab ify.

“ itu udah ngrampok namanya, rese loe! Udah biarin ify ngoceh sendiri, loe berdua ada perlu apa?” septian balik ke alvin sama rio.

“ ya ampun fy, loe taruhan bola?! Emang cewe maha aneh loe! Pusing juga gue mikirin loe!” kata alvin sambil geleng-geleng.

“ gue gibeng loe mikirin ify!” sela rio.

“ jiah! Berasa cinderella dah gue direbutin sama kalian.” Sela ify kepdan.

“ kepedean dah idup loe! Gue juga bingung gimana critanya rio mau sama loe?!”

“ kalian mau bahas gue apa yang laen?” akhirnya septian menengahi.

“ oh iya! Gue lupa! Loe yang ngomong deh vin!”

“ gini yan, tim basket sma putra bangsa butuh pelatih basket.” Alvin memulai topik pembicaraan yang sebenernya.

“ terus?” tanggap septian.

“ kita pengen loe jadi pelatih kita.”

“ hah? Gue? Nglatih kalian?”

“ iya! Ternyata yang kagum sama permainan basket loe bukan Cuma gue doang, temen2 gue juga.” Jawab rio.

“ gue aja kalah sama rio.”

“ nggak! Gue tau waktu itu loe nggak bener2 maen!”

“ lha terus gue ngapain waktu itu? Nyuci piring?”

“ ya loe nggak ngerahin kemampuan loe sebenernya gitu!”

“ hhe..loe ngrasa ya? abis waktu itu gue liat loe masih pincang, e..masih nekat, coba waktu itu gue menang? nggak bakal abis tu pertandingan, pasti loe mau maen sampe loe
menang.”

“ sekarang loe mau nggak?”

“ boleh deh! Kapan mulai latian?”

“ besok!” jawab alvin-rio kompak.

“ hah? Besok? Cepet bener? Emang buat apa? Kapan?”

“ loe kaya wartawan dah! Iya, besok, buat maju ke tinggkat nasional bulan depan.” Jawab rio.

“ hah? Bulan depan? Sarap loe!”

“ emang kenapa?” tanya alvin sama rio kompak.

“ loe berdua baru kemaren sore maen basket? Gitu aja pake nggak ngerti!”

“ aslinya ngerti sih! menurut gue juga waktunya buat event segede itu emang kurang.” jawab rio polos.” Yang penting loe besok nglatih kita di sekolah!”

“ yah! Gue nggak punya sopir dong!” keluh ify yang dari tadi diem nggak ngerti.” Kak rio, loe kok curang ngajak septian segala?! Gue tar pulang sama siapa?”

“ bis belom punah kan?!” jawab rio enteng.

“ yah..bayar dong gue?”

“ kalo loe mau diturunin sembarangan, nggak bayar nggak masalah.”

“ loe rese ah! Biarin deh! Lumayan sambil ngeceng+washing eyes!”

“ emang sabun yang bagus buat mata apaan?” tanya rio sok polos.

“ cowo keren lah.” Jawab ify seenaknya.

“ oke! Loe tabung dah tu cowo keren! Tar kalo udah banyak loe jadiin pemeran! Dasar kebo!” jawab rio ketus.

“ hhe..loe lucu deh kalo ngambek, apalagi kalo lagi cemburu gitu, nggak kok sapiku!“

“ ye..siapa yang ngomong kalo gue cemburu? Nggak ada!”

“ halah..yang bener?”

“ iya! loe mau pulang nggak?” jawab rio sok cuek.

“ nggak, gue mau nunggu mama kesini.” Jawab ify

“ ya udah, kita pulang dulu.” Pamit rio.

“ iya! Ati2!” jawab septian. Alvin sama rio pulang.

Keesokan harinya

@ smp tunas negara.

Ozy berangkat sekolah dengan riang gembira.

“ hai ray...hai..deva...” sapa ozy super ramah sambil naro tas.

“ kesambet apaan lagi loe?” tanya ray heran.

“ gue semalem smsan dong sama acha..” cerita ozy girang dengan genitnya.

“ iya dah! Suka2 loe, ngeri gue deket2 loe sekarang.” Jawab deva. Bel masuk berbunyi.

sepulang sekolah.

Ify, sivia, sama agni nunggu bis di halte deket sekolah, gara2 anak2 d’orions langsung basket. Shilla di jemput sama supirnya.

“ gue jadi inget waktu awal2 kita sma sering nunggu bis kaya gini, akhir2 ini kita di anter jemput sama kak rio, kak cakka, sama kak alvin, kak iel juga, cowo yang awalnya
musuh buat gue sama agni dan cowo pujaan sivia yang awalnya Cuma mimpi dapetin
pangeran es, seorang alvin jonathan sindunata, eh, taunya cair juga tu es,
shilla juga dapetin pangerannya dan nggak kerasa bentar lagi kita kelas dua.”
Kata ify sambil inget2 kenangan mereka berempat.

“ semoga kelas 2 kita satu kelas lagi! Amin.” Sambung agni.

“ semoga hubungan kita sama kakak2 d’orions langgeng. Amin” tambah sivia.

Tiba2 ada motor cagiva merah berhanti di depan mereka, yang ngendarai pake helm fullface jadi nggak kliatan, tapi pake baju putih abu2 juga. Setelah berhenti orang itu lepas
helmnya.

“ riko..” sapa agni agak surprise.

“ iya! Lagi pada nunggu bis ya?” tanya riko basa-basi.

“ iya.” Jawab agni sambil ngangguk pelan.

“ boleh gue anter loe pulang, agni?” tawar riko, agni liat2an sama ify dan sivia, pengen tanya gimana, ify sama sivia jawab dengan tatapan terserah loe.

“ loe berdua nggak papa gue tinggal duluan?” tanya agni memastikan. Ify sama sivia geleng sambil senyum.

“ oke, ko! Gue mau, itung2 berhemat waktu dan biaya.” Agni memberi kepastian sambil senyum.

“ ya udah! Naik!” suruh riko, agni langsung nangkring.” Kita duluan ya!” pamitnya sambil pake helm. Setelah itu mereka pergi

Ternyata riko sama agni sejak perkenalan itu, mereka jadi sering ngobrol, dan tanpa diketahui agni, riko punya niat buat bikin agni jatuh cinta sama dia.

Beberapa menit setelah agni dianter pulang sama riko, bis yang ke arah komplek ify dan sejalur juga sama rumah sivia dateng, mereka naik terus pulang.

bersambung...

@ jalan depan komplek ify.

Setelah turun dari bis, Ify jalan pelan-pelan. sampai tiba-tiba ada yang manggil namanya.

“ fy..ify..Tunggu!” ify berhenti dan berbalik badan.

“ hah? Aren? mau ngapain dia cariin gue?” tanya ify ke diri sendiri.

“ hai fy.” Sapa aren dengan wajah serius.

“ hai aren, loe mau ketemu sama gue?” tanya ify ragu.

“ iya! Gue pengen ngomong sesuatu sama loe.”

“ apa?” tanya ify lagi, aren clingukan cari tempat yang enak buat duduk dan ngobrol.

“ ikut gue!” ajak aren sambil narik tangan agni ke caffe kecil, lovely caffe namanya.

@ lovely caffe.

Ify sama aren beberapa waktu diem-dieman sambil minum minuman mereka.

“ ren, loe mau ngomong apa?” tanya ify memulai pembicaraan.

“ gue langsung aja, fy, loe pasti cinta banget sama rio ya?”

“ iya lah!”

“ apa loe rela kehilangan dia?” selidik aren. Ify geleng, aren senyum.

“ gue juga!” kata aren. Otomatis ify kaget.” Fy, gue udah bener-bener coba lupain rio, tapi semakin gue usaha lupain dia, justru gue makin cinta sama dia.” Ify Cuma liatin
aren, bingung mau jawab apa.” Gue mau loe berbagi rio sama gue!” permintaan
aren yang bikin ify emosi.

“ loe udah gila ya?!” marah ify.

“ iya! Dan rio yang bikin gue kaya gini.” Jawab aren.

“ loe kira rio itu apa?”

“ fy! Sekarang gue tanya sama loe, apa yang bakal loe lakuin kalo loe ada diposisi gue sekarang? Gue udah bener-bener cinta sama rio.”

“ gue bakal lepas rio kalo rio bisa bahagia sama cewe yang dia cinta.”

“ munafik loe! Apa loe nggak lebih seneng kalo rio bisa jadi milik loe?” tanya aren agak keras. Ify glagapan mau jawab apa.” Fy, gue nggak mau jadi pecundang dengan
ngebohongin perasaan gue dan rebut rio dari loe diem-diem, gue nggak mau egois
buat rebut rio dari loe, dia tetep punya loe, gue cuma pengan jadi yang kedua
buat dia.”

“ sarap loe!” kata ify sinis terus dia pulang ninggalin aren dengan permintaan konyolnya.

@ gedung olah raga

Alvin, cakka, rio, gabriel, irsyad, sama lintar yang tergabung dalam tim basket sekolah lagi istirahat abis latian sambil dengerin beberapa instruksi dari septian.

“ loe semua udah kompak! Jangan lupa ditingkatkan!” kata septian disambung minum, biar pelatih dia ikutan main.

“ siap!” jawab yang lain barengan.

“ ini udah kan latiannya?” tanya irsyad.

“ iya.” Jawab septian.

“ gue pulang dulu deh kakak-kakak semua, ada acara!” pamit irsyad yang satu-satunya anak kelas 1.

“ gue nebeng syad.” Sela lintar.

“ boleh, ayo!” jawab irsyad.

“ kita duluan.” Pamit lintar. Mereka berdua pulang duluan.

“ heu..capek banget gue.” Keluh gabriel.

“ sama, loe beneran gila yan! Belom apa-apa udah diforsir.” Tambah cakka.

“ gue kan ikut kata pepatah, bersusah-susah dahulu, senang-senang kemudian, lagian tinggal bulan depan.”

“ tapi gue cape.” Rengek cakka kaya anak kecil.

“ halah! Masak baru gini aja udah ngeluh loe, kaya baru ini main, penyakitan ya loe?!” jawab alvin agak keras.

“ uhhuk..uhhuk..” rio batuk seselek minum gara-gara denger omongan alvin yang terakhir.

“ yo! Pelan-pelan!” kata gabriel sambil pukul punggung rio. Setelah berhenti rio nyengir.

“ balik yuk!” ajak cakka.” Pengen tidur gue.”

“ iya deh, loe berempat duluan aja! Gue masih pengen mikir taktik yang pas buat kalian.” Jawab septian.

“ ya udah! Kita duluan.” Jawab alvin sambil ngambil tas dari tumpukan tas yang lain, terus disusul yang lain. Mereka pulang. Tinggal septian yang lagi memikirkan sesuatu
yang lama-lama malah jadi ngalamun. Setelah sadar dari lamunannya dia putusin
pulang dan ngambil tasnya. Di deket tasnya dia nemuin botol obat yang rada
nggak asing buat dia.

“ obat siapa ni? Masih banyak lagi, bentar! kayanya gue tau obat apaan ni.” Katanya ke diri sendiri, beberapa waktu dia mikir.” Ya tuhan! Mudah-mudahan ingatan gue salah!”
septian kaget pas rada inget obat itu obat buat penyakit apa.” Gue pastiin
dulu!” septian langsung pulang.

@ rumah septian.

Septian buka-buka buku kedokternanya. Sampai akhirnya.

“ ya tuhan..gue nggak salah! Punya siapa ya ni obat? Dia pasti butuh banget!” ceplos septian panik setelah tau kalo obat itu obat penyakit yang sering jadi pembicaraan seru
di kelasnya, kanker.” Setau gue tadi yang taro tas dideket tas gue Cuma rio,
cakka, alvin, sama gabriel, soalnya lintar sama irsyad tadi pulang nggak bawa
tas, gue mesti telphon mereka!” septian telphon alvin, cakka, gabriel, sama rio
satu-satu, dia nyuruh mereka dateng ke rumahnya dengan alasan ada hal yang
sangat besar yang ingin dibicarakan, dia nggak nyangkut penyakit atau obat sama
sekali.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar